Kekeyi Rilis Lagu Plagiat, 3 Alasan Islam Mengharamkan Plagiat

0
97

Kekeyi Rilis Lagu – Sebuah kabar menghebohkan datang dari salah satu youtuber Indonesia, Kekeyi. Dia baru saja merilis lagu barunya di Youtube. Lagu barunya pun langsung jadi trending di Youtube. Namun ternyata lagu tersebut menuai kritik karena mengandung unsur plagiarism.

Lagu berjudul “Keke Bukan Boneka” dianggap meniru atau plagiat dari salah satu lagu yang sudah hits sebelumnya. “Keke Bukan Boneka” menyontek dari lagu “Aku Bukan Boneka” yang lebih dulu dipopulerkan oleh Rinni Wulandari.

Pada tahun 2008 silam, lagu “Aku Bukan Boneka” sempat hits di blantika musik Indonesia. Lagu yang diciptkan oleh seorang bernama Novi Umar tersebut berhasil mengangkat nama Rinni Wulandari. Rinni Wulandari merupakat jebolan ajang pencarian bakat “Indonesian Idol” yang memiliki suara bagus.

Kekeyi Plagiat Lagu “Aku Bukan Boneka”

Lagu baru “Keke Bukan Boneka” berhasil memuncaki trending di youtube menggeser peringkat lagu duet Lady Gaga dan Blackpink. Penyanyi asli “Aku Bukan Boneka” pun angkat bicara. Melalui akun instagramnya ia menyindir lagu “Keke Bukan Boneka” mirip dengan lagunya.

Plagiat Haram dalam Islam

Plagiat atau menjiplak adalah sesuatu yang sangat mudah dilakukan. Apalagi menjiplak karya orang lain yang sudah punya kualitas, sudah pasti hasil jiplakannya bayak yang menyukainya. Plagiat atau menjiplak dalam Islam sangat dilarang dan diharamkan. Sebab menjiplak sama saja dengan mencuri hak milik orang lain.

Mencuri adalah perbuatan tercela yang seharusnya tidak pantas dilakukan oleh orang yang bertuhan. Orang yang mengaku tidak bertuhan pun akan berpikir bahwa mencuri adalah perbuatan buruk. Apalagi sebagai seorang muslim, mencuri bukanlah hal yang pantas dilakukan.

Plagiat dalam Islam memiliki sisi buruk. Sehingga plagiat diharamkan dalam Islam. Berikut alasan-alasan Islam mengharamkan plagiarism:

1. Perbuatan Dusta dan Membanggakan Milik Orang Lain

Membangga-banggakan barang milik orang lain dan mengakui sebagai milik sendiri adalah termasuk perbuatan dusta. Itu sama saja dengan mengumbar kepalsuan kepada orang banyak. Dan dosanya sangat besar sobat Cahaya Islam.

2. Perbuatan Mencuri

Jangan anggap remeh menjiplak atau plagiat karya milik orang lain. Sedikit saja kita menjiplak hasil karya orang lain sudah termasuk dalam kategori mencuri. Mencuri adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam.

فَإِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَيْكُمْ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ وَأَعْرَاضَكُمْ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا ، فِي شَهْرِكُمْ هَذَا، فِي بَلَدِكُمْ هَذَا

Sesungguhnya Allah telah mengharamkan atas sesama kalian darah kalian (untuk ditumpakan) dan harta kalian (untuk dirampais) dan kehormatan (untuk dirusak). Sebagaimana haramnya hari ini, haramnya bulan ini dan haramnya negeri ini” (HR. Bukhari no. 1742).

3. Tidak Bersyukur Atas Kecerdasan Yang Diberikan Allah

Seseorang yang mencuri atau menjiplak buah pemikiran dari orang lain, berarti dia tidak menggunakan kecerdasan yang diberikan oleh Allah kepadanya. Allah menciptakan manusia lengkap dengan kecerdasan otaknya yang luar biasa. Sangat sia-sia apabila Sobat Cahaya Islam tidak menggunakan karunia yang diberikan Allah berupa kecerdasan.

Setiap individu sudah diberikan kelebihan oleh Allah. Yang perlu dilakukan oleh kita hanya memaksimalkan potensi pemberian Allah tersebut. Menggunakan dengan baik apa yang telah Allah kasih ke kita adalah suatu bentuk rasa syukur kita kepada allah. Sebaliknya mencuri hasil kreativitas orang lain akan mengundang murka Allah. Semoga sobat Cahaya Islam selalu bersyukur atas apa yang allah berikan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY