Demo Anti Rasisme di AS, Mau Tau Anggapan Islam? Begini Rasisme Menurut Agama Islam

0
87
Demo Anti Rasisme di AS dan Pandangan Islam Tentang Indahnya Bersaudara

Demo anti rasisme – Kematian George Floyd beberapa waktu lalu meninggalkan duka bagi banyak orang, terutama kalangan warga berkulit hitam. Hal ini dikarenakan kematiannya yang dinilai tidak manusiawi karena akibat ditindih lutut polisi berkulit putih. Ini mengundang kemarahan dan rasa tidak terima terhadap perlakuan polisi yang sampai menghilangkan nyawa seseorang. Apalagi adanya perbedaan antara Floyd sebagai warga berkulit hitam sementara polisi ini berkulit putih. Ini kemudian dianggap adanya rasisme.

Demo Anti Rasisme dan Larangan Islam Untuk Tindakan Rasisme

Kematian Floyd yang memicu kemarahan warga berkulit hitam ini kemudian menimbulkan banyak kerusuhan. Unjuk rasa atau demo pun di gelar di beberapa wilayah, termasuk AS atau Amerika Serikat. Unjuk rasa anti rasisme ini digelar sebagai refleksi kemunduran dari reformasi kepolisian. Warga menilai adanya rasisme yang menyebabkan polisi berkulit putih memperlakukan Floyd warga berkulit hitam ini dengan tidak baik. Hingga harus tewas ditangan polisi tersebut. Bagaimana menurut islam mengenai rasisme?

Demo Anti Rasisme di AS, Islam Tidak Mengenal Rasisme

Demo Anti Rasisme di AS dan Pandangan Islam Tentang Indahnya Bersaudara

Demo anti rasisme yang terjadi di AS ini adalah untuk menyerukan duka warga berkulit hitam yang menilai gagalnya reformasi kepolisian. Ini ditandai dengan anggota polisi berkulit putih yang menewaskan Floyd sehingga diduga erat kaitannya dengan adanya rasisme. Dalam agama islam, kita diajarkan untuk saling mengasihi sesama. Sehingga dalam islam bahkan tidak dianjurkan untuk bermusuh-musuhan, atau saling membedakan antara kaum yang satu dengan yang lain.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.(1)

Dalam ayat diatas dijelaskan bahwa Allah SWT menjadikan makhluk bersuku-suku, berbangsa-bangsa dan saling mengenai. Meskipun diciptakan seorang laki-laki dan perempuan, atau adanya perbedaan gender. Namun keduanya disatukan dalam suku atau bangsa. Itu sebabnya, islam tidak mengenal rasisme karena bahkan Allah tidak mengajarkan kita untuk membeda-bedakan suku bangsa, ras, warna kulit dan lain sebagainya.

Dalam islam, rasisme ini diharamkan karena tidak sesuai dengan syariat islam. Ini juga bertentangan dengan fitrah manusia. Agama mengajarkan bahwa kedudukan dan hak setiap manusia adalah sama, itu sebabnya dalam beberapa ayat dikatakan bahwa dimata Allah semua manusia adalah sama. Menghina, meremehkan atau merendahkan orang lain hanya karena perbedaan warna kulit, suku, dan ras adalah perbuatan yang dilarang dalam islam.

Islam Haramkan Tindakan Rasisme, Kita Semua Bersaudara

Demo Anti Rasisme di AS dan Pandangan Menurut Islam

Rasisme adalah tindakan yang tidak dianjurkan, bahkan ini menyimpang dari ajaran islam. Selain itu, rasisme merupakan perbuatan dosa karena mengandung tindakan menghina, merendahkan, meremehkan. Bahkan tidak jarang terjadi saling membunuh hanya karena rasisme ini. Ini jelas tidak sesuai dengan ajaran agama, dimana semua umat muslim bersaudara. Bahkan perbedaan agama pun dalam islam mengenal yang dinamakan toleransi atau saling menghargai.

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.(2)

Demo anti rasisme – Dalam islam sendiri tidak mengenal rasisme, bila pun ada juga agama islam mengharamkan tindakan tersebut. Maka dari itu sobat cahaya islam, mari kita saling menghargai. Perbedaan ras, suku, warna kulit bahkan agama tidak boleh dijadikan alasan untuk menghina atau meremehkan orang lain. Sungguh Allah tidak menyukai permusuhan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 13

(2) – Surat Ali ‘Imran Ayat 103

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!