Sholat Tasbih, Salah Satu Ibadah Dapatkan Lailatul Qadar

0
69
Komentar Indira Kalistha dan Sebab Harus Menjaga Ucapan

Sholat Tasbih – Sobat Cahaya Islam apakah tahu amalan ibadah yang bisa untuk dapatkan lailatul qadar? Sholat tasbih merupakan bentuk ibadah sunnah yang punya banyak keutamaan, salah satunya mendapatkan lailatul qadar.

Nabi Muhammad pernah mengajarkan sholat ini kepada pamannya, Abbas bin Abdul Muthalib. Sholat tasbih tersebut dikerjakan agar Allah mengampuni segala dosa.

Sesuai dengan namanya, sholat sunnah ini dikerjakan dengan membaca bacaan tasbih. Kalimat tasbih adalah bentuk pujian untuk Allah Ta’ala. Kalimat tasbih yaitu, subhanallah wal hamdulillah, wa lailahiallah wallahu akbar. Artinya, “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, dan tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar”.

Waktu dan Tata Cara Sholat Tasbih

Sholat tasbih bisa dilakukan kapan saja, kecuali selain waktu-waktu yang tidak diperbolehkan sholat. Sedangkan untuk jumlahnya, shalat tasbih bisa dikerjakan sebanyak 4 rakaat dengan bacaan tasbih 300 kali.

Rasulullah bersabda kepada Abbas bin Abdul Muththalib, “Wahai Abbas, wahai pamanku, maukah engkau aku beri? Maukah engkau aku kasih? Maukah engkau aku beri hadiah? Maukah engkau aku ajari sepuluh sifat (pekerti)? Jika engkau melakukannya, Allah mengampuni dosamu; dosa yang awal dan yang akhir, dosa yang lama dan yang baru, dosa yang tidak disengaja dan yang disengaja, dosa yang kecil dan yang besar, dosa yang rahasia dan terang-terangan, sepuluh macam (dosa). Engkau shalat empat rakaat. Pada setiap rakaat engkau membaca al-Fatihah dan satu surat (al-Quran). Jika engkau telah selesai membaca (surat) pada awal rakaat, sementara engkau masih berdiri, engkau membaca, ‘Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illa Allah, wallahu akbar sebanyak 15 kali. Kemudian ruku’, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu dari ruku’, lalu ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau turun sujud, ketika sujud engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu dari sujud, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau bersujud, lalu ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Maka itulah 75 (dzikir) pada setiap satu rakaatnya. Engkau lakukan itu dalam empat rakaat. Jika engkau mampu melakukan (shalat) itu setiap hari sekali, maka lakukanlah! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) setiap bulan sekali! Jika tidak, maka (lakukan) setiap tahun sekali! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) sekali dalam umurmu” (HR. Abu Dawud nomor 1297)

Sholat tasbih dikerjakan semampu sobat Cahaya Islam, bisa sehari sekali, sebulan sekali, dan seterusnya sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. Meskipun demikian, paling tidak kita sudah pernah mengerjakannya selama hidup. Karena shalat tasbih keutamaannya sungguh luar biasa.

Hukum Itikaf Bagi Wanita di Masjid

Tata Cara Sholat Tasbih

Berikut adalah tata cara melaksanakan shalat tasbih:

  1. Niat

Baca niat shalat tasbih cukup dalam hati saja, ini adalah doanya: Usholli sunnatat-tashbihi arba’a raka’ati lillahi ta’ala.

  1. Takbiratul Ihram
  2. Baca surat Al Fatihah dan surat pendek Al-Quran.
  3. Membaca kalimat tasbih sebanyak 15 kali sebelum rukuk.
  4. Rukuk dan membaca tasbih 10 kali.
  5. Itidal dengan membaca tasbih 10 kali.
  6. Sujud pertama dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali.
  7. Duduk di anatara dua sujud dan membaca tasbih 10 kali.
  8. Sujud kedua membaca tasbih sebanyak 10 kali.
  9. Setelah sujud kedua, lakukan duduk istirahat dengan bacaan tasbih 10 kali.
  10. Mengulangi cara 1 sampai 10 hingga rakaat keempat.
  11. Di rakaat keempat dikahiri dengan bacaan takhiyat dan salam.

Setiap rakaat Sobat Cahaya Islam membaca sebanyak 75 bacaan tasbih. Total bacaan tasbih dari seluruh rakaat (4 rakaat) yang dibaca yaitu 300 kali.

Keutamaan Sholat Tasbih

Jika kita mengerjakan shalat tasbih, insyaalah akan mendapat 3 keutamaan luar biasa. Jadi, sayang sekali apabila selama hidup di dunia tidak pernah mengerjakan shalat tasbih satu kali pun. Rasulullah saja menyarankan kita untuk mengerjakannya meskipun sekali seumur hidup.

Sobat Cahaya Islam bisa melihat keutamaan dalam mengerjakan sholat tasbih berikut ini:

1. Allah Akan Mengampuni Segala Dosa

Seseorang pasti pernah melakukan perbuatan dosa meskipun hanya sebesar zarah saat hidup di dunia. Mengerjakan shalat tasbih memiliki keutamaan yaitu dosa kita akan diampuni oleh Allah, baik dosa kecil maupun besar.

Allah akan mengampuni dosa-dosa yang dilakukan pertama kali, terakhir, yang paling dahulu dan yang paling baru. Semua dosa-dosa akan diampuni oleh Allah baik dosa yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

2. Menghindarkan Diri Dari Perbuatan Keji dan Mungkar

Mengerjakan shalat tasbih bisa menghindarkan kita dari perbuatan keji dan mungkar. Kedua perbuatan tersebut sangat dibenci oleh Allah.

3. Ibadah Untuk Mendapatkan Lailatul Qadar

Sobat Cahaya Islam bisa mendapatkan malam mulia, lailatul qadar dengan mengerjakan sholat tasbih. Lailatul qadar sangat dinantikan kedatangannya oleh umat Islam. Kedatangannya hanya setahun sekali dan satu malam saja di bulan Ramadhan.

Ternyata begitu besar fadhilah atau keutamaan dari shalat tasbih. Sobat Cahaya Islam perlu mencontoh Rasulullulah dalam mengerjakan ibadah sunnah.  Beliau selalu bersungguh-sungguh dalam melaksanakan amalan ibadah baik wajib maupun sunnah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!