Penyekatan Mudik, Ikhtiar Selamatkan Generasi Umat

0
49
penyekatan mudik

Penyekatan Mudik – Dua hari yang lalu, tepatnya tanggal 06 Mei 2021 merupakan peresmian program penyekatan mudik. Upaya ini dilakukan untuk menghindari terjadinya lonjakan wabah Covid – 19 yang semakin merebak bahkan menjelma sebagai virus dengan karakteristik baru dan semakin kuat. Astaghfirullah.

Sobat Cahaya Islam, sebagai kaum muslimin hendaknya upaya penyekatan mudik diartikan sebagai penyelamatan dini bagi masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat yang tetap ingin bepergian bahkan tanpa membawa dokumen kelengkapan pribadi. Hal ini tentu saja akan menjadi hambatan dalam pelaksanaan program tersebut.

Mengapa Umat Nekat Mudik Padahal Dilarang?

Memang, tidak bisa digeneralisir bahwa ketidakpatuhan pada program penyekatan mudik ini hanya didasarkan sebab ingin melanggar peraturan saja. Bisa jadi karena memang sedang ada kebutuhan mendesak. Pun juga karena keinginan terpendam untuk berkumpul dengan keluarga di rumah.

Alasan lainnya sebagian masyarakat melanggar kebijakan tersebut lantaran bingung dengan keputusan kebijakan. Di sisi lain memberlakukan pelanggaran, namun di sisi yang lain terdapat kebolehan wisatawan asing boleh masuk. Sungguh ironi memang.

Bagaimana Umat Menyikapi Kebijakan Penyekatan Mudik?

Sebagai kaum muslimin, walaupun kebijakan yang dibuat sedikit membingungkan namun tetap saja terdapat ibrah yang bisa diambil. Dari program ini, masyarakat bisa belajar agar protokol kesehatan dapat dijalankan secara maksimal. Selain itu, masyarakat juga bisa terhindar dari potensi tertular wabah Covid dan juga penyakit lainnya. 

Selain itu hendaknya umat juga bersikap sabar atas program yang demikian. Memang tidaklah mudah jika bertahan di kampung sementara yang ditinggali. Apalagi, jika tidak didukung dengan kebutuhan finansial. Namun, buah dari rasa bersabar yang umat terapkan tentu akan menjadikan kaum muslimin termasuk dalam golongan orang – orang yang akan dijamin oleh Allah SWT. Inilah kemuliaan yang Allah SWT berikan kepada orang – orang yang mau bersabar dalam segala tantangan.

Apa yang Bisa Dilakukan Umat Bila tidak Mudik?

penyekatan mudik

Jika memang mudik bukan menjadi rezeki, sebaiknya memang segera mencari alternatif lain supaya esensi bersilaturrahmi tidak sirna. Alhamdulillah, hari ini teknologi semakin diperbarui. Masyarakat yang belum bisa pulang ke kampung halaman dapat menggunakan teknologi tersebut.

Biasanya, penggunaan aplikasi secara daring untuk bertatap muka juga mengalami kendala dari segi sinyal maupun kuota internet. Maka dari itu, bisa gunakan surat yang dikirim melalui kantor pos. Namun, kerugiannya yakni prosedur yang sangat lama. Semoga, kesabaran yang dimiliki oleh masyarakat akan berbuah surga.

Beberapa aktivitas pilihan yang direkomendasikan sebagai pengganti mudik yakni :

1. Mengkhatamkan Alquran

penyekatan mudik

Selepas Ramadhan, terkadang kebiasaan membaca Quran jadi menurun. Sehingga target mengkhatamkan Quran minimal satu bulan sekali tak terlaksanakan. Maka dari itu, momen mudik bisa digunakan untuk belajar Quran sekaligus mengkhatamkannya. Insya Allah berkah.

2. Bersilah Ukhuwah ke Tetangga

Selain itu, momen mudik yang tidak terlaksana bisa juga digantikan dengan aktivitas memperbanyak kedekatan dengan tetangga. Selain itu, hal ini juga merupakan Sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk berbaik hati kepada tetangga.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yakni :

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا.

Dan beribadahlah kepada Allah dan janganlah menyekutukan Nya dengan sesuatu pun. Berbuat baiklah terhadap orang tua, kerabat dekat, anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri. (Q.S. An-Nisa: 36)

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi beberapa tips aktivitas yang bisa dilakukan sambil mematuhi program penyekatan mudik pemerintah. Awalan memang tidak mudah, tapi semoga kesabaran umat terbalaskan dengan surga Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY