3 Faktor Perusak Iman yang Berbahaya

0
503
faktor perusak iman

cahayaislam.id – Seseorang yang beriman pastinya senantiasa istiqomah dalam melakukan ibadah. Namun tidak menuntut kemungkinan ada godaan dan faktor perusak iman yang kerap datang saat menjalaninya.

Seseorang yang demikian selalu menggunakan waktunya yang ada di dunia ini dengan mengisinya melalui berbagai ibadah yang maksimal. Sebab dia mengetahui bahwa kelak akan ditanya oleh Allah SWT tentang umurnya, lalu berbagai amalannya, bahkan tentang tubuhnya yang dipergunakan untuk hal apa saja selama masih hidup.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk menjadi orang yang istiqomah dalam memelihara ketaqwaan serta ketaatan kepada Allah Ta’ala.

Seringkali dijelaskan, dimana saat ada orang yang istiqomah beribadah lalu meninggal dunia, para malaikat akan turun kepada mereka dan mengingatkan untuk tidak takut serta tidak bersedih. Sebab sudah ada surga yang telah dijanjikan oleh Allah SWT kepada mereka.

Faktor Perusak Iman yang Berbahaya

Nah, Sobat Cahaya Islam, sebagaimana kita tahu, ada banyak sekali ujian yang dapat merusak istiqomah kita dalam beribadah. Ada 2 faktor yang mampu menghancurkan ketetapan hati kita dalam beriman kepada Allah SWT. Apa saja?

1. Kejahilan

Kejahilan pada seorang hamba sering kali dapat membawanya pada kehancuran sehingga mendatangkan akibat yang buruk. Selain itu, pelakunya bisa terjerumus kepada dosa dan kemaksiatan.

Hal yang paling menakutkan adalah melakukan perbuatan yang mana menyimpang dari ajaran Allah SWT. Serta hanya mengikuti syahwat dan syubat, kecuali jika Allah SWT memberinya hidayah agar bisa kembali kepada jalan yang lurus.

Barang siapa yang Allah takdirkan kebaikan baginya, maka dia akan diberi ilmu yang bermanfaat. Tak hanya itu, bahkan Allah SWT juga akan memberikan pengertian agama yang benar.

Berlaku pula sebaliknya, barang siapa saja yang tidak Allah kehendaki kebaikan atas dirinya maka Allah SWT pastinya akan membiarkannya kepada jurang kebodohan. Sesungguhnya hanya Allah yang berhak menetapkan ilmu bermanfaat bagi seseorang yang beriman dan menjauhkannya dari berbagai kejahilan.

2. Lalai

Orang yang kurang waspada dan sadar biasanya akan mudah lalai dan lengah terhadap berbagai hal. Terutama keimanan dalam istiqomah melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah.

faktor perusak iman

Tentu saja ini bisa menjadi salah satu penyakit yang berbahaya apabila menimpa pada seseorang. Sebab, orang yang lalai tidak akan lagi menyibukkan dirinya pada ketaatan dan hanya memperdulikan segala hal yang tidak bermanfaat.

Parahnya lagi, barang siapa yang hatinya dikuasai oleh kelalaian maka dia akan selalu berpaling dari kebenaran. Sehingga iman akan berkurang dan istiqomahnya juga akan melemah.

Yang paling ditakuti adalah potensinya untuk mematikan hati karena adanya syahwat yang berkuasa atas dirinya dan tidak bisa dilawan.

Sebagaimana Allah SWT berfirman yang berbunyi;

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِّنَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ ۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَّا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ ءَاذَانٌ لَّا يَسْمَعُونَ بِهَآ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ كَٱلْأَنْعَٰمِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْغَٰفِلُونَ

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (QS. Al-A’raf: 179)

3. Hawa Nafsu

Hawa nafsu merupakan godaan tercela yang Allah berikan pada setiap manusia. Bahayanya, bisa mendorong seorang hamba untuk berbuat jahat dan menjurumuskannya pada keburukan.

faktor perusak iman

Hanya taufik dan hidayah dari Allah SWT maka seseorang bisa selamat dari godaan dan hasutan hawa nafsu.

Demikian diatas merupakan ulasan mengenai faktor perusak iman yang sangat berbahaya dan harus selalu kita waspadai.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY