Hari Anak Sedunia Diperingati Setiap 20 November, Ini Bentuk Kasih Sayang Terhadap Anak Menurut Islam

0
213
Hari Anak Sedunia dan Begini Kasih Sayang Kepada Anak

Hari anak sedunia – Setiap tanggal 20 November menjadi peringatan hari anak sedunia. Ini sudah ditetapkan oleh PBB sejak tahun 1954, lebih tepatnya setelah tampak penderitaan anak-anak di Eropa akibat perang dunia ke II. Hari anak ini bertujuan untuk mempromosikan kebersamaan internasional, hingga untuk mensejahterakan anak. Pada tanggal ini juga, Majelis umum PBB ini mengadopsi Deklarasi Hak Anak (1959) dan Konvensi Hak Anak (1989).

Hari Anak Sedunia dan Begini Kasih Sayang Kepada Anak

Dalam deklarasi tersebut disebutkan beberapa poin penting mengenai hak anak. Diantaranya adalah hak untuk hidup, pendidikan, kesehatan dan bermain. Sementara peringatan hari anak sedunia ini menjadi salah satu pengingat betapa pentingnya masa depan dan kesejahteraan anak. Jika dikaji dalam pandangan islam, anak adalah amanah yang Allah berikan. Sehingga anak memiliki hak untuk mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya. Dan hari anak ini bisa diperingati dengan berbagai bentuk atau wujud kasih sayang untuk kita berikan.

Hari Anak Sedunia Diperingati Setiap 20 November, Ini Lho Bentuk Kasih Sayang Terhadap Anak Menurut Islam

Hari Anak Sedunia dan Begini Menurut Islam

Hari anak sedunia diperingati setiap tanggal 20 November, yang mana bertujuan untuk lebih memperhatikan kesejahteraan dan masa depan anak. Sobat CahayaIslam, anak memiliki kedudukan yang cukup penting menurut islam. Hal ini karena anak merupakan amanah yang Allah berikan. Sehingga sudah seharusnya orang tua untuk memikirkan kesejahteraan dan juga bagaimana masa depan anak. Dan tentu saja, tidak lupa untuk memberikan kasih sayang kepada anak.

الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.(1)

Ayat diatas menjelaskan bahwasanya seorang anak adalah perhiasan kehidupan dunia. Namun untuk menjadikan anak sebagai perhiasan, adalah tergantung bagaimana orang tua dalam mendidik anak. Karena bagaimanapun orang tua adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Sehingga menentukan bagaimana akhlak anak akan terbentuk.

Lalu apa saja bentuk kasih sayang terhadap anak?

Hari Anak Sedunia dan Ini Bentuk Kasih Sayang Kepada Anak

Memberikan Pendidikan Bagi Anak

Bentuk kasih sayang orang tua kepada anak diwujudkan dengan memberikan pendidikan yang layak bagi anak. Bukan hanya untuk kepentingan dalam hidup, namun pendidikan juga akan turut andil dalam membentuk karakter anak. Dalam hal ini, pendidikan bukan hanya soal akademik saja namun juga pendidikan dari orang tua.

Menuntun Anak Dalam Mempelajari Agama

Menuntun anak untuk mempelajari ilmu agama juga salah satu bentuk kasih sayang kepada anak. Dengan mendidik anak untuk mengetahui agamanya yaitu islam, ini juga akan membantu anak agar tumbuh menjadi anak yang taat agama. Ini akan bermanfaat bagi kehidupan baik di dunia dan akhirat, dan tentu saja bermanfaat bagi kedua orang tuanya.

Memperlakukan Anak Dengan Baik

Bentuk kasih sayang kepada anak diwujudkan dengan perlakuan baik terhadap anak. Seperti bersikap lemah lembut, penuh kasih sayang dan tentu saja bersikap baik kepada anak. Ini menjadi bentuk kasih sayang yang diperlukan oleh setiap anak lho sobat CahayaIslam.

Hari anak sedunia – merupakan salah satu pengingat dimana pentingnya memperhatikan masa depan anak. Sebagai seorang muslim, kita tahu bahwa anak merupakan amanah dari Allah. Itu sebabnya harus dijaga dan disayangi dengan sebaik mungkin.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Kahf Ayat 46

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY