Mengenal Sosok Imam Mahdi, Pemimpin Akhir Zaman

0
1431
Imam Mahdi

Imam Mahdi – Sebagai umat muslim, kita perlu mengimani hari akhir. Termasuk kemunculan Imam Mahdi sebagai pemimpin akhir zaman kelak, yang akan muncul menjelang hari akhir.

Nabi sendiri sudah menjelaskan pada umat manusia tentang ini, melalui sebuah hadits.

“Dunia ini tidak akan sirna hingga seorang pria dari keluargaku yang namanya sama dengan namaku (yaitu Muhammad) menguasai Arab.”(HR. Tirmidzi no. 2230)

Sobat, pasti penasaran dengan sosok pemimpin akhir zaman. Untuk itu, pada artikel kali ini akan kita bahas tentang Imam Mahdi.

Fakta tentang Imam Mahdi

Dalam pembahasan kali ini, akan kita bahas mengenai identitas, ciri-ciri fisik, serta apa-apa saja yang bersangkutan dengan pemimpin akhir zaman ini.

1.       Identitas dan ciri-ciri fisik Imam Mahdi

Imam Mahdi memiliki nama yang sama dengan Rasulullah yakni, Muhammad bin Abdullah.  ia juga merupakan ahli bait dari Rasulullah. Sosok pemimpin akhir zaman ini memiliki ciri fisik dahi yang lebar, berhidung mancung, dan wajahnya memberikan ketenangan.

“Al-Mahdi dari keturunanku, dahinya lebar, hidungnya mancung. Dia akan memenuhi bumi dengan keadilan, sebagaimana bumi telah dipenuhi dengan kezaliman dan kekejaman sebelumnya. Dia akan berkuasa selama tujuh tahun”. (Sunan Abi Daud, no. 3736).

Ia akan membawa kedamainan, keadilan setelah banyaknya kedzaliman dan masalah di muka bumi ini.

2.       Kedatangannya setelah Dajjal

Imam Mahdi akan muncul setelah kedatangan Dajjal. Seperti Sobat ketahui, Dajjal akan menebarkan fitnah besar di muka bumi selama 40 hari. Banyak fitnah-fitnah besar yang ia tebarkan dimuka bumi.

Hal ini bertujuan untuk menyesatkan umat manusia dan menjadikan mereka sebagai pengikutnya. Hanya ada dua tempat yang tidak bisa Dajjal kunjungi yakni, Mekkah dan Madinah.

Imam Mahdi

Ketika huru-hara semakin menyebar dan kerusakan iman semakin meraja lela, maka saat itulah Imam Mahdi datang. Ia menjadi pemimpin yang membawa keadilan serta kesejahteraan bagi umat manusia.

“Dari Abu Said al-Khudri, Rasulullah saw bersabda: “Imam Mahdi akan keluar dari generasi akhir umatku. (Di saat pemerintahannya) Allah swt menurunkan banyak hujan, dan bumi mengeluarkan banyak tumbuhan. Dia memberikan harta dengan adil, hewan ternak menjadi banyak, dan umat manusia menjadi mulia. (al-Hakim dalam kitabnya “al-Mustadrak”, no: 8673, ia mengatakan: Hadis ini sanadnya sahih, dan disepakati oleh imam al-Zahabi).

3.       Kedatangannya diikuti Nabi Isa

Sobat, orang yang akan membunuh Dajjal di akhir zaman nanti adalah nabi Isa AS. Sebelum kedatangan nabi Isa, dia datang terlebih dahulu. Keduanya akan melaksankan sholat bersama-sama sebelum menaklukan kekuasaan Dajjal.

4.       Munculnya Yajuj dan Majuj

Menjelang akhir zaman juga akan muncul makhluk perusak di bumi, Yajuj dan Majuj. Kehadiranya sudah Allah sebutkan dalam surah Al-Kahfi. Makhluk ini memilki perawakan yang tinggi besar, dan akan merusak apa saja yang ia lewati.

5.       Memimpin selama 7-8 tahun

Dia akan menjadi pemimpin di muka bumi selama 7-8 tahun lamanya. Ia akan memimpin dengan adil serta memberikan kesejahteraan yang merata. Ya, seperti sosok pemimpin yang kita impi-impikan selama ini.

6.       Memiliki 3 tugas utama

Turunnya Imam Mahdi ke muka bumi atas perintah Allah, untuk melakukan tugas-tugas utamanya.

  • Tugas pertama, Ia bertugas untuk menghancurkan seluruh filsafat-filsafat yang mengingkari kebenaran dan kekuasaan Allah.
  • Tugas kedua, Imam Mahdi harus memerangi takhayul. Kemudian harus membebaskan umat muslim dari penindasan karena dianggap telah menyimpangkan agama. Ia juga harus melaksankan akhlak islam yang sebenarnya, berdasarkan kepada aturan dalam Al-Qur’an.
  • Memperkuat islam, selanjutnya bertugas untuk memperkuat agama islam di dunia ini. Hal tersebut meliputi politik, sosial, dan ekonomi.

 Kemudian juga akan mengembangakan keamanan, perdamaian, serta kesejahteraan dan memecahkan beragam masalah yang terjadi pada masyarakat.

Itulah informasi terkait Imam Mahdi , sosok pemimpin yang akan muncul pada akhir zaman nanti. Semoga bermanfaat bagi Sobat Cahaya Islam, Wallahu’alam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY