Niat Puasa Tasu’a dan Asyuro, Amalan-amalan Bulan Muharram

0
643
niat puasa tasua dan asyuro

Niat puasa tasu’a dan asyuroBulan muharram merupakan  bulan yang diistimewakan oleh Allah SWT setelah bulan ramadhan. Maka salah satu anjurannya adalah berpuasa pada bulan ini.  Nah, sebelum Sobat Cahaya Islam mengetahui niat puasnya ketahui terlebih dahulu keistimewaan muharram.

 Bulan suci ini tidak terlepas dari pelaksanaan ibadh haji. Pada bulan muharram ini orang yang menunaikan haji melakukan perpulangan.  Tidak hanya itu, banyak kejadian-kejadian sejarah islam terjadi pada bulan ini.

Karena perpulangan haji ini pula yang melarang melakukan peperangan di bulan muharrom. Puasa tasu’a sendiri dilaksanakan untuk mdijadikan pembeda anatara umat muslim dan yahudi.

Selain karena perpulangan haji, kejadian menakjubkan lainnya terjadi di bulan muharrom. Misalnya saja ada yang mengatakan, ketika nabi Musa dikejar-kejar oleh bala tentara Firaun dan dihadang lautan ia bisa melwatinya atas izin Allah. Kejadian ini disebutkan terjadi pada tanggal 10 Muharram.

Lalu, ada juga yang menyebutkan kejadian nabi Yunus ditelan oleh ikan Nun, itu juga terjadi di hari-hari bulan muharram. Setelah mengetahui kisah di balik bulan Muharram, mari simak niat puasa tasu’a dan asyuro berikut ini.

Niat Puasa Tasu’a dan Asyuro

niat puasa tasua dan asyuro

Mengapa kita harus berpuasa tasu’a dan asyuro? Karena bulan muharram merupakan bulan yang suci, bahkan berpuasa ditanggal 10 sebagai puasa sunnah yang ditekankan, karena mampu menghapus dosa yang telah lalu. Disebutkan dalam sebuah hadits.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ؟ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

“Dari Abu Qatadah Al-Anshari RA, Rasulullah SAW ditanya tentang puasa hari ‘Asyura, maka beliau bersabda: “Puasa ‘Asyura dapat menghapuskan dosa-dosa kecil setahun yang lalu” (HR. Muslim no. 1162).

Lalu, apa niat puasa tasu’a dan asyuro?

Setelah mengetahui niat puasa tasu’a dan asyuro, Sobat Cahaya Islam harus tahu juga apa saja amalan-amalan yang harus dilakukan di bulan Muharram.

Amalan-amalan Bulan Muharram

niat puasa tasua dan asyuro

Setelah mengetahui niat puasa, Sobat Cahaya Islam juga perlu mengetahui amalan-amalan apa saja yang perlu dilakukan agar menambah pahala dan memdapat rahmat dari Allah. Inilah yang perlu sobat lakukan.

  • Berpuasa

Yang pertama kali dianjurkan ialah berpuasa. Terutama dianjurkan pada tanggal 9 dan 10 bulan muharram.

  • Bersedekah

Bersedekah di bulan muharram bisa mendapatkan kedudukan lebih dekat lagi dengan Allah SWT.

  • Memperbanyak ibadah

Selain mengerjakan sholat wajib, dianjurkan juga untuk melaksankan ibadah-ibadah sunnah, memperbanyak membaca Al-Qur’an juga mengerjakan perbuatan-perbuatan baik lainnya.

  • Mempererat tali silaturahim

Menjaga hubungan baik dengan saudara seiman, sebenarnya tidak hanya saat bulan muharram saja tapi pada hari-hari biasa pum harus senantiasa menjaga hubungan agar tetap baik dengan sesama. Karena kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan pertolongan satu sama lain.

Bulan muharrom bisa dijadikan sebagai ajang kita memulai ibadah yang lebih berkualitas. Karena dibulan ini kita dianjurkan untuk banyak beribadah kepada Allah, sehingga mampu melatih diri untuk memperbaiki ibadaha yang semula buruk menjadi lebih baik lagi.

Niat puasa tasu’a dan asyuro, setelah mengetahui niat puasa ini. Saatnya bagi Sobat Cahaya Islam untuk berpusa dengan ikhlas, dan penuh kebahagiaan karena setimpal dengan balasan yang akan didaptakan nanti. Tidak hanya balasan pahala, tetapi juga kita bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY