Mukjizat Nabi Ibrahim, Salah Satunya Bisa Mengubah Pasir Menjadi Makanan

0
81
Mukjizat Nabi Ibrahim

Mukjizat Nabi Ibrahim – Ibrahim merupakan bapak dari semua Nabi. Tidak hanya itu, jua termasuk salah satu nabi yang mendapat gelar Rasul Ulul Azmi, para Rasul yang memiliki keteguhan dan begitu kuat menghadapi berbagai cobaan. Menghadapi cobaan tersebut membuat Allah menganugerahkan mukjizat Nabi Ibrahim.

Ada beberapa mukjizat yang Allah anugerhakan kepada nabi Ibrahim. Salah satunya pasti sudah tidak asing lagi bagi Sobat Cahaya Islam, bahakan sampai saat ini terus membuat terkagum-kagum.  Apa saja mukjizatnya?

Mukjizat Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim sendiri, merupakan  putra dari seorang bernama Azar dan ibunya bernama Amilah. Sejak tumbuh menjad remaja, ia enggan menyembah berhala seperti yang dilakukan masyarat pada masa itu. Ia lebuh banyak berfikir dan mencari Tuhan yang sebenarnya.

 Selama perjalanan mengimani Allah, nabi Ibrahim mendapat banyak cobaan dan juga mukjizat. Mujizat di bawah ini, sebagai bukt kekuasaan Allah dan membuktikan bahwa Ibrahim adalah Khailullah.

1.       Tidak hangus terbakar api

Merupakan mukjizat yang paling terkenal dan Sobat pasti sudah tahu mukjizat Nabi Ibrahim yang satu ini. Pada masa itu,  seorang raja bernama Namrud mengaku sebagai tuhan dan ia juga menyekutukan Allah dengan berhala.

“Mengapa kamu menyembah selain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi manfaat sedikit pun, dan tidak mendatangkan mudarat kepada kamu? Celakalah kamu dan yang kamu sembah selain Allah! Tidakkah kamu mengerti?” (Al-Anbiya’ (21): 66-67)

Melihat perilaku tersebut nabi Ibrahim pun menghancurkan berhala tersebut dan menyisakan patung berhala yang besar. Mendengar kabar itu, raja Namrud marah dan langsung menuduh nabi Ibrahim.

Kemudian nabi Ibrahim berdalih, bahwa patung besarlah yang menghancrukan berhala lainnya. Raja pun semakin marah, kemudian menyuruh rakyatnya untuk membakar nabi Ibrahim hidup-hidup.

Mukjizat Nabi Ibrahim

“Mereka berkata: “Bakarlah dia dan bantulah ilah-ilah kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak. Kami berfirman: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim. Mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan itu mereka orang-orang yang paling merugi.”(QS. Al-Anbiya’ (21): 68-70).

Lalu, nabi Ibrahim pun berdo’a kepada Allah, seperti dalam surah Al-Anbiya ayat 69.

“Kami (Allah) berfirman, ‘Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!” (QS. Al-Anbiya’ ayat 69)

2.       Mengeluarkan madu dari jari

Nabi Ibarahim juga mendapatkan mukjizat lainnya, bisa mengeluarkan madu dari jari-jarinya. Hal ini terjadi ketika nabi Ibrahim baru saja dilahirkan.

Ketika itu peramal, mengatakn pad araj Namrud bahwa akan lahir seorang anak laki-laki yang mampu membinasakannya. Raja Namrud langsung memerintahkan membunuh anak laki-laki yang lahir pada tahun tersebut.

Ibu nabi Ibrahim langsung melarkan diri ke dalam gua dan melahirkan nabi Ibrahim disana. Kemudian suatu hari, ibu meninggalkan nabi Ibrahim dan saat kembali melihat nabi Ibrahim sedang menghisap jarinya yang mengeluarkan madu.

3.       Menghidupkan makhluk yang sudah mati

Berikutnya, mukjiizat ini Allah abadikan dalam surah Al-Baqarah ayat 260.

“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata, “Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati.” Allah berfirman, “Belum percayakah engkau?” Dia (Ibrahim) menjawab, “Aku percaya, tetapi agar hatiku tenang (mantap).” Dia (Allah) berfirman, “Kalau begitu ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah olehmu kemudian letakkan di atas masing-masing bukit satu bagian, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.” Ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.” (QS. al-Baqarah: 260)

Ketika itu nabi Ibrahim ingin lebih dekat lagi dengan Allah. Kemudian memohon pada Allah agar diperlihatkan cara menghidupkan orang yang mati. Karena nabi Ibrahim merupakan orang yang sangat sabar dan begtu patuh pada perintah Allah, maka Allah mengindahkan permintaannya.

4.       Pasir berubah menjadi makanan

Raja Namrud memiliki kekayaan yang sangat melimpah dan membuat orang-orang datang untuk meminta bekal makanan. Termasuk juga dengan nabi Ibrahm, biasanya raja Namrud akan bertanya terlebih dahulu ‘Siapa Tuhanmu?’ sebelum memberikan makanan.

Mukjizat Nabi Ibrahim

Jika menjawab dengan namanya, maka akan diberi makanan. Tapi nabi Ibrahim menjawab Tuhannya adalah Allah Subhanahu wa ta’ala. Namrud langsung mengusirnya.

Mengakali hal tersebut, ia membawa pasir dalam kantung tersebut. Ketika pagi datang nabi Ibrahim kaget karena istrinya sedang mengolah bahan makanan, yang berasal dari kantung pasir tadi.

Mengetahui sejumlah mukjizat nabi Ibrahim ini, semoga mampu meningkatkan keimanan kita pada Allah Suhanahu wa ta’ala.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY