5 Cara Mengobati Was Was Menurut Islam Saat Beribadah

0
53
Cara Mengobati Was Was

Cara mengobati was was sebenarnya cukup mudah dan praktis. Dalam Islam, was-was juga sering disebut sebagai waswasah.

Ini merupakan bisikan atau godaan setan jin atau setan manusia. Waswasah sudah  tertuang dalam Surat An-Nas ayat 1-5.

Cara Mengobati Was Was yang Benar

Pada dasarnya, perasaan was-was justru akan menjangkit umat Muslim yang ibadahnya sangat baik. Saat beribadah, hati seseorang yang was-was akan selalu diliputi dengan keraguan, perasaan tidak tenang, tidak khusyu’, serta merasa berat untuk melakukan sebuah ibadah.

Misalnya saja saat berwudhu. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cara mengobati was was yang tepat, antara lain:

1. Jangan Terlalu Memikirkannya

Cara Mengobati Was Was

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW telah bersabda, “Apabila salah seorang diantara Sobat Cahaya Islami merasakan sesuatu dalam perutnya. Kemudian, merasa kesulitan untuk menentukan apakah sudah keluar sesuatu (kentut) ataukah belum, maka jangan pernah membatalkan shalatnya sampai mendengar suara atau mencium bau.” (HR. Muslim)

Jadi jangan terlalu memikirkan perasaan was-was yang menyelimuti hati. Sobat cahaya Islami harus yakin dengan ibadah yang dilakukan.  Dengan begitu, apabila seseorang tahu dan yakin bahwa yang meragukan itu adalah was-was atau bisikan setan, maka Allah SWT juga akan menghilangkan keraguan tersebut.

2. Memohon Perlindungan Allah SWT

Rasulullah SAW sendiri telah bersabda tentang memohon Perlindungan Allah SWT, “Itulah setan, yang namanya Khanzab. Apabila engkau merasa sedang digoda setan maka mintalah perlindungan kepada Allah darinya. Lalu meludahlah ke arah kiri sebanyak 3 kali.” (HR. Muslim)

Seorang Muslim biasanya akan mencari perlindungan kepada Allah dengan cara mengucapkan taawudz. Selain itu, juga diperbolehkan untuk memperbanyak membaca sholawat, serta memperbanyak dzikir. Ini juga menjadi salah satu cara untuk bisa menghilangkan rasa was-was menurut Islam yang ampuh dan mudah dilakukan.

3. Fokus dalam Beribadah

Ibn al-Qayyim dalam tafsirnya juga telah berhasil menjelaskan bahwa was-was merupakan awal dari kehendaknya. Bisa jadi, hati seseorang kosong dan ingin melakukan sesuatu hal yang durhaka. Namun, apabila setan datang serta membisikkan sesuatu, maka nantinya akan terbesit dorongan untuk melakukannya.

Oleh karena itu, fokuslah ketika sedang menjalankan suatu ibadah. Selain itu, jangan pernah melakukannya dengan hati dan pikiran yang kosong. Dengan begitu, setan nantinya Sobat Cahaya Islami tidak akan memiliki kesempatan untuk diusik oleh setan.

4. Memperdalam Ilmu Agama

Apabila Sobat Cahaya Islam mengalami was-was dalam beribadah, maka salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu menyempurnakan ibadah tersebut dengan benar sesuai tuntunan agama. Dengan begitu, tidak akan ada lagi keraguan dan perasaan was-was tersebut.

5. Bersabar

Cara Mengobati Was Was

Dalam menghadapi  penyakit was-was, perlu sekali adanya keyakinan bahwa ini adalah bisikan setan. Menghapus was-was artinya Sobat Cahaya Islami sudah berjuang melawan godaan setan. Apabila berjuang dengan penuh kesabaran dan keikhlasan karena Allah, maka insyaallah akan bernilai pahala.

Oleh karena itu, carilah ilmu sebanyak-banyaknya. Sebab tanpa ilmu, amal tidak akan ada gunanya. Sementara ilmu tanpa amal merupakan hal yang sia-sia. Dengan begitu, cara mengobati was was bisa lebih berarti.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY