Bangun Tengah Malam, Allah Sedang Kasih Kode

0
68
bangun tengah malam

Kehidupan Islami – Waktu tengah malam adalah waktu yang sangat nyaman untuk tidur. Namun ada beberapa orang yang sering bangun tengah malam seperti buang air kecil, tiba-tiba sakit perut, lapar, digigit nyamuk, merasa tidak nyaman, mimpi buruk atau lain sebagainya. Namun tahukah sobat cahaya islam, ternyata dibalik itu semua ada yang maha mengatur apapun kejadian tersebut.

Bangun Tengah Malam, Allah Sedang Kasih Kode

Allah adalah sang maha pengatur kejadian karena bahkan daun yang gugur juga diatur oleh Allah. Tanpa izin dari Allah daun tidak akan bisa menggugurkan daunnya. Oleh karena itu sebagai manusia yang beriman perlu untuk mengetahui sebenarnya apa yang diinginkan Allah hingga seorang hamba terpaksa bangun malam hari karena hal-hal tertentu. Dibalik kejadian yang sering menimpa sobat caha islam tersebut ternyata ada Kode dari Allah untuk sholat tahajud.

Manfaat sholat tahajud

Sholat tahajud adalah salah satu solat sunat yang memiliki pahala sangat besar bahkan menjadi solat sunah yang diutamakan setelah sholat fardu. Sholat tahajud adalah amalan yang banyak dilakukan oleh para ahli surga. Jika seseorang disayangi oleh Allah maka Allah akan meringankan langkah seorang hamba untuk menjalankan solat malam dan akan ada Kode dari Allah untuk solat tahajud.

Namun bagi sobat cahaya islam yang belum bisa istiqomah bisa tetap melaksanakan solat ini semampunya. Dengan niat yang baik maka insyaallah akan ada hidayah atau petunjuk dari Allah agar sobat cahaya islam bisa menjalankan solat tahajud dengan rutin.

عَمْرُو بْنُ عَبَسَةَ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الرَّبُّ مِنْ الْعَبْدِ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ الْآخِرِ فَإِنْ اسْتَطَعْتَ أَنْ تَكُونَ مِمَّنْ يَذْكُرُ اللَّهَ فِي تِلْكَ السَّاعَةِ فَكُنْ

Dari ‘Amr bin ‘Abasah bahwa dia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Waktu yang paling dekat antara Rabb dengan seorang hamba adalah pada tengah malam terakhir, maka apabila kamu mampu menjadi golongan orang-orang yang berdzikir kepada Allâh (shalat) pada waktu itu, lakukanlah!”. [1]

Allah adalah Tuhan yang maha pengasih dan penyayang. Kasih sayang Allah bahkan melebihi kasih sayang seorang ibu. Jika sobat cahaya islam mengetahui bagaimana Allah begitu menyayangi hambanya maka sobat tentu tidak akan rela dan tidak akan berani untuk melanggar yang dilarang oleh Allah.

Semua larangan dan perintah Allah yang diberikan kepada manusia adalah sesuatu yang terbaik. Allah tidak ingin hambanya mengalami hal-hal yang buruk sehingga Allah menurunkan larangan-larangan yang jelas. Jika Allah manyayangi hamba maka akan ada banyak keajaiban terjadi temasuk Kode dari Allah untuk solat tahajud.

Jika seseorang tiba-tiba terbangun tepat di waktu solat tahajud misalnya jam dua atau jam 3 maka jangan sepelekan hal tersebut. Allah sedang ingin bertemu dan juga benar-benar sedang merindukan hambanya sehingga Allah memberikan kode.

Kode dari Allah untuk solat tahajud memang sangat bnayak seperti yang telah disebutkan diatas. Ada juga yang tiba-tiba terbanguna sekitar jam solat tahajud karena tiba-tiba menjadi gelisah. Hal seperti ini juga karena kode dari Allah agar segera ambil wudu dan melaksanakan solta sunah tersebut.

Namun jika seseorang sangat berat melakukan solat ini atau bahkan sama sekali belum pernah melakukan solat tahajud maka harus di waspadai. Bisa jadi seseorang tersebut tidak diinginkan oleh Allah untuk bertemu denganNya di waktu tahajud. Kode dari Allah untuk solat tahajud  akan diberikan kepada orang yang beriman dan diberi petunjuk.

Padahal di saat waktu tahajud, Allah sedang berada sangat dekat dengan hambanya di dunia. Pada waktu tahajud, Allah berada di langit pertama dunia sehingga siapapun yang bangun untuk solat tahajud akan lebih mudah terkabul doanya. Seperti sebuah hadis berikut ini:

عَنْ بِلَالٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ وَمَنْهَاةٌ عَنْ الْإِثْمِ وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنْ الْجَسَدِ

Dari Bilal bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Selalulah kalian melakukan shalat malam, karena shalat malam adalah kebiasaan1 orang-orang shalih sebelum kalian, dan sesungguhnya shalat malam mendekatkan kepada Allâh, serta menghalangi dari dosa, menghapus kesalahan, dan menolak penyakit dari badan.” [2]

Siapapun yang meminta kepada Allah melalui solat tahajud maka doanya seperti anak panah yang tepat mengenai sasaran. Hal ini mengibaratkan jika seorang hamba berdoa kepada Allah di waktu solat tahajud maka doanya akan lebih mudah diijabah oleh Allah. Jadi jika sobat cahaya islam mendapatkan Kode dari Allah untuk solat tahajud sebaiknya jangan dihiraukan karena hal ini menjadi bukti bahwa Allah sedang rindu dan ingin mendengarkan curahan hati sobat.


Catatan Kaki

[1] H.R. Tarmidzi 3503 (shahih)

[2] H.R. Tarmidzi 3472, shahih KECUALI lafal “mengusir penyakit dari badan”.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!