Mengatasi Rasa Rendah Diri untuk Wujudkan Peradaban yang Gemilang

0
337
Mengatasi rasa rendah diri

Mengatasi rasa rendah diri – Mengatasi rasa rendah diri bagi sebagian individu merupakan hal yang sangat sulit dilakukan.

Maka dari itu seringkali didapati sebagian umat menjadi rendah diri dan tidak lagi melanjutkan perjuangan lantaran merasa tidak layak lagi.

Sobat Cahaya Islam, ada banyak hal yang bisa dilakukan agar umat bisa mengatasi rasa rendah diri dalam hati. Bila rasa tersebut dibiarkan, maka dikhawatirkan akan menyebabkan rasa penyelasan di kemudian hari.

Mengapa Umat Perlu Mengatasi Rasa Rendah Diri?

Ada beberapa hal yang perlu dibahas perihal perlunya mengatasi rasa rendah diri dalam hati. Beberapa diantaranya yakni sebagai berikut :

Pertama, rendah diri dapat menghambat umat untuk meningkatkan profesionalitas dalam diri.

Bayangkan, jika profesionalitas menurun, tentu hal tersebut akan menjadikan produktifitas diri ikut menurun juga. Kalau sudah demikian, maka pekerjaan dan amanah akan terabaikan.

Kedua, umat yang memiliki perasaan rendah diri dapat mempengaruhi kondisi komunitas yang mana menyebabkan energi di dalamnya tak lagi positif. Alih – alih bisa tercapai tujuan di dalamnya, malah yang ada target dan tujuan menjadi terbengkalai.

Ketiga, rasa rendah diri hanya akan menimbulkan kerugian baik bagi diri sendiri maupun orang – orang yang ada di sekitarnya.

Jika terus dibiarkan, maka yang ada hanyalah rasa kekhawatiran saja. Alih – alih bahagia dalam hidupnya, malah yang ada hanyalah takut dan suka berburuk sangka. Lantas, apa saja yang harus dilakukan agar umat bisa mengatasi rasa rendah diri?

Tips Mengatasi Rasa Rendah Diri

Ada beberapa hal yang bisa Sobat Cahaya Islam lakukan agar rasa rendah diri dapat teratasi. Memang, penerapan di awal akan menjadi sangat sulit sebab biasanya tidak dilakukan. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Selalu Melihat Kebaikan Allah

Hal pertama yang perlu dilakukan agar rasa rendah diri dapat teratasi yakni dengan melihat sisi kebaikan yang telah Allah Ta’ala berikan bagi umatnya.

Umat perlu senantiasa untuk merenungi segala pemberian Allah. Sebab teramat banyak kenikmatan yang sudah dilimpahkan dan dicurahkan pada hambaNya.

Terkadang, rasa rendah diri muncul manakala umat merasa bahwa Allah Ta’ala itu pilih kasih dan tak adil. Pemikiran seperti ini biasanya menyebabkan rasa rendah diri muncul.

Mengatasi rasa rendah diri

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam melihat kebaikan yakni dengan meningkatkan rasa sabar dalam diri. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Kahfi ayat 28 yakni :

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَدٰوةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيْدُوْنَ وَجْهَهٗ وَلَا تَعْدُ عَيْنٰكَ عَنْهُمْۚ تُرِيْدُ زِيْنَةَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَاۚ وَلَا تُطِعْ مَنْ اَغْفَلْنَا قَلْبَهٗ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوٰىهُ وَكَانَ اَمْرُهٗ فُرُطًا

Artinya : Dan bersabarlah engkau (Muhammad) bersama orang yang menyeru Tuhannya pada pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia; dan janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti keinginannya dan keadaannya sudah melewati batas.

2.    Senantiasa Bersyukur

Hal selanjutnya agar rendah diri dapat berkurang yakni dengan belajar bersyukur. Mensyukuri segala pemberian Allah Ta’ala merupakan hal yang perlu dilakukan setiap saat.

Hal ini supaya senantiasa menjadi pengingat bagi diri, bahwa Allah Ta’ala telah banyak memberikan kenikmatan, rezeki, kesehatan yang berlimpah dan tidak semua orang bisa merasakannya.

3.    Bersosialisasi Dengan Banyak Teman

Untuk mengurangi rasa rendah diri, individu juga bisa untuk senantiasa belajar dan lebih banyak berkumpul secara sosial bersama dengan teman lainnya.

Mengatasi rasa rendah diri

Hal ini agar diri senantiasa merasa termotivasi dan terinspirasi dari orang – orang sekitar. Pun juga tak lupa untuk senantiasa meningkatkan kebaikan dimanapun berada. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Isra’ ayat 7 yakni :

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ ۗوَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَاۗ فَاِذَا جَاۤءَ وَعْدُ الْاٰخِرَةِ لِيَسٗۤـُٔوْا وُجُوْهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوْهُ اَوَّلَ مَرَّةٍ وَّلِيُتَبِّرُوْا مَا عَلَوْا تَتْبِيْرًا

Artinya : Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. Apabila datang saat hukuman (kejahatan) yang kedua, (Kami bangkitkan musuhmu) untuk menyuramkan wajahmu lalu mereka masuk ke dalam masjid (Masjidil Aqsa), sebagaimana ketika mereka memasukinya pertama kali dan mereka membinasakan apa saja yang mereka kuasai.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan perlunya mengatasi rasa rendah diri beserta tipsnya agar umat bisa meraih masa depan yang lebih baik. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY