Doa Qunut Nazilah Untuk Doa Tolak Bala

0
32
doa qunut nazilah

Doa Qunut Nazilah – Penyebaran virus corona hingga saat ini semakin mengkhawatirkan. Pemerintah di berbagai wilayah di Indonesia telah menutup banyak fasilitas termasuk masjid agar penyebaran virus corona dapat ditekan. Meskipun telah banyak yang menutup masjid namun di beberapa daerah masih banyak yang aktif menjalankan ibadah seperti solat Jumat, solat fardhu dan kegiatan keagamaan lainnya.

Salah satu masjid yang masih tetap menggelar solat Jumat adalah Masjid Keraton Agung Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Sebelumnya Kemenag Solo memutuskan dan menghimbau agar solat Jumat ditiadakan sebagai bentuk pencegahan virus corona. Namun ribuan jamaah tetap datang untuk menjalankan solat Jumat berjamaah di masjid tersebut.

doa qunut nazilah

Solat Jumat Dilaksanakan dengan Cepat

Solat Jumat pada waktu itu dilaksanakan dengan waktu yang cukup cepat yakni hanya sekitar 19 menit saja. Apabila solat dilakukan terlalu lama dikhawatirkan jika nantinya penyebaran virus juga semakin besar kemungkinannya.

Pelaksanaan solat jumat memang dilaksanakan lebih cepat dari biasanya. Meskipun demikian solat Jumat tetap berjalan dengan khusuk sehingga semua rukunnya terpenuhi dengan baik, Inshaallah. Hal yang menarik ketika solat Jumat di masjid agung tersebut adalah imam membacakan Doa Qunut Nazilah.

Doa Qunut Nazilah Dibacakan Setelah Rokaat Kedua

Bacaan doa qunut Nazilah dibacakan pada rokaat kedua solat Jumat. Bacaan qunut tersebut adalah sebagai berikut:

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Dalam bacaan tersebut terkandung doa dan permohonan kepada Allah dari segala macam bahaya. Para jamaah semuanya berharap agar musibah wabah penyakit Corona ini bisa segera berakhir dan masyarakat dapat terhindar dari berbagai macam bahaya.

Seperti yangtelah kita ketahui, saat ini bukan hanya Indonesia saja yang sedang menghadapi virus berbahaya ini melainkan hampir seluruh negara di dunia juga sedang berjuang melawannya.

doa qunut nazilah 1

Memohon Perlindungan dari Musibah Termasuk Virus Corona

Sobat Cahaya Islam, bacaan doa Qunut sebenarnya bisa dibacakan setelah solat subuh juga. banyak orang yang merutinkan membaca doa Qunut ini setelah solat subuh agar terhindar dari mara bahaya dan segala musibah. Pada zaman dahulu Rasulullah juga membaca bacaan doa Qunut ini setelah terjadi peristiwa pembantaian para sahabat ahli Al-Quran sebanyak 70 orang. Peristiwa tersebut menjadi awal mula dibacakannya doa Qunut Nazilah.

doa qunut nazilah 2

Pada zaman sekarang, musibah memang datang silih berganti. Indonesia menjadi salah satu negara yang sering sekali terjadi bencana mulai dari bencana banjir, gempa, tsunami, tanah longsong, liquifaksi dan yang menghebohkan kali ini adalah serangan wabah virus Corona yang berasal dari China.

Doa Qunut Nazilah yang dibacakan oleh imam solat jumat menjadi salah satu bentuk ikhtiar agar jamaah yang hadir dan seluruh masyarakat Indonesia terhindar dari wabah penyakit ini. sebenarnya ada banyak ikhtiar yang bisa kita lakukan. Rasulullah telah banyak mencontohkan perilaku hidup sehat dan bagaimana cara untuk terhindar dari wabah penyakit salah satunya adalah dengan mengisolasi diri. Jika sobat cahaya Islam ingin membaca Doa Qunut Nazilah ini maka anda bisa membacanya setelah solat subuh. Semoga sobat cahaya Islam semuanya semakin dikuatkan imannya dan selalu dilindungi oleh Allah dari segala penyakit. Aamiin ya Robbal Alamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!