Miss Grand Internasional 2020, Bagaimana Hukum Berlenggak-lenggok di Hadapan Umum dalam Perspektif Islam!

0
24
Miss Grand Internasional 2020

Miss Grand Internasional 2020 – Tepat pada  tanggal 27 Maret 2021, diselenggarakannya penobatan ratu kecantikan. Pasalnya, perwakilan dari Indonesia dalam ajang Miss Grand Internasional 2020 masuk lima besar dan berhasil meraih kandidat runner-up ketiga. Dalam pemilihan Miss Grand Internasional 2020, tidak lepas dari tampilan masing-masing peserta yang berlenggak-lenggok di atas panggung dan ditonton oleh khalayak umum. Lalu, bolehkah hal demikian dilakukan?

Islam senantiasa mengajarkan beragam aspek kehidupan manusia. Lalu, bagaimana hukumnya, terkhusus para kaum Hawa yang berlenggak-lengok di hadapan umum? Apakah hal tersebut sah-sah saja dilakukan atau dilarang dalam Islam?

Hukum Berlenggak-lenggok di Hadapan Umum

Ajang Miss Grand Internasional 2020 menjadi salah satu ajang di mana perempuan berbakat, cerdas serta memiliki kemampuan yang kompeten saling bersaing.  Namun, ajang ratu sejagat ini pun tidak lepas dari penggunaan pakaian yang kerap pamerkan aurat. Sobat Cahaya Islam tentunya sudah paham bahwa aurat seorang perempuan memiliki aturan tersendiri dalam Islam.

Ketika bidang yang diujikan meliputi kepiawaian seorang peremuan, kecerdasan serta keterampilan lainnya, maka tidak berhubungan dengan pakaian yang memamerkan aurat. Selagi bisa dilakukan tanpa mengumbar aurat, terlebih berlenggak-lenggok di depan umum yang sebagian penontonnya adalah kalangan pria. Lalu, hal itu adalah salah satu perbuatan yang jelas tidak selaras dengan syariat Islam.

Miss Grand Internasional 2020

Para ulama mengingatkan para kaum Hawa untuk senantiasa menjaga aurat. Kalau pun ada ajang ratu sejagat atau pun pagelaran fashion show, hendaknya memandang beberapa peraturan berikut ini sebagai salah satu pondasi agar terhindar dari hal-hal yang dilarang dalam Islam.

Di antara aturan yang ditetapkan yakni senantiasa menutup aurat, terhindar dari sifat boros/ berlebihan, tidak lepas dari tujuan untuk berdakwah, bukan untuk tabarruj yakni ajang di mana seorang perempuan berlomba-lomba untuk menampilkan kecantikan dan keindahan tubuhnya secara sengaja. Hal ini amatlah dilarang dalam Islam.

Sebagaimana dalam Firman Allah SWT:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

“dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya. (Qs. Al-Ahzab:33)”

Ketentuan lainnya yakni hanya disaksikan oleh kaum Hawa. Artinya, kegiatan tersebut tidak disaksikan oleh lawan jenis. Hal ini sebagai salah satu langkah agar terhindar dari fitnah. Jangankan tampilan postur tubuh secara keseluruhan, suara seorang perempuan bisa mengundang syahwat laki-laki. Ditambah lagi gerakan tubuh yang berlenggak-lenggok yang hendaknya dihindari dari pandangan kaum laki-laki.

Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan singkat terkait hukum berlenggak-lenggok dalam perspektif Islam. Ajang Miss Grand Internasional 2020 hendaknya menjadi ajang bermanfaat tanpa ada kandungan madharat yang bisa menimbulkan fitnah. Selaku muslim yang baik, hendaknya taat terhadap apa yang telah disyariatkan. Selanjutnya, mari senantiasa istiqomah dalam melakukan segenap amal perbuatan yang mengandung kebajikan. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY