Catat! 3 Tips Menghidupkan Malam Ramadhan

0
92
malam ramadhan

Malam Ramadhan – Setiap aktivitas yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan diberikan bonus oleh Allah SWT, termasuk menghidupkan malam ramadhan. Walaupun umat muslim di dunia hampir seluruhnya ada di masa pandemi, namun hal itu tidak menyurutkan kaum muslimin untuk tetap beribadah dan bekerja seperti biasa.

Sobat Cahaya Islam, menghidupkan malam ramadhan bukanlah sesuatu yang mudah. Pasalnya, sebelum ramadhan hadir di tengah umat muslim, sebagian lainnya masih menjadikan malam sebagai waktu istirahat total.

Bagaimana agar Malam Ramadhan dapat Dihidupkan secara Istimewa?

Sebagian ulama’ seringkali mengabarkan kepada Sobat Cahaya Islam, bahwa terdapat keistimewaan bagi siapapun yang senantiasa khusyuk menghidupkan malam ramadhan. Namun, hal ini tidak boleh dijadikan hanya sekedar menghidupkan, lantas tidak melakukan ibadah. Malah fakta yang sering terjadi lainnya, kebanyakan menjadikan malam ramadhan untuk menonton drama dan film.

Hal tersebut sungguh sangat disayangkan bukan? Pasalnya, malam istimewa ini hanya datang selama sebulan dalam setahun. Tak banyak yang dapat memanfaatkannya dengan baik. Seharusnya malam bulan mulia tersebut dijadikan sebagai ajang latihan untuk mengupgrade diri.

Tips Hidupkan Malam Bulan Mulia

Setelah memahami urgensitas untuk menghidupkan malam tersebut, selayaknya sobat cahaya Islam menyusun strategi. Hal ini bermaksudkan agar target Ramadhan dapat tercapai secara maksimal. Lantas, apa saja yang bisa sobat lakukan?

1.      Buat Rutinitas Malam

Sebagian sobat cahaya islam mungkin lebih mengenali batas waktu tidur manusia dewasa kurang lebih sekitar 5 – 6 jam. Hal ini belum tentu bisa di benarkan. Sebenarnya, terdapat penelitian terbaru yang juga menyebutkan bahwa batas usia tidur malam dapat di lakukan dalam durasi dua jam saja. Siapa yang bisa melakukan? Ada tips keseharian Rasulullah yang bisa di tiru.

Malamnya sang utusan mulia ini memang di gunakan untuk tidur malam sejenak, namun tidak sampai pagi. Bahkan Rasulullah bangun di waktu dini hari. Jadi, mulailah untuk membuat trial and error terlebih dahulu untuk menentukan batas jam tidur terbaru. Coba di rentan durasi selama 3 jam. Ketika bangun, isilah dnegan kegiatan ibadah semacam shalat tahajud dan tilawah.

2.      Gabung Komunitas Sholih/ah

Selain membuat schedule untuk diri sendiri, cobalah untuk mencari wadah yang ikut menghidupkan malam di bulan ramadhan. Mengapa? Hal ini sangat penting sekali. Adanya sebuah jamaah dapat mendorong personal untuk melakukan hal – hal yang tak bisa di lakukan sendiri.

Selain itu, adanya komunitas ini juga dapat menjadikan diri tidk merasa sendiri menghidupkan ramadhan. Saat diri sedang lelah ataupun merasa bosan dengan rutinitas kebaikan, maka ada komunitas yang senantiasa mengingatkan untuk kembali pada jalur yang benar.

3.      Sering Muhasabah

Muhasabah atau mengevaluasi diri adalah hal terpenting yang harus sobat lakukan sebagai kaum muslimin. Kebanyakan diri mungkin sering merasa tidak pernah bersalah ketika melakukan kesalahan, maka tips terbaik untuk memperbaiki hati adalah dengan muhasabah.

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi beberapa langkah yang bisa sobat lakukan jika siap menghidupkan malam ramadhan. Sayang sekali bukan, jika malam – malamnya berlalu begitu saja. Berhentilah menunda target yang ingin sobat capai dalam bulan Ramadhan. Jangan sampai diri megalami penyesalan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY