Hikmah di Balik Perintah Wudhu, Bagus untuk Kesehatan

0
63
Hikmah di Balik Perintah Wudhu

Hikmah di Balik Perintah Wudhu – Dalam Islam, wudhu sangat penting. Bukan hanya sebagai syarat shalat, tapi juga dapat mendatangkan berkah dan Rahmat Allah. Ternyata, wudhu menyimpan banyak hikmah di dalamnya, termasuk manfaatnya untuk kesehatan.

Perintah dan Tata Cara Berwudhu

Dalam kitab-kitab fiqih, pembahasan bab wudhu biasanya berada di awal yakni bab bersuci (thaharah). Saking pentingnya wudhu, Allah langsung mengajarkannya melalui ayat Al-Qur’an sebagai berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ

“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu hendak shalat, basuhlah wajah dan tanganmu sampai siku, dan usaplah kepalamu, dan (basuh) kedua kakumu sampai mata kaki.” (1)

Selain sebagai syarat sah shalat, wudhu juga menjadi syarat seseorang boleh memegang mushaf Al-Qur’an, melakukan ihram saat haji atau umrah, dll. Bahkan, sunnah hukumnya bagi seseorang untuk menjaga wudhu.

Terlepas dari hal itu, hendaknya kita mensyukuri perintah wudhu. Pasalnya, wudhu punya banyak sekali manfaat, baik untuk Rohani maupun jasmani. Oleh karena itu, penting bagi setiap umat muslim untuk mengetahui hikmah di balik adanya perintah untuk berwudhu.

Keutamaan-keutamaan Berwudhu

Berwudhu dapat menghapus dosa-dosa kecil. Saat sahabat bertanya tentang keutamaan wudhu kepada Rasulullah, beliau menjelaskan bahwa berkumur dan membersihkan hidung dalam wudhu akan membuat kesalahan-kesalahan wajah, mulut, dan hidungnya berjatuhan.

Kemudian, dosa-dosa wajah juga akan rontok bersamaan dengan tetesan air dari basuhan wajah. Begitu pula dengan membasuh tangan, kesalahan-kesalahan tangannya juga akan berjatuhan bersamaan dengan jatuhnya air lewat jari-jarinya.

Lalu, mengusap (Sebagian) kepala dapat menjatuhkan dosa-dosa kepalanya melalui tetesan air yang menetes lewat ujung-ujung rambutnya. Begitu pun dengan membasuh kaki, juga akan membuat kesalahan-kesalahan kakinya berjatuhan bersamaan jatuhnya air melalui ujung-ujung jari kaki.

Faktanya, anggota-anggota tubuh yang kita bersihkan melalui wudhu adalah anggota-anggota tubuh yang sering kita pakai untuk berbuat dosa seperti mulut untuk ghibah, mata untuk melihat hal haram, tangan untuk berbuat jahat, kepala yang kerap berisi pikiran-pikiran kotor, hingga kaki yang kerap melangkah menuju kemaksiatan.

Hikmah di Balik Perintah Berwudhu untuk Kesehatan

Banyak yang belum tahu bahwa wudhu juga punya manfaat besar untuk kesehatan. Pertama, wudhu dapat membersihkan kuman dan bahan-bahan kimia yang menempel di kulit sehingga menurunkan resiko kanker kulit.

Kedua, wudhu juga dapat mencegah penuaan dini dengan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Efeknya, kulit pun tidak mudah keriput, tetap kencang, dan lebih berseri.

Ketiga, berwudhu bisa mencegah berbagai jenis penyakit. Misalnya, berkumur menghilangkan partikel makanan & kuman di dalam rongga mulut. Selain itu, menghirup air ke hidung dan membuangnya lagi (istinsyaq) dapat menyingkirkan debu & mikroba berbahaya dari rongga hidung sehingga mencegah alergi maupun penyakit saluran pernapasan.

Bahkan, berwudhu secara teratur mampu melancarkan peredaran darah karena efek sentuhan kulit dengan air. Hal itu membuat suhu tubuh lebih sejuk. Efeknya, peredaran darah semakin lancar.

Terakhir, wudhu dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Degan mengusap air ke kepala, reaksi di kepala akan terasa lebih segar. Inilah yang membuat pikiran lebih tenang dan fokus.


Referensi:

(1) Q.S. Al-Maidah 6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY