Motivasi Kerja Keras dari Al-Qur’an dan Hadits

0
72
Motivasi Kerja Keras dari Al Quran dan Hadits

Motivasi Kerja Keras – Dalam Islam, kerja termasuk ibadah yang mulia. Dengan kerja, kita bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga serta menyisihkan harta untuk beramal di jalan Allah. Dalam bekerja, kita tidak boleh malas-malasan. Bahkan, ada beberapa hadits dan ayat Al-Qur’an yang mengisyaratkan umat muslim untuk bekerja keras.

Motivasi Kerja Keras dalam Q.S. At-Taubah Ayat 105

Allah memerintahkan manusia untuk bekerja guna mencari rezeki, baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Perhatikan penggalan ayat Al-Qur’an di bawah ini:

 اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ 

“Bekerjalah kalian, maka Allah akan melihat pekerjaan kalian.” (1)

Ayat di atas dengan jelas memerintahkan kita untuk bekerja. Pasalnya, kerja adalah sebagai perantara Allah dalam memberikan rezeki-Nya kepada umat manusia. Meski Allah-lah yang memberi rezeki, tapi bukan berarti kita hanya menunggu tanpa usaha.

Dalam ayat ini, bekerja adalah perintah Allah. Jadi, bekerjalah dengan niat karena Allah. Maka, selain mendapatkan hasil dari pekerjaan, sobat Cahaya Islam juga akan mendapatkan Ridha dan pahala dari Allah.

Hadits Tentang Keutamaan Makan dari Hasil Kerja Keras Sendiri

Tak banyak orang yang lebih memilih berpangku tangan dan mengandalkan orang lain untuk memberinya rezeki. Padahal, hasil kerja keras sendiri adalah rezeki yang paling baik. Sebagaimana hadits Nabi berikut:

‏ مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا قَطُّ خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ

“Tak ada seseorang yang makan satu makanan pun yang lebih baik dari makanan hasil usaha tangannya (kerja keras) sendiri.” (2)

Jadi, mulai lah bekerja keras dan jangan mengandalkan belas kasihan orang lain. Pasalnya, hasil kerja keras sendiri akan lebih berkah dan terasa lebih memuaskan.

Misalnya, seseorang yang mendapatkan warisan banyak dari orangtuanya bisa saja hidup dengan harta warisan tersebut. Namun, dengan ia tetap bekerja keras, hasilnya akan lebih berkah. Hati pun akan lebih lega karena dapat merasakan hasil jerih payahnya sendiri.

Hadits Tentang Semangat Mencari Rezeki

Kunci dari bekerja keras adalah semangat. Agar semangat bekerja, hendaknya kita tidak malas-malasan. Dalam hal ini, Rasulullah bersabda:

 احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ 

“Bersemangatlah melakukan hal yang bermanfaat untukmu, dan mintalah tolong kepada Allah, serta janganlah engkau malas.” (3)

Selain menyuruh kita untuk bersemangat dan melarang bermalas-malasan, hadits ini juga menyuruh kita untuk tidak lupa minta tolong atau berdoa kepada Allah. Pasalnya, bekerja keras tanpa berdoa adalah sebuah kesombongan.

Maka, berdoa adalah bukti bahwa kita ingat Allah sebagai dzat yang memberi rezeki. Intinya, kerja keras adalah wajib. Tapi, doa harus senantiasa mengiringi kerja keras.


Referensi:

(1) Q.S. At-Taubah Ayat 105

(2) Sahih al-Bukhari 2072

(3) Sahih Muslim 2664

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY