Mengetahui Makna Berkuda Menurut Islam

0
1543

Olahraga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan terutama untuk menjaga kesehatan badan setiap hari. Dalam hal ini, Islam juga memerintahkan umatnya untuk senantiasa berolahraga karena olahraga adalah bagian dari ibadah dan berkontribusi tinggi untuk menyehatkan umat. Dalam Islam, ada beberapa olahraga yang memang menjadi sunah untuk dilakukan, salah satunya adalah berkuda. Pada kesempatan ini kita akan mengetahui makna berkuda menurut Islam.

mengetahui makna berkuda menurut Islam

Peru diketahui bahwa berkuda menurut Islam adalah salah satu olahraga yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW. Dalam hal ini, Rasulullah SAW bersabda, “Semua hal yang melalaikan dibenci Allah, kecuali tiga hal: kemesraan suami istri, memanah, dan berkuda.” (HR Thabrani).

Dalam hal ini, secara tersirat kita dapat melihat bahwa sebenarnya olahraga yang dilakukan dapat memiliki kecenderungan melalaikan dari ibadah. Namun, salah satu olahraga yang dapat memberikan pahala adalah berkuda.

Pada hadis lainnya, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang mengikat (memelihara) seekor kuda di jalan Allah, kemudian ia memberinya makan dengan tangannya, maka baginya dari setiap biji satu kebaikan.” (HR Ibnu Majah) yang menggambarkan pahala yang didapatkan oleh seseorang yang memelihara kuda.

Tidak hanya itu, guna mengetahui makna berkuda menurut Islam sejak dini, Rasulullah SAW berpesan untuk mengajarkan olahraga ini sejak dini. Dalam sabdanya beliau berkata, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” HR Bukhari Muslim (shahih). Dari hadis tersebut, terkandung perintah untuk mengajarkan berkuda sejak anak masih kecil.

Lantas, apa makna berkuda menurut Islam yang akan kita dapatkan saat melakukannya? Berikut ada beberapa makna yang tentu akan membuat anda mengetahui bahwa berkuda adalah salah satu hal yang penting.

Syariat Allah SWT

Salah satu makna dari berkuda yang senantiasa harus menjadi perhatian dari kita semua selaku umat Islam adalah berkuda merupakan syariat dari Allah SWT. Dalam hal lain, olahraga berkuda diatur dalam Al Qur’an dan hadis sebagaimana beberapa dijelaskan di awal tadi. Dengan adanya perintah secara langsung untuk berkuda, maka penting bagi kita untuk berusaha mengamalkan olahraga ini sejak dini.

Berkuda juga merupakan persiapan dalam jihad karena sesuai dengan sabda Nabi bahwa nanti di akhir zaman, ketika teknologi sudah mati, maka kendaraan akan kembali pada zaman dahulu, yakni dengan kuda.

Melatih keseimbangan

Salah satu teknik dasar berkuda yang harus senantiasa dipahami adalah keseimbangan. Ini adalah teknik dasar yang tentu akan sangat berpengaruh dari keberhasilan anda dalam berkuda. Secara teknik, berkuda akan melatih keseimbangan. Seorang yang berkuda akan berusaha untuk mempertahankan posisinya agar tidak terjatuh saat berkuda. Salah satu makna berkuda menurut Islam ini tentu akan mengajarkan seseorang yang berkuda lebih kuat secara fisik dan tidak terlihat lemas.

Fisik kuat dan sehat

Manfaat lain dari berkuda adalah fisik yang kuat dan juga sehat. Islam senantiasa mengajarkan umatnya untuk menjaga fisik agar selalu kuat dan sehat. Berkuda merupakan salah satu olahraga yang paling baik untuk dilakukan. Dengan berkuda, maka otot bahu dan otot tubuh lainnya akan senantiasa terlatih dengan sangat baik. Dengan berkuda secara rutin, tentu anda akan mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Sunnah utama Nabi SAW

Sebagaimana telah disebutkan dalam beberapa hadis di awal, kita bisa melihat bahwa Nabi SAW sangat menganjurkan umatnya untuk berkuda. Dapat kita lihat bahwa dengan anjuran tersebut, berkuda merupakan salah satu olahraga utama yang sebaiknya dilakukan. Oleh karena itu, salah satu makna berkuda menurut Islam adalah menjalankan sunah Nabi SAW dan hal tersebut merupakan sesuatu yang utama dalam agama Islam.

Mengajarkan keberanian

Hal lain yang termasuk manfaat berkuda menurut Islam adalah mengajarkan keberanian. Islam adalah agama yang senantiasa memberikan pesan untuk umatnya agar senantiasa berani dan hanya takut kepada Allah SWT. Berkuda adalah salah satu olahraga yang dapat melatih keberanian karena olahraga ini memang akan memacu adrenalin dan ketangkasan.

Dengan beberapa makna berkuda menurut Islam sebagaimana di atas, kita dapat memahami bahwa olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang sangat bermanfaat untuk dilakukan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa mengamalkan olahraga yang satu ini

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!