Mengapa Harus Berdoa Padahal Allah Tahu Keinginan Kita?

0
49
Mengapa Harus Berdoa Padahal Allah Tahu Keinginan Kita

Mengapa Harus Berdoa – Doa adalah wujud memohon seorang hamba kepada Tuhannya. Kita bisa berdoa apa saja kepada Allah, bahkan untuk hal sepele sekalipun. Pasalnya, Islam mengajarkan umat muslim untuk optimis dan selalu berharap kepada Allah. Bahkan, anjuran doa berlaku dalam keadaan apapun baik mudah, susah, Bahagia, susah, lapang, maupun sempit.

Sementara itu, umat Islam meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui. Artinya, Dia tahu apa yang kita semua inginkan. Kalau begitu, kenapa kita masih harus berdoa?

Mengapa Harus Berdoa? Doa Adalah Bentuk Ketaatan

Jika kita berdoa dengan tulus dan Ikhlas, doa akan membawa keutamaan bagi kita. Memang, tujuan berdoa adalah memohon sesuatu kepada Allah. Tapi pada esensinya, berdoa adalah wujud ketaatan seorang hamba kepada Rabb-nya. Dalam sebuah ayat Al-Qur’an, ada perintah:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ

“Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepadaku!” (1)

Jadi, jelas bahwa doa adalah perintah Allah. Maka, orang yang berdoa berarti ia taat atas perintah Allah. Dengan kata lain, lambang ketaatan seorang hamba adalah dengan berdoa. Bahkan, sholat yang kita kerjakan 5x setiap hari juga intinya adalah doa.

Maka, kita harus membiasakan diri untuk berdoa dengan Ikhlas. Maksudnya, berdoalah tanpa pamrih. Cukup kita niatkan untuk menaati perintah Allah.

Doa Adalah Ibadah

Sesungguhnya, doa memiliki nilai ibadah. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

 الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

“Doa adalah ibadah.” (2)

Hadits di atas menegaskan status doa sebagai salah satu ibadah. Tentu saja, doa yang tulus Ikhlas kepada Allah akan bernilai pahala. Maka dari itu, jangan malas untuk berdoa karena semakin banyak berdoa akan semakin banyak mendapatkan pahala.

Sementara itu, para ulama menjelaskan bahwa orang yang enggan berdoa kepada Allah termasuk orang yang sombong. Seperti kita semua tahu, sombong adalah salah satu sifat buruk yang paling berbahaya di mana orang yang sombong akan masuk ke dalam neraka dengan hina.

Doa Adalah Salah Satu Amalan Paling Mulia

Dalam Islam, ada banyak sekali amalan yang mulia. Mungkin, belum banyak yang tahu bahwa di antara amalan yang paling mulia adalah doa. Bukan tanpa dasar, hal ini merujuk pada hadits Nabi dari Abu Hurairah di bawah ini:

لَيْسَ شَىْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ

“Tak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah daripada doa.” (3)

Hadits di atas menjelaskan betapa mulianya doa. Jadi sejatinya, doa merupakan ibadah qauliyyah (ucapan) yang berkedudukan mulia di sisi Allah.

Setelah mengetahui alasan-alasan kenapa kita masih perlu berdoa sedangkan Allah tahu keinginan kita semua, masihkah kita enggan berdoa? Dengan berdoa, kita akan merasa lebih dekat dengan Allah. Semakin dekat hubungan kita dengan Allah, kesempatan terkabulkannya doa pun semakin besar.


Referensi:

(1) Q.S. Ghafir 60

(2) Sunan Abi Dawud 1479

(3) Sunan at-Tirmidzi bab Doa 12/263

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY