Ibadah Lailatul Qadar Ingin Maksimal? Yuk Simak Tipsnya!

0
1290
Ibadah Lailatul Qadar

Tips Islami10 malam terakhir bulan ramadhan akan tiba. Kini waktu yang tepat untuk kita para muslim yang beriman serta bertaqwa kepada Allah untuk memaksimalkan ibadah kita. Demi mendapatkan rahmat malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Tentunya banyak hal yang harus kita siapkan baik fisik maupun mental kita untuk memaksimalkan ibadah lailatul qadar dan i’tikaf kita pada 10 malam terakhir bulan suci ini.

Tips Ibadah Lailatul Qadar

Dalam artikel ini, tim Cahayaislam akan memberikan beberapa tips luar biasa yang bisa sobat gunakan untuk menunjang momentum panen pahala pada malam spesial lailatul qadar kali ini.

Tentukan Target yang ingin di capai setiap malam i’tikaf

Untuk benar-benar bisa memaksimalkan ibadah lailatul qadar saat sepuluh malam terakhir bulan puasa ini, ada baiknya kita menentukan target yang ingin kita capai setiap malamnya.

Semisal: dalam satu malam kita mentargetkan khatam 2 juz bacaan Al-Qur’an, dzikir sekitar 1000 kali bacaan tahlil, tasbih, takbir, dan doa malam lailatul qadar, serta sholat tasbih.

Setelah target kita buat, kita harus mematuhi target tersebut. Sebelum target-target tersebut terpenuhi kita tidak akan pergi tidur. Buatlah target secara detail dan kongkret dan jalani dengan disiplin.

Menambah jam istirahat saat siang dan sore hari

Memaksimalkan ibadah lailatul qadar berarti kita akan banyak menghabiskan waktu malam kita untuk beribadah, karena tenggat waktu i’tikaf di mulai dari setelah maghrib sampai menjelang subuh.

Secara otomatis jam istirahat malam kita akan sangat berkurang drastis.

Maka dari itu ada baiknya untuk bisa menambah waktu istirahat dengan mencuri-curi waktu saat siang atau sore hari. Supaya kita tidak mengantuk atau merasa lemas nantinya ketika melaksanakan i’tikaf.

Minum Kopi atau cokelat untuk booster stamina waktu i’tikaf

Bila anda penggemar kopi atau cokelat, maka anda bisa menggunakan minuman kegemaran anda ini untuk membuat anda tetap terjaga ketika i’tikaf.

Kopi memiliki kadar kafein tinggi dan cokelat memiliki kandungan kandungan fenilatelamin yang akan membuat jantung kita bekerja lebih cepat, sehingga kita akan mendapatkan sejenis booster atau doping untuk tetap terjaga untuk memaksimalkan ibadah lailatul qadar pada malam hari.

Namun perlu sobat ingat bahwa kedua minuman ini bersifat dehidrant yang cepat menyerap air dalam tubuh kita. Imbangi dengan minum air mineral yang cukup untuk menjaga tubuh anda supaya tidak mengalami dehidrasi.

Mangkonsumsi suplemen/ Multivitamin/ Jamu dan sejenisnya

Supplemen/ multivitamin/ jamu dan sejenisnya memiliki fungs sama, yaitu sebagai makanan tambahan yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus tubuh kita yang belum terpenuhi.

Selain berfungsi sebagai makanan tambahan, suplemen, multivitamin dan sejenisnya juga banyak mengandung zat-zat yang menjaga sistem metabolisme dan kekebalan tubuh.

Di 10 malam terakhir bulan ramadhan, kita akan menghabiskan waktu untuk begadang melakukan i’tikaf semalaman di masjid, jadi tambahan makanan dan pemelihara sistem kekebalan dan metabolisme sangat perlu.

Beberapa pakar kesehatan juga menganjurkan untuk meminum lebih banyak air putih saat malam hari.

Nah itu dia beberapa tips luar biasa yang bisa sobat cahayaislam lakukan untuk memaksimalkan ibadah lailatul qadar.

Semoga dengan adanya tips-tips yang kami ulas disini, sobat Cahayaislam semua bisa merasakan nikmat dan keutamaan lailatul qadar yang menakjubkan.

Dengan pengalaman lailatul qadar itu, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan dicintai oleh Allah. Amiin

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY