Bagaimana Cara Menyikapinya Berita HOAX Menurut Islam?

0
895

Berita HOAX – Kemajuan teknologi yang semakin canggih menjadikan segalanya serba mudah. Salah satunya, penyebaran informasi yang dapat viral hanya dalam hitungan menit. Namun, perlu diketahui setiap informasi yang muncul di media tidak sepenuhnya benar. Tidak seidkit Berita HOAX yang kerap membingungkan masyarakat. Berbagai dampak negatif muncul akibat adanya berita tipuan seperti hoax.

Berbagai informasi dikemas dengan judul yang provokatif senantiasa menjadi hal yang memicu perhatian para pembaa. Namun, Sobat Cahaya Islam, selaku umat yang senantiasa menjajaki ajaran Nabi Muhammad saw, hendaknya senantiasa tidak mudah terprovokasi dengan berita yang kebenarannya diragukan.

Cara Menyikapi Berita HOAX Menurut Pandangan Islam

Dunia maya kerap menjadi sorotan. Ragam media yang disuguhkan senantiasa memunculkan berbagai informasi yang unik dan menarik. Namun, tidak dapat dipungkiri, di antara informasi tersebut terdapat informasi yang hanya provokatif, tidak sesuai dengan fakta dan hanya tipuan semata. Lantas bagaimana Sobat Cahaya Islam menyikapinya dari sudut pandang Islam. Yuk simak informasinya!

1.   Senantiasa Menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah Sebagai Panduan

Kemunculan informasi HOAX hendaknya tidak memicu kerusakan serta perpecahan antar umat. Hal ini tentunya amat bertentangan dengan syariat Islam yang senantiasa mengajarkan persatuan dengan menguatkan tali persaudaraan antar sesama. Selaku umat Islam hendaknya senantiasa menjadikan Al-Qur’an dan sunnah sebagai panduan dalam kehidupan.

Setiap huruf yang terdapat dalam Al-Quran memiliki kandungan makna mendalam yang dapat memberikan pencerahan serta wawasan dalam kehidupan. Dengan memahami Al-Quran secara mendalam diharapkan untuk tidak terjebak dengan informasi HOAX yang tekstualitas dan terkesan kaku serta provokasi. Hindari pengambilan keputusan dengan emosional, tanyakan kepada ahlinya.

2.   Verifikasi Informasi yang Didapatkan

Selanjutnya, melakukan verifikasi terhadap informasi yang muncul. Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa melakukan tabayyun serta menghindari untuk membenarkan informasi yang muncul, jika kebenarannya belum pasti. Sebagaimana dijelaskan dalam Firman Allah swt dalam Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 6:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang Fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. (QS al-Hujurat:6)

Selain itu, dijelaskan pula dalam surat An-Nisa ayat 83:

وَإِذَا جَاءَهُمْ أَمْرٌ مِنَ الْأَمْنِ أَوِ الْخَوْفِ أَذَاعُوا بِهِ ۖ وَلَوْ رَدُّوهُ إِلَى الرَّسُولِ وَإِلَىٰ أُولِي الْأَمْرِ مِنْهُمْ لَعَلِمَهُ الَّذِينَ يَسْتَنْبِطُونَهُ مِنْهُمْ ۗ وَلَوْلَا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ لَاتَّبَعْتُمُ الشَّيْطَانَ إِلَّا قَلِيلًا

“Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya (memviralkannya). Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan ulil amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan ulil amri).

Tabayyun-kan informasi dengan para ahli, periksa dengan teliti. Apakah benar-benar fakta yakni sesuai dengan kebenaran yang dibuktikan dengan bukti tertentu. Bisa juga hanya sebuah opini yang merupakan tanggapan  seorang penulis terhadap tema yang diangkat.

3.   Bersikap Hati-Hati Terhadap Judul yang Memprovokasi

Berita HOAX, biasanya muncul dengan judul yang penuh provokatif. Hal ini tentunya menjadi salah satu daya tarik perhatian pembaca sehingga lebih sensasional. Namun, Sobat Cahaya Islam, selaku umat yang diajarkan untuk senantiasa tidak menyebarkan fitnah, maka berhati-hatilah terhadap judul yang provokatif.

Hindari membaca tulisan dengan judul sensasional, melainkan pilihlah bacaan dari situs resmi dengan informasi yang keasliannya terpercaya. Hal ini menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap pembaca, guna mendapatkan informasi yang akurat dan tepat.

4.   Lakukan Pengecekan Keasliannya

Selanjutnya, jika dirasa informasi yang diterima merupakan Berita HOAX, maka Sobat Cahaya Islam bisa melakukan pengecekan keasliannya. Jika informasinya disertai foto, laak keaslian foot tersebut. Teknologi yang semakin canggih memudahkan banyak orang untuk memanipulasi data, foto maupun video.

Untuk mengeeknya bisa dilakukan dengan bantuan Google Images dengan melakukan drag and drop. Selanjutnya, Google akan menampilkan gambar yang serupa yang bisa dibandingkan. Lalu, lihat dan amti perbedaannya. Selain itu, laak situs penyebar informasi, apakah merupakan situs resmi atau hanya situs abal-abal yang mencari sensasi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan Sobat Cahaya Islam dalam menyikapi Berita HOAX. Tetap hati-hati dengan informasi yang beredar, senantiasa melakukan tabayyun dengan ahlinya. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk terhindar dari tipu daya yang dapat memecah-belah umat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY