Inilah Amalan yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Doa Orang Tua yang Mustajab

0
2188

Kekuatan Doa Orang Tua – Dalam setiap urusan, Islam mengajarkan untuk senantiasa menyertai ikhtiar dengan doa. Diijabahnya doa bergantung pada beberapa hal.salah satu diantaranya, Doa Orang Tua kepada anak-anaknya. Hal ini diriwayatkan dalam beberapa hadits.

Kekuatan doa dari orang tua anak-anaknya amatlah mustajab. Oleh karena itu, Sobat Cahaya Islam hendaknya untuk senantiasa berbakti kepada orang tua. Mendoaknnya dalam setiap sujud pada Allah swt, baik yang masih ada maupun yang sudah tiada.

Amalan yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Doa Orang Tua yang Mustajab

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Doa Orang Tua menjadi salah satu doa yang mustajab. Sebuah doa yang tidak akan tertolak, sehingga senantiasa untuk menghormatinya dan menyayanginya.

Nah, Sobat Cahaya Islam, untuk mendapatkan kekuatan dari Doa Orang Tua ini, setiap anak hendaknya menghormati dan mengamalkan hal-hal berikut.

1.   Mencari Doa Kebaikan dari Orang Tua

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya celaka, kecuali mereka yang sudah tidak berakal. Untuk mendapatkan kebaikan dari orang tua, maka carilah kebaikan di antara mereka. Hal ini bisa didapatkan dengan senantiasa mendapatkan ridhanya dalam setiap urusan yang dilakukan.

Doa Orang Tua menjadi salah satu hal yang amat diangankan, sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah riwayat. Doa dari orang tua untuk anak-anaknya termasuk ke dalam doa mustajab. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. berikut.

ثلاثُ دَعَواتٍ لا تُرَدُّ : دعوةُ الوالدِ ، و دعوةُ الصائمِ ، و دعوةُ المسافرِ

“Artinya: “Ada tiga doa yang tidak tertolak: 1. doa orang tua (kepada anaknya). 2. orang orang yang berpuasa 3. doa orang yang sedang safar.”  (Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi dalam Sunan-nya no. 6619, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah)”

 Juga dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuRasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ يُسْتَجَابُ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ لِوَلَدِهِ

Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya.” (HR. Ibnu Majah no. 3862. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

2.   Cegahlah Orang Tua untuk Tidak Mendoakan Keburukan

Seperti yang disinggung sebelumnya, tidak ada orang tua yang ingin anaknya celaka. Namun, perlu diperhatikan, orang tua juga merupakan manusia biasa. Selaku anaknya, hendaknya untuk menjaga lisan agar tidak menyakiti hati dan perasaannya. Jika hatinya tersakiti, tidak menutup kemungkinan, orang tua bisa mengatakan hal-hal yang buruk. Na’udzubillah! Oleh karena itu, senantiasa perlakukan keduanya dengan penuh bakti dan kasih sayang.

3.   Menjaga Lisan

Kekuatan Doa Orang Tua yang mustajab ini menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Selaku orang tua hendaknya senantiasa menjaga lisan untuk terhindar dari ucapan buruk untuk anak-anaknya. Sebagaimana pepatah yang kerap disebutkan “Ucapan adalah Doa”. Maka dari itu, senantiasa mengatakan hal-hal yang baik untuk anak-anaknya.

Begitu pun dengan anak-anaknya yang harus menjaga lisan untuk tidak berkata kasar.

… فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنهَرهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَولًا كَرِيمًا‏

“…janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. (QS. Al-Isra: 23)”.

4.   Senantiasa Memberikan Kasih Sayang Kepada Orang Tua

Untuk mendapatkan Doa Orang Tua yang mustajab, Sobat Cahaya Islam hendaknya memberikan kasih sayang kepada orang tua. Lantas, kasih sayang yang diberikan pun bisa menyenangkan hati keduanya. Ketika rasa sayang mencuat, maka doa yang terucap dari orang tua pun tentunya mengharapakan kebaikan untuk anak-anaknya.

5.   Berusaha untuk Menjadi Anak yang Berbakti dan Shalih/Shalihah

Setiap orang tua senantiasa mengharapkan anak yang berbakti serta shalih dan shalihah. Hal ini pun bisa diusahakan oleh setiap anak guna mewujudkan apa yang diharapkan orang tua. Namun, perlu dicatat, kebaikan serta rasa bakti dan hormat kepada orang tua hendaknya disertai niat karena Allah swt. hal ini sebagai salah satu langkah untuk bisa menjadikan segala urusan tetap berpegang teguh pada Allah swt.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah beberapa cara yang bisa dilakukan guna mendapatkan kekuatan Doa Orang Tua yang mustajab. Setiap amalan hendaknya disertai dengan niat beribadah kepada Allah swt. karena setiap hanya Dia-lah yang Maha Berkehendak atas segala hal.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY