Bagaimana Bisa Senyum Adalah Sedekah? Ini Penjelasannya!

0
391
Senyum-adalah-Sedekah-Senyum-yang-Bagaimana

Senyum Adalah Sedekah – Sedekah tidak harus selalu berupa uang atau barang. Tapi, ada juga sedekah yang berbentuk non-materi seperti ilmu, tenaga, bahkan hanya dengan sebuah senyuman saja. Meski tampak sepele, Islam mengkategorikan senyuman ke orang lain sebagai amalan sedekah. Lantas, apakah benar sedekah bisa dengan senyuman?

Hadits Senyum Adalah Sedekah

Sedekah berupa senyuman ini bukan ungkapan yang asal-asalan. Tapi, Rasulullah sendiri yang mengatakannya. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad bersabda:

تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

“Senyummu di hadapan saudaramu adalah sedekah.” (1)

Dalam hadits di atas, dengan jelas Rasulullah menjelaskan bahwa senyum di hadapan saudara bernilai sedekah. Kemudian, yang dimaksud saudaramu adalah saudara sesama muslim. Artinya senyum kepada orang lain yang sama-sama beragama Islam.

Tentu saja, senyuman adalah aktivitas yang sangat ringan dan mudah. Namun siapa sangka, hal tersebut bernilai sedekah. Jadi, semua orang bisa melakukan sedekah karena senyuman adalah bentuk sedekah yang gratis dan semua orang bisa melakukannya.

Senyum yang Seperti Apa yang Bernilai Sedekah?

Lalu, apakah semua senyuman bernilai sedekah? Di sini, senyuman yang dapat membuat orang lain ikut tersenyum atau merasa Bahagia itulah yang termasuk sedekah. Jika sobat Cahaya Islam senyum kepada orang lain dan senyuman itu menimbulkan rasa senang, maka senyum itu menjadi sedekah dan bernilai pahala. Intinya, senyum yang termasuk sedekah adalah senyum yang dapat menularkan perasaan senang atau Bahagia.

Pasalnya, tidak semua senyuman dapat membuat orang lain senang seperti senyum yang justru membuat penasaran atau malah ketakutan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki sifat yang murah senyum kepada orang lain, terlebih sesama muslim.

Kenapa Senyum Bisa Bernilai Sedekah?

Bukan Tanpa Alasan Rasulullah mengatakan bahwa senyuman merupakan sedekah. Pasalnya, ada banyak hikmah di balik senyuman yang indah. Pertama, tentu saja senyuman bisa menyebarkan rasa senang atau Bahagia ke orang lain.

Kedua, senyuman juga bisa menarik hati sesama muslim yang mungkin belum mengenal kita sebelumnya. Dengan begitu, kita bisa menjadi lebih akrab dan saling mengenal. Selanjutnya, kita pun akan lebih mudah berkomunikasi dengannya.

Cara Tersenyum Agar Menjadi Sedekah

Bagi sobat Cahaya Islam yang mungkin tidak terbiasa senyum, mulai sekarang bisa membiasakan diri untuk lebih sering tersenyum. Agar senyum kita tidak sia-sia dan mendapat pahala sedekah, syarat pertamanya adalah ketulusan. Jangan sampai ada motif lain dalam senyum kita selain ingin menularkan rasa senang & Bahagia kepada orang lain.

Kemudian, agar orang lain bisa ikut merasa senang & Bahagia, pastikan sobat Cahaya Islam tersenyum dengan wajah yang berseri. Dengan begitu, senyum kita akan terlihat lebih indah. Orang lain pun akan lebih mudah ikut merasa senang. Tentu saja, senyuman harus kita barengi dengan akhlak yang mulia. Selain itu, mengetahui bahwa senyum merupakan sedekah tidak boleh mengurangi motivasi kita untuk melakukan sedekah dengan materi.


Referensi:

(1) Jami’ at-Tirmidhi 1956

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY