Ini Loh, Hikmah Perilaku Jujur   

0
33
Hikmah perilaku jujur

Hikmah perilaku jujur – Setiap muslim memiliki kewajiban untuk mentaati apa yang Allah perintahkan termasuk untuk berlaku jujur. Dengan bersikap jujur, setiap muslim bisa terhindar dari sifat-sifat munafik. Apabila sobat cahaya Islam senantiasa menjunjung tinggi kejujuran, pastinya juga akan bisa merasakan hikmah-hikmah yang luar biasa.

Allah telah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar” (QS. At Taubah: 119).

Contoh Hikmah Perilaku Jujur

Sobat cahaya Islam perlu untuk mengetahui contoh hikmah perilaku jujur. Apabila mengetahui apa saja hikmah dari perilaku terpuji ini pastinya akan semakin berusaha untuk menjaga diri agar selalu bersikap jujur. Berikut ini adalah beberapa contoh hikmah perilaku jujur yang sangat luar biasa:

1. Mengantarkan ke Surga

Sobat cahaya Islam pastinya ingin menjadi salah satu penghuni surga bukan? Ternyata dengan perilaku jujur, Allah akan meninggikan derajatnya dan memudahkan seseorang untuk bisa masuk ke dalam surga. Hal ini karena jujur merupakan sifat yang sangat mulia. Apabila seseorang bisa bersikap jujur dalam segala hal, insya Allah akan dimudahkan dalam banyak hal.

2. Memiliki Banyak Teman

Orang yang senang berlaku jujur biasanya juga akan memiliki banyak teman. Ketika seseorang bersikap jujur terhadap orang lain maka orang lain juga akan lebih mudah percaya. Semakin besar kepercayaan yang diberikan kepada Anda, tentu akan membuat Anda lebih mudah dalam bergaul di tengah masyarakat.

3. Merasa Tenang

Hikmah perilaku jujur yang selanjutnya adalah akan membuat seseorang merasa lebih senang. Bagaimana tidak, orang yang berlaku jujur tidak memiliki beban yang bisa membuatnya merasa tertekan. Berbeda halnya dengan orang yang suka berbohong, biasanya akan merasakan hidup yang tidak tenang karena memiliki beban yang berat apalagi jika sampai kebohongannya terbongkar.

Allah Ta’ala berfirman:

فَلَوْ صَدَقُوا اللَّهَ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ

“Tetapi jikalau mereka berlaku jujur pada Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka” (QS. Muhammad: 21)

4. Memiliki Nama Baik di Tengah Masyarakat

Dengan perilaku jujur, sobat cahaya Islam juga lebih mudah untuk memiliki nama yang baik di tengah masyarakat. Cukup sulit untuk membuat image positif di tengah masyarakat apalagi jika seseorang sudah pernah melakukan hal yang tidak baik. Namun apabila seseorang selalu berusaha untuk bersikap jujur, maka secara otomatis masyarakat akan menilai orang tersebut sebagai orang yang dapat dipercaya.

5. Mendapatkan Pahala

Sudah jelas jika perilaku jujur akan mendatangkan pahala yang besar dari Allah subhanahu wa ta’ala. Bahkan orang yang jujur juga akan diselamatkan dari azab baik di dunia maupun di akhirat. Allah tentu saja sangat menyukai hamba-hambanya yang berlaku jujur dan bertakwa.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ التُّجَّارَ يُبْعَثُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فُجَّارًا إِلاَّ مَنِ اتَّقَى اللَّهَ وَبَرَّ وَصَدَقَ

“Sesungguhnya para pedagang akan dibangkitkan pada hari kiamat nanti sebagai orang-orang fajir (jahat) kecuali pedagang yang bertakwa pada Allah, berbuat baik dan berlaku jujur.”[HR. Tirmidzi no. 1210 dan Ibnu Majah no. 2146].

Sobat cahaya Islam tentu saja ingin mendapatkan pahala dari Allah dan ditempatkan di surganya bukan? Jadi pastikan kita semua termasuk pribadi yang jujur karena banyak hikmah yang akan didapatkan. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga sudah mencontohkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga beliau juga mendapatkan julukan sebagai Al Amin yang artinya orang terpercaya. Semoga kita bisa mencontoh apa yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan mendapatkan syafaatnya di akhirat nanti.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY