Rachel Vennya Dihujat Karena Tidak Berjilbab, Bagaimana Seharusnya Sikap Seorang Muslim yang Berakhlak?

0
181

Rachel Vennya – Postingan foto Rachel Vennya yang tidak berjilbab di Instagram membuat ramai dunia Maya. Banyak netizen yang berkomentar tentang fotonya yang tidak berjilbab. Akan tetapi, Vien Tasman selaku orang tuanya tidak mempermasalahkan hal tersebut. Baginya, putrinya itu masih muda yang sesekali ingin mengeksplor dirinya sendiri.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kita untuk menutup aurat, terutama perempuan. Aurat yang wajib ditutupi perempuan adalah ujung kepala sampai ujung kaki, kecuali wajah dan telapak tangan. Akan tetapi, pada saat ini ini masih banyak perempuan islam yang yang lepas pakai jilbabnya. Lalu, bagaimana seharusnya sikap seorang muslim yang berakhlak?

Sikap Muslim yang Berakhlak  Ketika Melihat Foto Tanpa Jilbab Rachel Vennya

Rachel Vennya menjadi viral setelah foto tanpa jilbabnya diposting di instagramnya. Padahal, Rachel Vennya adalah seorang muslimah. Lalu, bagaimana sikap seorang muslim ketika melihat postingan foto Rachel Vennya yang tidak berjilbab?

1. Tidak Memandangnya

Salah satu hal yang bisa kita lakukan sebagai seorang muslim yang berakhlak dalam menyikapi hal tersebut adalah tidak memandang foto Rachel Vennya yang tidak berjilbab. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan apabila kita terus-menerus memandang foto Rachel Vennya yang tidak berjilbab tersebut akan menimbulkan zina mata.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk“. ( Q. S. Al-Isra’ : 32).

Sedangkan, segala macam bentuk zina itu diharamkan Allah untuk dilakukan oleh orang-orang yang beragama Islam. Hal tersebut sudah jelas dan nyata tertuang dalam beberapa ayat-ayat Alquran dan hadist. Orang yang melakukan zina akan mendapatkan laknat dari Allah dan dosa yang sangat besar sehingga dapat memasukkannya ke dalam api neraka.

2. Memberikan Teguran

Kita memberikan teguran perempuan Islam yang tidak menggunakan jilbabnya. Memberikan teguran disini bukan berarti kita melakukan kekerasan fisik ataupun mental. menggunakan jilbabnya tanpa melepaskannya lagi, kecuali di rumah dan di depan mahramnya.

Teguran tersebut dapat berupa sindiran-sindiran secara halus, tanpa kita harus melakukan ghibah dan namimah. Jika kita melakukan hal tersebut setidaknya akan memicu kesadarannya untuk memakai jilbab sebagai suatu kewajiban dari Allah. Apabila kesadaran tersebut belum muncul juga, setidaknya kita tidak melukai perasaannya sebagai perempuan.

3. Tidak Mengikuti Perbuatannya

Cara yang paling terakhir adalah kita tidak mengikuti perbuatannya yang melanggar perintah Allah. Seorang perempuan yang beragama Islam yang tidak menutupi auratnya dengan berjilbab berarti melanggar perintah Allah. Apabila kita mengikuti perbuatannya, maka kita juga akan mendapatkan dosanya.

Ibarat mengikuti buaya yang terjatuh ke lubang biawak. Segala sesuatu perbuatan baik atau buruk yang kita lakukan dikarenakan mengikuti orang lain pasti akan mendapatkan imbasnya. Entah itu merupakan dosa atau pahala dari perbuatan yang kita lakukan berdasarkan contoh dari orang lain. Intinya, sebelum kita melakukan sesuatu kita harus mengetahui efek dari perbuatan tersebut.

Itulah sikap muslim yang berakhlak ketika melihat foto tanpa jilbab Rachel Vennya. semoga kita sebagai perempuan yang beragama Islam dapat terus menutup aurat kita dengan berjilbab dan tidak melepaskannya kembali. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY