Membantu Orang Lain untuk Belajar: Amal Jariyah dengan Perpetual Impact yang Menakjubkan

0
18
Membantu Orang Lain untuk Belajar adalah Amal Jariyah dengan Perpetual Impact yang Menakjubkan

Membantu orang lain untuk Belajar – Kalo kita berbicara tentang bagaimana kita bisa mendapatkan banyak amal baik di dunia sebagai bekal kita nanti. Tentu salah satu cara yang oleh Rasulullah ajarkan dan oleh para Alim ulama rekomendasikan adalah melakukan Amal Jariyah. Nah, kalo kita denger istilah ini. Bayangan kita langsung melayang jauh pada hal hal yang spektakuler. Kayak contohnya bangun masjid misalnya. Dimana kita bakal dapat pahala mengalir dari orang orang yang ikut serta meramaikan masjid yang kita bangun.

Pemikiran seperti itu tentu akan mengecilkan perspektif kita. Bahwa harus kaya dulu kalo mau melakukan amal jariyah. Padahal, kita pun bisa melakukan hal hal besar yang bernilai amal tak terputus pula dengan hal hal yang sederhana: Seperti Membantu orang lain untuk Belajar misalnya.

Membantu Orang lain Belajar Menyebarkan dan Memberdayakan ilmu

Yang perlu kita garis bawahi disini adalah bahwa ilmu tidak hanya sebatas ilmu ketuhanan ya. Bukan sekedar ilmu agama yang berkaitan dengan amal ibadah. Namun bisa ilmu apapun secara luas. Asalkan ilmu itu memberikan manfaat. Membantu orang belajar sesuatu dapat dianggap sebagai amal jariyah karena tindakan tersebut memiliki potensi untuk memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi individu yang diajari dan juga bagi masyarakat secara keseluruhan.

Melalui pendidikan dan pembelajaran, sobat cahayaislam memberdayakan individu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan mereka. Dengan demikian, secara otomatis bakal membuka peluang baru bagi mereka untuk mencapai kesuksesan dan kemandirian dalam hidup. Disisi lain, Dengan membantu orang belajar, kita turut andil menyebarkan ilmu dan pengetahuan. Yang pada akhirnya dapat menginspirasi dan memberi dorongan bagi mereka untuk terus belajar dan berkembang. Pengetahuan yang diteruskan kepada orang lain dapat terus mengalir dan memberikan manfaat kepada banyak orang di masa depan. Sounds like amal jariyah right?

Berbagi & Membantu Belajar adalah Andil Membangun Masyarakat dengan Kualitas Hidup yang Baik, dan Tentu Akhlak yang Baik

Pendidikan adalah kunci untuk meningkatkan kualitas hidup. Dengan membantu orang belajar, sobat cahayaislam membuka pintu untuk peningkatan akses mereka terhadap pekerjaan yang lebih baik. Dalam artian pendapatan yang lebih tinggi, kesehatan yang lebih baik, dan kehidupan yang lebih bermakna secara keseluruhan.

Individu yang dididik dengan baik cenderung menjadi kontributor yang lebih produktif dan bertanggung jawab dalam masyarakat. Dengan membantu orang belajar, sobat berpartisipasi aktif dalam membangun masyarakat yang lebih terdidik, toleran, dan maju.

Beberapa Cara atau Metode untuk Membantu Orang Lain untuk Belajar?

Sampai sini sobat cahayaislam udah tahu kan manfaat dan konsep kaitan membantu pembelajaran dan amal jariyah. Berikutnya muncul pertanyaan: Gimana caranya? Apakah kita harus jadi Guru? – Well, kita juga udah rangkum beberapa cara yang sobat cahayaislam bisa lakuin untuk mewujudkan itu. Tinggal pilih aja mana yang cocok di hati dan paling pas untuk sobat coba.

Cara Paling Basic: Jadi Mentor atau Tutor

Cara paling standar yang bisa sobat lakuin adalah jadi guru, pengajar atau mentor. Jadi kebayang nggak gimana mulia nya seorang guru di mata Allah? Dalam beberapa kasus guru memang tidak bergaji besar, tapi secara pahala, jika dia berniyat tulus dan karena Allah dalam mengajari murid muridnya. Maka betapa besar pahalanya bukan? Tapi nggak perlu melulu harus berprofesi guru ya sobat. Soba cahayaislam bisa ambil peran sebagai mentor atau tutor bagi seseorang yang ingin belajar sesuatu yang kamu kuasai. Berikan bimbingan, dorongan, dan dukungan yang diperlukan untuk membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Intinya jangan pelit pelit ilmu gitu lah ya.

Bikin Kelompok Diskusi & Berbagi Sumber Belajar

Seharusnya sobat cahayaislam bisa memiliki circle yang berminat pada satu hal khusus. Misal di bidang bisnis atau bidang teknologi dan lainnya. Ide nya adalah bikin aja kelompok diskusi untuk belajar bareng. Sobat cahayaislam bisa bikin atau join dan jadi pembicara Organisasi kelompok belajar atau diskusi di komunitas Anda untuk membantu orang-orang saling belajar dan bertukar pengetahuan. Hal ini juga menciptakan lingkungan yang mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan bersama.

Misalnya pun sobat belum bisa menjadi pembicara disitu. Paling tidak bisa saling berbagi sumber ilmu ya. Bagikan sumber-sumber belajar yang bermanfaat, seperti buku, artikel, video, atau sumber-sumber online yang relevan dengan topik yang ingin dipelajari dalam komunitas tersebut. Bantu mereka menemukan materi yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman mereka.

Memberikan Akses Pembelajaran + Dukungan Emosional untuk Orang lain Bisa jadi Pilihan

Ada banyak banget LSM yang bantu penyaluran dana untuk menyediakan akses pendidikan untuk orang yang membutuhkan. Sobat cahayaislam bisa coba jadi anak asuh, dengan menyisihkan sedikit rezeki untuk adik adik kita yang membutuhkan pendidikan misalnya. Bantu mereka yang kurang mampu untuk mengakses pendidikan yang lebih baik dengan menyediakan bantuan finansial, sumber daya. Atau misalnya masih belum mampu, sobat bisa bantu menyediakan informasi tentang beasiswa atau program pendidikan gratis untuk mereka. Se kreatif kita aja gitu.

Jalan lainnya adalah dengan memberikan dukungan emosional untuk mendorong orang lain agar semangat belajar. Seringkali, belajar sesuatu yang baru bisa menjadi tantangan yang menakutkan atau melelahkan. Berikan dukungan emosional kepada mereka yang belajar, dorong mereka untuk tetap gigih dan percaya diri meskipun menghadapi kesulitan. Nah, solutif kan.

Mengajari Keterampilan Praktis dan Memberikan Feedback yang Konstruktif

Jadi, ada beberapa jenis ilmu yang bisa seseorang pelajari. Ada banyak pula cara dan tipe bagaimana orang bisa belajar suatu hal. Ada beberapa orang yang prefer belajar praktis dan banyak praktik. Dalam hal ini, bila sobat cahayaislam memiliki ilmu yang demikian, bisa jadi alternatif lain. Ajarkan keterampilan praktis yang dapat meningkatkan kehidupan sehari-hari seseorang. Seperti contohnya keterampilan komputer, keuangan pribadi, keterampilan komunikasi, atau keterampilan kerajinan tangan dan lain lain.

Setelahnya, sepanjang pembelajaran keterampilan itu, tentu sobat perlu memberikan masukan yang membangun. Berikan umpan balik yang konstruktif kepada mereka yang sedang belajar untuk membantu mereka memperbaiki pemahaman dan keterampilan mereka. Dorong mereka untuk terus berkembang melalui kritik yang membangun.

***

Pada akhirnya, semua kembali pada diri kita. Dari banyaknya cara yang bisa kita tempuh untuk membantu orang lain untuk belajar. Kita harus menanamkan pada diri kita bahwa mencari ilmu itu haruslah berkesinambungan dan sepanjang hidup. Mulai dari diri sendiri, kemudian ajak orang lain untuk mengadopsi sikap pembelajaran seumur hidup. Yang berarti terus-menerus mencari kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri mereka sendiri. Semoga Bermanfaat

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY