Investasi Bodong Semakin Marak, Gimana Seharusnya Kita Menyikapinya?

0
250
Investasi Bodong Semakin Marak, Gimana Seharusnya Kita Menyikapinya

Investasi Bodong – Di masa lockdown kemarin. Ketika banyak bisnis yang collaps dan bangkrut. Orang orang mulai mengubah paradigma keuangan. Disisi lain, pula melihat peluang peluang yang bisa dimanfaatkan. Tak ayal, dalam situasi yang buruk, muncul tangan tangan dan pikiran jahat yang menggunakan situasi untuk menipu keterpurukan khalayak Ramai.

Sobat cahayaislam mungkin masih ingat dengan investasi binomo yang diusung oleh indra kenz. Berlanjut pada bitcoin dan nft. Belum kapok juga, ada mereka dan banyak orang tertipu investasi bodong dengan menggunakan robot trading atau mesin automasi lainnya. Miris!

Apakah Islam Melarang Investasi?

Jawaban singkatnya adalah: Tidak, Islam tidak melarang investasi. Sebaliknya, investasi yang halal dan sesuai dengan prinsip-prinsip etika dan hukum Islam sangat dianjurkan. Islam mengakui pentingnya berusaha dan bekerja keras untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan, dan investasi adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Bahkan dalam ayat Al Quran surat Ar Rad ayat 11, Allah menjelaskan bahwa tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka BERUSAHA untuk mengubahnya dengan kekuatannya terlebih dahulu.

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Islam Menjunjung Tinggi Prinsip Kejujuran, Transparansi dan Kehati hatian dalam Berbisnis maupun investasi

Islam mendorong kejujuran dan transparansi dalam segala transaksi. Investasi yang bodong sering kali melibatkan penipuan atau manipulasi informasi, yang bertentangan dengan prinsip ini. Islam menekankan pentingnya memberikan informasi yang jujur dan akurat kepada pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi.

Selain itu, Dalam investasi, prinsip kehati-hatian sangat penting. Jika sebuah investasi terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan atau menjanjikan hasil yang tidak realistis, bisa jadi itu adalah tanda investasi yang tidak sah. Dalam praktik model investasi menyesatkan yang banyak terjadi, biasanya dengan jelas prinsip prinsip demikian adalah missing point.

Unsur Penipuan, termasuk dalam bentuk investasi bodong, dianggap sebagai pelanggaran terhadap prinsip-prinsip Islam. Allah melarang praktik-praktik yang tidak jujur dan merugikan orang lain. Oleh karena itu, orang Muslim harus menjauhi investasi yang mencurigakan atau tidak dapat dijelaskan secara transparan. Bahasa kerennya ya too good to be true.

Menghindari Investasi Bodong, Maka Muslim wajib Melek Finansial dan Belajar Pengetahuan Keuangan

Kalo dalam hadits kita pernah mendengar bahwa Barang siapa menginginkan dunia, maka untuknya bisa dilakukan dengan ilmu. Agar bisa membedakan antara investasi yang sah dan investasi bodong, pendidikan keuangan dan pemahaman tentang investasi menjadi sangat penting. Orang Muslim dihimbau untuk mendidik diri sendiri dan orang lain dalam hal ini untuk melindungi diri dari potensi penipuan.

Disisi lain, kita bisa menempuh jalan lain dengan bertanya kepada ahli yang amanah. Islam mendorong umatnya untuk berkonsultasi dengan ahli sebelum mengambil keputusan apapun perihal keilmuan dan hukum. Terlebih soal finansial atau investasi. Jika ada tawaran investasi yang terdengar sangat menguntungkan atau menggiurkan, sebaiknya berkonsultasi dengan orang yang memiliki pengetahuan tentang keuangan dan investasi.

***

Kesimpulannya adalah Secara keseluruhan, Islam mendorong umatnya untuk berinvestasi dengan kejujuran, kehati-hatian, dan etika yang tinggi. Investasi bodong jelas melanggar prinsip-prinsip tersebut dan diharamkan. Oleh karena itu, orang Muslim harus tetap waspada dan menghindari investasi yang meragukan atau tidak sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Semoga Bermanfaat Ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY