Menjaga Lingkungan Hidup: Amal Jariyah Sederhana yang Bisa Kita Lakukan dengan Mudah

0
20
Menjaga Lingkungan Hidup adalah Amal Jariyah Sederhana yang Bisa Kita Lakukan dengan Mudah

Menjaga Lingkungan Hidup – Jadi ceritanya adik salah satu tim cahayaislam baru masuk kuliah. Nah, saat diajak ngobrol sama kakaknya seputar kegiatan kampus. Adiknya ternyata ikutan kegiatan MAPALA alias Mahasiswa Pecinta Alam. Sang kakak bertanya tuh: emang apa manfaatnya ikut begitu begituan? – dan adeknya menjawab kalau banyak banget kegiatan positif mapala, bahkan katanya bisa jadi ladang amal Jariyah. Loh yang bener nih?

Tanpa fa fi fu tim cahayaislam langsung aja ngobrol bareng alim ulama yang kita kenal. Kita tanyain apakah memang ikut kegiatan pecinta alam dan menjaga lingkungan / alam adalah termasuk amal jariyah. Well, ternyata iya doong! – Menjaga lingkungan dan alam termasuk dalam amal jariyah karena dampaknya dapat bertahan dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi banyak orang dan makhluk hidup di masa depan. Kita jelasin beberapa hasil diskusi kita bareng pak Ustadz dan pakar lingkungan yak.

Menjaga Lingkungan Hidup = Konservasi Sumber Daya > Peningkatan Kualitas Hidup

Ada runtutannya sih kalo ini. Jadi dengan menjaga alam, kita menjaga juga sumber daya yang pada akhirnya bakal meningkatkan kualitas hidup kita sendiri dan masyarakat secara luas. Contohnya aja Melalui tindakan seperti menanam pohon, mendukung program daur ulang, atau membersihkan lingkungan, Anda membantu menjaga sumber daya alam yang penting bagi kehidupan manusia dan makhluk lainnya. Membersihkan lingkungan akan mengurangi dampak pencemaran dan perusakan sumber daya di bumi. Tindakan ini dapat membantu mempertahankan keberlanjutan ekosistem, yang akan memberikan manfaat jangka panjang bagi semua makhluk hidup.

Ujung ujungnya nih, Lingkungan yang bersih, hijau, dan sehat menciptakan kondisi yang lebih baik untuk hidup bagi manusia dan hewan. Udara yang bersih, air yang jernih, dan tanah yang subur adalah faktor-faktor penting dalam meningkatkan kualitas hidup.

Memelihara Keanekaragaman Hayati = Mencegah Bencana Alam > Pewarisan Generasi Mendatang

Menjaga lingkungan alam membantu memelihara keanekaragaman hayati. Dengan melestarikan spesies tanaman dan hewan, kita juga memastikan bahwa ekosistem tetap seimbang dan berfungsi dengan baik, yang penting bagi keberlangsungan kehidupan di Bumi. Dengan menjaga lingkungan, sobat cahayaislam dengan aktif juga membantu dalam mencegah bencana alam seperti banjir, tanah longsor, atau kebakaran hutan. Tindakan pencegahan ini dapat menyelamatkan banyak nyawa dan harta benda.

Untuk jangka panjangnya. Tindakan menjaga lingkungan adalah bentuk investasi untuk generasi mendatang. Dengan menjaga lingkungan saat ini, kita meninggalkan warisan yang baik bagi anak cucu kita, memberikan mereka kesempatan untuk menikmati keindahan dan keberagaman alam yang sama seperti yang kita nikmati hari ini. Ga bisa bayangin deh, kalo anak turun kita kelak cuma hidup dengan dikelilingi beton tanpa alam yang mendamaikan. Naudzubillahi min dzalik

Dengan demikian, pada dasarnya menjaga lingkungan bukan hanya merupakan tindakan yang baik untuk saat ini. Tetapi juga merupakan investasi untuk masa depan yang berkelanjutan, menjadikannya sebagai amal jariyah yang bernilai. Nah, Menjaga lingkungan sebagai amal jariyah dapat dilakukan dengan berbagai cara yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif jangka panjang. Kita juga udah rangkum beberapa opsi yang bisa sobat cobain.

Paling Simple: Ikut Kerja Bakti Bebersih Lingkungan Kita Sendiri & Ikutan Sosialisasi Kebersihan Lingkungan

Siapa sobat cahayaislam disini yang suka nggak dateng ikutan kerja bakti di kampung? Hayo ngaku aja dah! Sayang banget, padahal kegiatan ini bisa jadi opsi paling sederhana bakal ikut aktif dalam memelihara lingkungan hidup lho. Berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan lingkungan seperti membersihkan pantai, sungai, taman, atau area publik lainnya dari sampah dan limbah adalah kegiatan positif yang sering kita temui di lingkungan kita sendiri.

Di waktu lain juga Pemerintah setempat sering melakukan banyak sosialisasi lingkungan. Nah, kita bisa ikutan tuh. Bahkan dengan ilmu yang kita dapatkan dari situ. Kita bisa kemudian mengedukasi orang lain tentang pentingnya menjaga lingkungan dan cara-cara untuk melakukannya. Ini dapat dilakukan melalui penyuluhan, seminar, kampanye kesadaran lingkungan, atau media sosial.

Next Level Lewat Kebiasaan Mobilitas Kita, Penghematan Energi dan Pengelolaan Sampah

Bagi sobat cahayaislam yang hidup di kota kota besar. Pasti tahu lah ya gimana sobat bergelut dengan polusi dan radikal bebas di luar sana. Carbon footprint ini yang paling banyak jadi masalah dalam kehidupan perkotaan dan berkaitan langsung dengan mobilitas kita. Mengurangi emisi karbon pribadi dengan menggunakan transportasi ramah lingkungan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum, serta memilih produk-produk yang memiliki jejak karbon rendah. Bisa jadi kebiasaan yang baik dalam rangka memelihara lingkungan hidup.

Disisi lain yang nggak kalah penting juga. Kebiasaan kita dalam mengelola sampah juga perlu jadi perhatian. Mendukung kegiatan daur ulang, pengurangan sampah plastik, dan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Ini dapat dilakukan dengan memisahkan sampah organik dan non-organik, menggunakan kembali barang-barang yang masih layak, dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Gimana? Sangat dekat banget kan hal hal yang berkaitan dengan lingkungan hidup ini.

Hal lain yang bisa kita lakuin. Adalah dengan Mengurangi konsumsi energi dengan menggunakan lampu hemat energi, perangkat listrik berlabel energi, dan mematikan perangkat elektronik yang tidak digunakan. Dukung penggunaan sumber energi terbarukan seperti tenaga surya atau tenaga angin.

Ikutan Komunitas dengan Banyak Kegiatan Pemeliharaan dan Menjaga Lingkungan Hidup

Kalo sobat cahayaislam pengen lebih intens dan bersemangat lagi. Maka sobat bisa coba ikutan kegiatan komunitas pecinta alam yang punya agenda tertentu berkaitan dengan pelestarian alam. Salah satu yang sering ada adalah program penanaman pohon. Berpartisipasi dalam program penanaman pohon atau mendirikan kebun yang dapat memberikan manfaat ekologis jangka panjang seperti menyediakan habitat bagi satwa liar, menjaga kesuburan tanah, dan mengurangi polusi udara.

Kegiatan penanaman pohon ini gak melulu di daerah hutan konservasi atau di pedesaan ya. Bisa juga dilakukan di lingkup perkotaan. Beberapa pemerintah daerah dan dinas tertentu kadang punya program serupa. Sobat cahayaislam bisa berpartisipasi dalam program penghijauan kota seperti penanaman tanaman hias, kebun vertikal, atau atap hijau untuk membantu mengurangi polusi udara. Beberapa kegiatan di kota termasuk juga menyediakan tempat berlindung atau shelter bagi satwa liar, dan meningkatkan kualitas udara.

Kalo sobat cahayaislam pengen lebih nampak keren. Bisa juga kok ikut Mendukung upaya perlindungan habitat alam liar dan keanekaragaman hayati dengan mendukung organisasi konservasi, mengikuti program pelestarian alam, dan berpartisipasi dalam kegiatan rehabilitasi habitat.

***

Gimana? Jadi mau nyobain yang mana nih? – Dengan mengambil langkah-langkah ini untuk menjaga lingkungan. Sobat cahayaislam tidak hanya memberikan manfaat kepada generasi saat ini, tetapi juga menciptakan warisan yang baik bagi generasi mendatang. Dengan demikian, tindakan-tindakan ini dapat dianggap sebagai amal jariyah yang berkelanjutan. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY