Apa Manfaat Hidup Rukun dalam Kehidupan?

0
40
Apa manfaat hidup rukun

Apa manfaat hidup rukun – Hidup di dunia ini memang hanya sementara, meskipun begitu, kita tetap harus menjalaninya dengan sungguh-sungguh. Hidup akan terasa lebih indah jika terjalin kerukunan baik itu dalam keluarga hingga kehidupan di masyarakat luas. Jadi, tentu saja hidup rukun memiliki manfaat yang luar biasa dalam kehidupan ini.

Apa Manfaat Hidup Rukun untuk Kehidupan

Bisa kita lihat sendiri, di luar sana masih ada begitu banyak negara yang hidup dalam konflik. Sebenarnya mereka sangat mengidam-idamkan kehidupan yang rukun, akan tetapi memang keadaan memaksa, sehingga hidup rukun menjadi hal yang sulit diwujudkan.

Jika dalam masyarakat bisa saling menghormati dan mampu saling menjalankan hak dan kewajiban masing-masing, tentu kehidupan rukun dapat terwujud. Berikut ini adalah manfaat hidup rukun untuk kehidupan:

1. Hidup Terasa Lebih Tenang

Sudah pasti manfaat hidup rukun untuk kehidupan adalah bisa membuat kehidupan di tengah masyarakat rasa lebih tenang. Sobat cahaya Islam menjadi tidak khawatir atau merasa takut karena keamanan lingkungan selalu terjaga.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Surat Al Baqarah Ayat 224:

وَلَا تَجْعَلُوا اللّٰهَ عُرْضَةً لِّاَيْمَانِكُمْ اَنْ تَبَرُّوْا وَتَتَّقُوْا وَتُصْلِحُوْا بَيْنَ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Janganlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang dari berbuat baik, bertakwa, dan menciptakan kedamaian di antara manusia. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

2. Hidup menjadi Mudah karena Saling Tolong-menolong

Anda juga tidak perlu bertanya-tanya apa manfaat hidup rukun karena hal ini bisa membuat kehidupan terasa lebih mudah. Kerukunan bisa terwujud jika masyarakat bisa saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Saling menyayangi juga membuat masyarakat bisa saling tolong-menolong dan membantu dalam hal kebaikan sehingga berbagai pekerjaan menjadi lebih mudah.

Apa manfaat hidup rukun

Dalam Surah Ali Imran ayat 103 Allah telah berfirman:

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

Artinya: “Berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, janganlah bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara. (Ingatlah pula ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.”

3. Hidup Terasa Lebih Aman dan Tentram

Apa manfaat hidup rukun selanjutnya? Ternyata jika kita bisa menciptakan kehidupan yang rukun di tengah masyarakat, hidup juga akan terasa lebih aman dan tentram. Sebuah lingkungan akan terasa penuh emosi jika tidak saling menghargai. Jadi, penting sekali kita sebagai masyarakat mengikuti norma-norma yang berlaku dan pastinya taat kepada perintah Allah karena ini adalah kunci hidup yang rukun.

4. Kompak dalam Menjalankan Berbagai Kegiatan

Allah memerintahkan manusia untuk berbuat baik kepada semua makhluk apalagi kepada sesama manusia. Dalam kehidupan ini juga diperlukan kerjasama. Jika hidup berjalan dengan penuh kerukunan tentu kegiatan di tengah masyarakat bisa berjalan dengan baik karena kekompakan dan kerja keras bersama.

5. Persatuan akan Terwujud

Kehidupan ini juga akan lebih bahagia dengan kerukunan yang terjalin di tengah masyarakat. Rukun dengan tetangga, rukun dengan keluarga, rukun dengan teman dan dengan siapapun juga akan memudahkan wujudnya persatuan. Jika persatuan dapat terwujud tentu akan mendasari berbagai macam hal positif lain di masyarakat.

Apa manfaat hidup rukun

Firman Allah dalam Quran Surah Al Hujurat ayat 9:

وَاِنْ طَاۤىِٕفَتٰنِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اقْتَتَلُوْا فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَاۚ فَاِنْۢ بَغَتْ اِحْدٰىهُمَا عَلَى الْاُخْرٰى فَقَاتِلُوا الَّتِيْ تَبْغِيْ حَتّٰى تَفِيْۤءَ اِلٰٓى اَمْرِ اللّٰهِ ۖفَاِنْ فَاۤءَتْ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ وَاَقْسِطُوْا ۗاِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ

Artinya: “Jika ada dua golongan orang-orang mukmin bertikai, damaikanlah keduanya. Jika salah satu dari keduanya berbuat aniaya terhadap (golongan) yang lain, perangilah (golongan) yang berbuat aniaya itu, sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah. Jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), damaikanlah keduanya dengan adil. Bersikaplah adil! Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bersikap adil

Sobat cahaya Islam perlu tahu bahwa ada begitu banyak manfaat hidup rukun untuk kehidupan. 5 hal yang disebutkan di atas hanyalah beberapa contoh yang menjadi manfaat hidup rukun. Sobat cahaya hitam tidak perlu ragu lagi dengan apa manfaat hidup rukun karena bukan hanya bermanfaat untuk diri sendiri tapi juga untuk masyarakat luas.

Allah juga selalu memerintahkan manusia untuk berbuat baik terhadap orang lain karena kehidupan akan terasa indah dan penuh kasih sayang dengan saling menghormati. Sobat cahaya Islam, kehidupan yang rukun bisa terwujud apabila semua masyarakat saling menghormati dan menyayangi. Apabila ada orang yang melakukan kesalahan, tentu juga harus ditertibkan karena jika dibiarkan ini bisa menyebabkan kehidupan di tengah masyarakat menjadi tidak aman dan bahkan kerukunan juga tidak dapat terwujud.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY