Bacaan Doa Buka Puasa Lengkap Arab, Latin dan Artinya

0
110
Doa Buka Puasa

Doa Buka Puasa – Doa Buka Puasa menjadi pencarian teratas saat ini. Tak heran, sebab bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Menurut hitungan Kalender Pengurus Nahdatul Ulama (PBNU), puasa Ramadhan jatuh 13 hari lagi.

Namun hal itu akan di putuskan kembali pada saat sidang Isbat nanti oleh Kemenag. Penentuan akan di putuskan sesuai dengan hilal. Dan penetapan merupakan penggabungan antara hasil rukyat dengan informasi hasil hisab yang sesuai Taqwim standar Indonesia.

Kewajiban berpuasa sendiri di mulai saat melihat bulan pada awal Ramadhan. Jika langit sedang mendung dan bulan tidak bisa di lihat, maka puasa bulan Ramadhan di sempurnakan selama tiga puluh hari.

Ketentutan itu sudah tercantum dalam ayat Al Quran di surah Al Baqarah ayat 185. Serta hadist yang di riwayatkan oleh Bukhari dan Muslim Abu Hurairah. Sementara itu, jika seseorang tidak berpuasa karena ada halangan seperti sakit atau dalam perjalanan, maka wajib baginya untuk menggantikan puasa sebanyak hari yang dia tinggalkan.

Di bulan yang penuh kemuliaan ini, umat Islam di wajibkan berpuasa selama 30 hari penuh. Mulai dari imsak hingga waktu terbenamnya matahari atau waktu datangnya waktu berbuka puasa. Syarat utama untuk menjalankannya ialah berakal atau tidak gila dan sudah balig.

Amalan yang kita lakukan pada bulan Ramadhan akan berlipatganda. Segala doa yang baik akan di ijabah, dan Allah SWT membuka pintu maaf sebesar-besarnya. Ini menjadi kesempatan emas bagi umat muslim untuk bertobat dan melakukan amal saleh.

Untuk itu persiapkan diri untuk menjalani ibadah puasa sebaik mungkin. Sebab di balik kewajibannya, banyak hikmah yang kita dapat. Dengan berpuasa hal positif akan berdatangan untuk jiwa dan raga.

Sobat Cahaya Islam, meski bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Namun tidak ada salahnya jika menghafalkan doa berbuka puasa sejak dini.

Doa Buka Puasa, Lengkap dengan Arab, Latin Beserta Artinya

Membaca doa buka puasa adalah kewajiban setiap muslim sebelum membatalkan puasanya. Berikut ini adalah bacaannya:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya:

“Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.” (HR Bukhari dan Muslim).

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya:

“Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.” (HR Abu Daud).

Manfaat Puasa Ramadhan Menurut Al-Quran

Menjalankan puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi umat Islam. Sebab di balik kewajibannya, terdapat beragam manfaat terkait kedekatan seorang umat kepada Allah SWT. Berikut rinciannya:

1. Meningkatkan Ketakwaan

Manfaat pertama menjalankan ibadah puasa Ramadhan ialah meningaktkan ketakwaan. Hal ini tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 183, “Hai orang-orang yang beriman, di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Doa Buka Puasa

2. Menghapus Dosa

Puasa tidak hanya menahan rasa lapar dan haus, tetapi juga menahan segala sesuatu yang berkaitan dengan syahwat. Puasa juga di tujukkan untuk membersihkan diri dari dosa.

3. Mengendalikan Syahwat

Puasa Ramadhan menjadi momen untuk merenung. Mengingatkan diri bahwa nafsu-nafsu duniawi tidak menghasilkan apapun. Orang yang menjalankan puasa akan merasa lapar, dan saat lapar manusia akan cenderung bisa mengendalikan syahwatnya.

4. Pahala Berlipat

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan kemuliaan. Sebab segala amal baik akan berlipatganda pahalanya. Maka perbanyak amalan baik seperti membaca Al Quran, bersedekah, menolong sesama manusia, dan masih banyak lagi.

5. Menyempurnakan Ketaatan

Menjalani puasa Ramdhan bertujuan untuk menyucikan diri dari semua syahwat duniawi. Seorang muslim pada bulan Syawal sebagai sosok baru yang lebih baik ibadahnya.

Demikianlah manfaat menjalankan puasa Ramadhan. Sobat Cahaya Islam Sebelum puasa dimulai, jangan lupa untuk menghafalkan Doa Buka Puasa ya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY