Irish Bella Melahirkan Anaknya, Ini Hukumnya Memberi Nama yang Baik Dalam Islam

0
45

Irish Bella – Melahirkan dengan operasi cesar, akhirnya anak Irish Bella dan Ammar Zoni lahir ke dunia ini. Anak tersebut lahir pada pukul 05.34 WIB dengan berat 3,4 kilogram dan panjang 48 sentimeter. Irish Bella dan Ammar Zoni sangat bahagia dengan lahirnya anak mereka. Kemudian, mereka memberi nama anak mereka dengan Air Rumi Akbar 1453.

Sobat Cahaya Islam, Islam memerintahkan kepada kita agar memberi nama yang baik untuk anak-anak kita. Mengaapa? Karena mendapatkan nama yang baik dari kedua orangtuanya ketika seorang anak terlahir di dunia adalah hak tetap yang dimiliki setiap anak.

Hal ini senada dengan hadist yang berbunyi:

وأما التسمية فإن كان الاسم قد أعد من قبل الولادة فلتكن التسمية عند الولادة لأن النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم دخل على أهله ذات يوم وقال ولد لي الليلة ولد وسميته إبراهيم وإن كانت التسمية لم تعد فلتكن في اليوم السابع عند ذبح العقيقة وينبغي للإنسان أن يحسن اسم ابنه واسم ابنته وأحب الأسماء إلى الله أعني أسماء الذكور عبد الله وعبد الرحمن

“Adapun perkara pemberian nama (tasmiyyah), apabila nama anak telah dipersiapkan sebelum kelahirannya, hendaklah pemberian nama dilakukan pada hari kelahirannya. Hal itu dikarenakan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa ‘alaa aalihi wa sallam pernah masuk ke rumah istrinya pada suatu hari, dan bersabda : “Pada suatu malam aku dianugerahi seorang anak laki-laki dan aku namai ia dengan Ibrahim”. Namun bila nama tersebut belum dipersiapkan (sebelum kelahiran), hendaklah ia menamai anak itu pada hari ketujuh saat penyembelihan hewan ‘aqiqah. Sudah sepatutnya bagi seseorang untuk membaikkan dalam pemberian nama bagi anak-anaknya. Nama paling dicintai oleh Allah – yaitu bagi anak laki-laki – adalah ‘Abdullah dan ‘Abdurrahman” [Fataawaa Nuur ‘alad-Darb, juz 8].

Coba kita bayangkan, ketika kita melahirkan seorang anak. Kemudian, anak tersebut kita beri nama yang buruk seperti anjay sharisa yang berarti anjing yang galak. Bayangkan, betapa malunya anak kita nantinya ketika sudah tumbuh dewasa dan diejek oleh orang lain karena arti dari namanya tersebut. lantas, bagaimana hukumnya memberi nama yang baik dalam islam?

Hukum Memberikan Nama yang Baik Dalam Islam Seperti yang Dilakukan Irish Bella

Anak, merupakan suatu karunia terbesar yang diberikan Allah kepada orang tua. Tidak semua orang tua yang mendapatkan kepercayaan dari Allah untuk mendapatkan amanah ini. Oleh sebab itu, apabila kita termasuk dalam kategori orang tua yang beruntung mendapatkan karunia seorang anak atau bahkan lebih dari Allah. Maka, bersyukurlah kepada-Nya karena tidak semua orang tua mendapatkannya.

Bagaimana cara mensyukurinya? Ada beberapa cara, yaitu:

  1. Melakukan aqiqah pada hari ketujuh kelahiran anak
  2. Memberikan nama yang baik untuk sang anak
  3. Mendidik anak dengan baik agar taat dalam beragama dan berguna bagi bangsa serta negara

Hukum memberikan nama yang baik dalam islam adalah wajib bagi orang tua. Nama merupakan sebuah doa dan harapan orang tua bagi anaknya saat mereka nantinya tumbuh dewasa. Akan tetapi, ada juga orang tua yang memberikan nama anaknya untuk mengingatkan suatu peristiwa yang terjadi ketika anak tersebut lahir.

Adapun dengan para ulama, mereka telah sepakat bahwa orang tua wajib memberikan nama yang baik kepada anak-anaknya. Mengapa? Karena seseorang di hari kiamat nantinya akan dipanggil dengan nama yang mereka dapatkan di dunia ini. Oleh karena itu, memberikan nama yang baik adalah wajib hukumnya dalam islam.

Adapun beberapa hal yang penting sebelum memberikan nama tersebut kepada anak, diantaranya adalah:

  1. Nama yang akan diberikan diambil dari kalangan orang-orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya

Salah satu contohnya adalah nama Muhammad yang diambil dari nama Nabi Muhammad. Nama Muhammad memiliki arti terpuji. Dapat juga mengambil nama dari nama-nama surat dalam al-Qur’an seperti Annisa yang diambil dari surat An-Nisa’ dan memiliki arti wanita.

Adapun maksudnya adalah agar sang anak nantinya memiliki perilaku yang terpuji, tidak hanya di mata manusia saja tetapi juga di mata Allah. Selain itu, nama tersebut juga mencerminkan doa dan harapan orang tua kepada anaknya.

  1. Mudah Dihafalkan Oleh Anak dan Orang-orang Sekitarnya

Jika nama anak terlalu panjang, orang-orang akan kesulitan untuk mengingat nama anak tersebut. Bahkan, anak sendiri mungkin juga tidak mengingat namanya secara detail. Oleh karena itu, islam menganjurkan agar orang tua memberikan sebuah nama kepada anak yang mudah untuk dihafalkan.

  1. Tidak Diperbolehkan Memberikan Nama yang Tidak Disukai Allah

Mengapa? Karena yang tidak disukai Allah biasanya mengandung penghambaan kepada selain diri-Nya. Salah satu contohnya seperti Abdul Uzza atau Abdul Suwa.

Itulah hukum memberikan nama yang baik dalam islam seperti yang dilakukan Irish Bella. Semoga anak-anak kita nantinya menjadi anak-anak yang taat pada perintah Allah dan Rasul-Nya serta dapat berguna bagi bangsa ini. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!