Menggalang Dana Sebagai Sarana Amal Jariyah dan Kemaslahatan Umat

0
29
Menggalang Dana Sebagai Sarana Amal Jariyah dan Kemaslahatan Umat

Menggalang Dana – beberapa waktu belakangan ceritanya ada tetangga kantor tim cahayaislam yang sedang mendapat ujian musibah dari Allah. Anaknya mengalami kecelakaan dan harus di operasi dengan biaya yang cukup mahal. Sedangkan kepala keluarga dari anak itu hanya buruh pabrik furniture yang memiliki upah minim. Jadi kita berinisiatif bersama majelis setempat untuk mengadakan Tali asih. Kegiatan itu kita lakukan Door to Door untuk mengumpulkan dana seikhlasnya dari warga sekitar untuk membantu pengobatan anak tersebut. Alhamdulillah, hal itu oleh masyarakat tanggapi dengan penuh antusias. Bersyukur kita masih hidup di Indonesia yang warganya sangat ramah dan tak bimbang untuk saling membantu sesama.

Setelah semua selesai, alim ulama majelis setempat bersyukur dan berharap kegiatan seperti ini bisa dengan tanggap kita lakukan. Karena ada unsur kebajikan dan amal jariyah di dalamnya. Menurut alim ulama, Menggalang dana untuk kegiatan sosial merupakan amal jariyah karena dampaknya dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang kepada orang-orang yang membutuhkan. Alasannya karena tidak hanya di rekomendasikan oleh Rasulullah untuk bantu sesama ada beberapa hal juga yang ada di dalam kegiatan positif ini.

Menggalang Dana Dapat Meringankan Penderitaan Sesama, Sarana Berbagi Berkah dan Memungkinkan Keberlanjutan

Prinsip dari Penggalangan dana itu sendiri sebenernya adalah untuk meringankan beban penderitaan orang lain. Dana yang terkumpul dapat digunakan untuk membantu meringankan penderitaan orang-orang yang membutuhkan, seperti mereka yang menderita sakit, kekurangan gizi, atau kekurangan tempat tinggal. Seperti yang kita lakukan untuk tetangga kantor kami itu. Dimana, Dana yang terkumpul kita gunakan untuk menyediakan akses terhadap layanan kesehatan yang lebih baik. Pembiayaan prosedur kesehatan yang menjadi lebih ringan.

Selain untuk kesehatan, bisa juga kok untuk hal lain. Misal dalam rangka pendidikan. Dana yang terkumpul dapat digunakan untuk mendukung pendidikan anak-anak yang kurang mampu, memberikan akses kepada mereka untuk meraih mimpi mereka melalui pendidikan yang layak. Ketika sobat menggalang dana dan memberikan sumbangsih. Sebat berbagi rezeki dengan orang lain. Setiap manfaat yang diperoleh oleh orang yang dibantu juga akan menjadi bagian dari amal baik jariyah yang akan Malaikat Allah catat.

Bahkan, jika kegiatan itu rutin dilakukan dan bisa di kelola dengan baik. Dana yang terkumpul dapat digunakan untuk mendirikan program-program sosial atau lembaga amal yang dapat terus berjalan dan memberikan manfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan, bahkan setelah Sobat tidak lagi aktif terlibat secara langsung. Sesuai dengan prinsip amal jariyah bukan?

Dengan demikian, menggalang dana untuk kegiatan sosial tidak hanya memberikan bantuan langsung kepada orang-orang yang membutuhkan, tetapi juga menciptakan dampak positif yang dapat dirasakan oleh generasi-generasi mendatang, menjadikannya sebagai bentuk amal jariyah yang bernilai.

***

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah tentang bagaimana caranya? Menggalang dana untuk membantu sesama dan kepedulian sosial bisa kita lakuin dengan berbagai cara yang kreatif dan efektif. Berikut adalah beberapa langkah yang sudah tim cahayaislam rangkum. Mungkin masih kurang sih, tapi bisa sobat coba.

Menggalang Dana dengan Platform Online & Sistem Subscribtion

Sobat cahayaislam bisa menyelenggarakan acara penggalangan dana seperti konser amal, bazar amal, pesta amal, atau lomba amal. Pastikan untuk mengkomunikasikan tujuan acara dengan jelas kepada peserta dan menjelaskan bagaimana dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu sesama. Lebih baik lagi jika program yang diusung lebih spesifik.

Manfaatkan platform penggalangan dana online. Contohnya kayak Kitabisa yang paling banyak di Indonesia. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan kampanye penggalangan dana yang dapat diakses oleh banyak orang. Buatlah cerita yang menginspirasi dan sampaikan dengan jelas tujuan sobat dalam menggalang dana. Tapi perlu di garis bawahi juga ya, soalnya banyak orang yang menggunakan platform seperti ini untuk hal selain sosial. Bahkan ada yang membuat cerita palsu untuk memperkaya diri. Jadi pastikan semuanya jelas.

Buatlah program keanggotaan atau langganan di mana orang dapat berlangganan untuk mendukung secara teratur dengan pembayaran bulanan atau tahunan. Ini memungkinkan orang untuk berkontribusi secara berkelanjutan dan membantu memastikan ketersediaan dana yang stabil. Nah kalo ini sobat perlu juga mempertimbangkan hal hal yang berkaitan dengan izin dan legalitas untuk tujuan memperkuat secara hukum.

Mengorganisirs Lelang Amal, Kegiatan Amal Bersama dari Acara Lelang Hingga Seminar Kebajikan

Ajak teman, keluarga, atau anggota komunitas. Bisa mulai dari circle sobat sendiri untuk bergabung dalam aksi amal bersama seperti penggalangan dana berjalan, aksi relawan, atau program-program sosial lainnya. Semakin banyak orang yang terlibat, semakin besar dampak yang dapat kita capai. Kegiatan filantropis seperti ini banyak diadakan di kota kota besar dengan dibarengi acara keakraban seperti arisan dan sejenisnya.

Selain itu, Lelang amal bisa menjadi cara yang bagus untuk mengumpulkan dana dengan menyediakan barang-barang atau jasa yang dapat dilelang kepada yang tertinggi. Ajak orang untuk menyumbangkan barang atau jasa yang berkualitas dan menarik untuk dilelang. Sobat cahaya islam juga bisa Selenggarakan konferensi atau seminar yang fokus pada isu-isu sosial dan kemanusiaan, dan minta para peserta untuk memberikan sumbangan sebagai bagian dari pendaftaran acara.

Mengumpulkan Dana melalui Kampanye Sosial Media atau Bekerjasama dengan CSR Perusahaan

Gunakan kekuatan media sosial untuk mempromosikan kampanye penggalangan dana. Buatlah konten yang menarik dan berbagilah cerita inspiratif untuk mendapatkan dukungan dari jaringan sosial sobat cahayaislam. Opsi lainnya adalah sobat bisa ajukan proposal kepada perusahaan atau organisasi yang memiliki program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk mendukung proyek-proyek kemanusiaan atau sosial yang sobat ajukan.

Dalam menggalang dana, pastikan untuk transparan dalam menggunakan dana yang terkumpul dan memberikan laporan secara berkala kepada para donatur tentang kemajuan dan hasil yang dicapai. Ini akan membantu membangun kepercayaan dan memperoleh dukungan yang lebih besar di masa depan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY