Hati – Hati! Ideologi Satanis Udah Menjamur di Indonesia, Apa yang Perlu Kita Lakukan?

0
213
Hati - Hati Ideologi Satanis Udah Menjamur di Indonesia, Apa yang Perlu Kita Lakukan

Ideologi satanis – Agak shock sih, soalnya beberapa waktu yang lalu tim cahayaislam yang cukup aktif di youtube sering menemukan video trending yang bertemakan satanisme. Ternyata oh ternyata ideologi ini sudah menyebar dan merasuk ke dalam pikiran generasi muda Indonesia. Yang ditargetkan oleh sekte mereka adalah para anak anak muda yang memang sedang gelisah mencari jati diri. Lebih mudah lagi mereka menghasut anak anak muda yang kurang mendapatkan perhatian orang tua. Miris sih ini.

Pertanyaan yang jelas harus kita lontarkan sebagai muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah adalah: Sudah seberapa jauh islam kita mengantisipasi hal ini? Menangani atau mengatasi ideologi satanis dari perspektif Islam melibatkan pendekatan yang bijaksana dan sesuai dengan ajaran Islam. Ideologi satanis bertentangan dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam, sehingga diperlukan pendekatan yang penuh pengertian, edukasi, dan dakwah untuk membantu individu yang terpengaruh olehnya.

Pendidikan islam Kuat yang Berbasis Dakwah dan Teladan Riil untuk Halau Ideologi Satanis

Allah SWT berfirman:

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ ۚ إِنَّ ٱلسَّمْعَ وَٱلْبَصَرَ وَٱلْفُؤَادَ كُلُّ أُو۟لَٰٓئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْـُٔولًا

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” Surat Al-Isra’ ayat 36.

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi ideologi satanis adalah melalui pendidikan dan pengetahuan yang kuat tentang ajaran Islam. Masyarakat harus diberikan pemahaman yang benar tentang keyakinan, nilai-nilai, dan prinsip-prinsip Islam.

Namun, bila hanya sekedar pengetahuan basis saja. Mungkin hal itu tidak akan cukup. Pendidikan kuat yang memiliki core dakwah dan teladan adalah yang maksimal. Menyebarkan dakwah yang benar dan memberikan contoh positif dalam kehidupan sehari-hari adalah cara penting untuk mengatasi ideologi yang salah. Menggunakan kesempatan untuk menjelaskan prinsip-prinsip Islam dan mengajak individu untuk memahami kebenaran adalah langkah yang perlu diambil.

Mengajari Skill Critical Thinking dan Menyediakan Ruang Diskusi anak Muda Islam

Dalam hal ini, tim cahayaislam percaya bahwa sejak dulu Rasulullah dan para sahabat membangun islam mulai dari majelis. Beliau baginda Rasulullah duduk bersama sahabat dan kaum muslim untuk membicarakan banyak hal. Menyediakan ruang diskusi terbuka untuk membicarakan tentang ideologi satanis dan bagaimana ajaran Islam menyikapinya dapat membantu memberikan pemahaman yang lebih baik. Diskusi yang penuh pengertian dan bukan pertentangan bisa membuka pintu bagi individu untuk merenungkan kembali keyakinan mereka.

Di sisi lain, secara tidak langsung ketika majelis yang kita bangun untuk anak anak muda penerus islam memberikan angin segar pada diskusi. secara otomatis skill berpikir kritis akan merekah disana. Majelis ini tentunya akan membantu tiap individu di dalamnya untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis adalah cara lain untuk membantu mereka melihat ideologi satanis dari sudut pandang yang lebih luas dan kritis.

Keluarga dan Lingkungan yang Mendukung Generasi Muda Jauh dari Ideologi dan Sekte Sesat Harus Digalakkan

Kehidupan Keluarga dan lingkungan yang mendukung dan stabil dapat membantu individu terhindar dari pengaruh ideologi negatif. Memberikan dukungan emosional dan spiritual dalam lingkungan yang positif adalah langkah penting dalam melindungi individu dari ideologi yang salah. Bahkan pun bila kita mengenal seseorang dari muslim yang terpengaruh oleh ideologi satanis, memberikan nasihat dengan lemah lembut dan kasih sayang bisa membantu membuka mata mereka terhadap nilai-nilai yang lebih baik. itulah wujud lingkungan yang mendukung kepada surga Allah.

***

Penting untuk diingat bahwa mengubah keyakinan seseorang adalah proses yang kompleks dan memerlukan waktu. Maka dari itu, pendekatan yang penuh pengertian, kesabaran, dan edukasi adalah kunci dalam mengatasi ideologi satanis dan membantu individu kembali ke jalan yang benar menurut ajaran Islam. Semoga kita selalu dilindungi dari hal hal yang menjauhkan kita dari ajaran Allah ya. Aamiin

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY