Membangun Kekompakan Dalam Karang Taruna: Wujud Andil Pemuda Terapkan Hablum Minannas dalam Masyarakat

0
16
Membangun Kekompakan Dalam Karang Taruna Wujud Andil Pemuda Terapkan Hablum Minannas dalam Masyarakat

Karang Taruna – Siapa dari sobat pemuda cahayaislam disini yang ikut gabung Karang Taruna di lingkungan tempat tinggalnya? Agaknya memang kegiatan organisasi di rukun warga ini udah jarang banget kedengeran ya? Terutama di kalangan gen z yang jarang keluar rumah dan lebih memilih menghabiskan waktu buat rebahan di rumah kan. Tapi, siapa sangka ikut aktif dalam kegiatan karang taruna ini bisa jadi media yang oke untuk menerapkan ajaran Rasulullah yakni Hablum minannas lho! Gimana tuh?

Yuk Kenalan Dulu sama Apa itu Karang Taruna dan Fungsinya?

Sebelum kita ulas lebih jauh soal integrasi dan interkoneksinya dengan hablum minannas, kita musti tahu dulu dong ya. Sebenernya apa sih Organisasi ini? – Well, Karang Taruna itu sendiri adalah organisasi kepemudaan di Indonesia yang dibentuk oleh para pemuda dan pemudi yang memiliki tujuan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat, khususnya di tingkat desa atau kelurahan. Organisasi ini biasanya beranggotakan pemuda dan pemudi usia remaja hingga dewasa muda. Tapi biasanya ada perangkat desa atau tetua yang dijadikan sebagai penasihat ataupun pengawas Organisasi ini.

Organisasi pemuda ini punya beberapa fungsi penting dalam masyarakat. Diantaranya adalah (1) Pemberdayaan Pemuda (2) Penyelenggara Sosialisasi, Pelatihan dan Pendidikan di Masyarakat (3) Pengabdi masyarakat sekaligus pengawas dan pengendali sosial kemasyarakatan (4) Memiliki fungsi pembinaan, pengembangan bakat dan kreativitas pemuda pemudi di Masyarakat.

Secara keseluruhan, Karang Taruna memiliki peran yang sangat penting dalam membangun dan memajukan masyarakat, terutama dalam hal pembinaan pemuda dan pemudi agar menjadi generasi yang berdaya saing dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Mengapa Ikut Aktif dalam Karang Taruna Penting untuk Muslim Menerapkan Hablum Minannas?

Partisipasi aktif dalam Karang Taruna dapat menjadi penting bagi seorang Muslim dalam rangka menerapkan konsep hablum minannas, atau hubungan yang baik dengan sesama manusia, karena hal ini sejalan dengan ajaran dan nilai-nilai Islam yang mendorong kebaikan, tolong-menolong, dan kepedulian terhadap sesama. Tim Cahayaislam udah rekap beberapa alasan mengapa hal ini penting juga untuk kita sebagai Muslim lakukan. Check it out! Berikut adalah beberapa alasannya.

Andil Karang Taruna Gugurkan Kewajiban Sosial dan Kemanusiaan Kita dalam Bentuk Solidaritas Umat

Rasulullah dalam ajaran Islam mengajarkan pentingnya berbuat baik kepada sesama dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Partisipasi dalam Karang Taruna memberikan kesempatan kepada seorang Muslim untuk menunaikan kewajiban sosialnya dengan cara yang terstruktur dan berkelanjutan. Islam dalam Al Quran dan Sunnah banyak kali mendorong umatnya untuk mengutamakan kemanusiaan dalam berinteraksi dengan sesama. Dengan ikut aktif dalam Karang Taruna, seorang Muslim dapat memberikan bantuan dan dukungan kepada mereka yang membutuhkan, baik itu dalam bentuk materi, tenaga, maupun waktu.

Kuncinya disini adalah sobat cahaya islam terjun dalam solidaritas umat. Dengan bergabung dalam Karang Taruna, seorang Muslim dapat memperluas jaringan sosialnya dan memperkuat solidaritas dengan sesama anggota masyarakat. Terlebih bila mayoritas penduduk dan pemuda di daerah itu adalah muslim. Namun bila tidak pun, Tentunya tanpa memandang perbedaan agama, suku, atau latar belakang lainnya sih, yang bisa sekaligus mengajari kita soal toleransi. Hal ini sesuai dengan ajaran Islam yang mengajarkan persaudaraan seiman dan persaudaraan kemanusiaan.

Lewat Organisasi Pemuda ini Kita bisa Membangun dan Membina Tidak Hanya Karakter diri, Tapi Juga Masyarakat

Aktivitas dalam Karang Taruna dapat membantu seorang Muslim dalam pembinaan karakter dan akhlak yang baik. Sseperti sikap bertanggung jawab, kepemimpinan yang adil, kerja sama tim, dan kejujuran. Semua nilai-nilai ini sesuai dengan ajaran Islam tentang kebaikan dan moralitas. Di sisi lain, Islam juga menekankan pentingnya pembangunan masyarakat yang adil, sejahtera, dan berkeadilan. Nah, Karang Taruna merupakan wadah yang dapat digunakan oleh seorang Muslim untuk berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Dalam beberapa organisasi pemuda ini, kita banyak juga nemu kegiatan kegiatan mereka juga bekerja sama dengan Majelis dan Masjid di kampung mereka. Karena Notabene mayoritas disana pemeluk islam, maka kegiatan dan prakarsa aktivitas Karangtaruna disana sejalan dengan pengembangan karakter yang islami. Syahdu banget pokoknya deh.

Wadah Pengembangan Potensi Lokal Serta Sarana Dakwah yang Oke

Karang Taruna dapat membantu mengembangkan potensi lokal di masyarakat, seperti mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pengusaha kecil, mengorganisir acara budaya untuk mempromosikan seni dan tradisi lokal, atau mendukung produksi dan pemasaran produk-produk lokal. Dengan demikian, mereka memperkuat hubungan antara anggota masyarakat dan memajukan ekonomi lokal.

Nggak cuma itu aja sih. Karena Organisasi Pemuda ini berfungsi sebagai kontrol sosial. Sobat bisa menggunakan momentum dalam kegiatan ini untuk beramar ma’ruf. Lakukan dakwah kebaikan dengan mengajak para generasi muda di daerah anda untuk berbuat kebaikan. Banyak ajakan baik yang sobat bisa usung dalam organisasi ini dalam masyarakat. Misalnya meningkatkan kepedulian sesama rukun warga. Atau memberikan himbauan untuk turut serta meramaikan masjid. Dan masih banyak lagi. Tinggal gimana kreatif nya kita aja gitu.

***

Last but not least. Dengan demikian, partisipasi aktif dalam Karang Taruna dapat menjadi sarana bagi seorang Muslim untuk menerapkan prinsip-prinsip hablum minannas dalam kehidupan sehari-harinya, serta menjadikan kontribusinya sebagai bagian dari ibadah dan amal kebaikan yang dianugerahkan oleh Allah. Semoga kita termasuk hamba Allah yang senantiasa bisa menciptakan dan menyebarkan kebaikan untuk sesama. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY