Membentuk Karakter Anak Yang Penyayang, Caranya?

0
50
Membentuk Karakter Anak Yang Penyayang 1

Membentuk karakter anak – Pembentukan karakter anak menjadi tanggung jawab bagi orang tua atau keluarga. Hal ini karena keluarga merupakan sumber pendidikan pertama bagi seorang anak. Sehingga orang tua memiliki peran besar untuk membantu membentuk kepribadian anak. Termasuk apabila ingin membentuk anak dengan karakter yang penuh kasih sayang. Tentu saja ada banyak hal yang perlu dilakukan.

Dalam islam, sikap seorang anak dipengaruhi oleh bagaimana didikan dari orang tuanya. Sehingga banyak fenomena yang terjadi, seringkali orang tua yang disalahkan saat anak memiliki karakter yang kurang baik. Meskipun hal tersebut dapat terjadi bukan hanya karena faktor pendidikan dari orang tua atau keluarganya saja. Namun juga pengaruh lingkungan maupun teman-teman bergaul sang anak. Lalu bagaimana untuk membentuk karakter agar anak menjadi penyayang?

Membentuk Karakter Anak Yang Penyayang 2

Membentuk Karakter Anak Yang Penyayang, Ini Caranya Dalam Islam

Membentuk karakter anak bukanlah hal yang mudah. Orang tua bukan hanya perlu mengajarkan, namun juga memastikan agar anak dapat tumbuh di lingkungan keluarga yang tepat untuk membentuk karakternya dengan baik. Itu sebabnya, orang tua juga harus memberikan kasih sayang agar anak bisa tumbuh menjadi seorang yang juga penyayang kelak. Maka dari itu, peran keluarga sangatlah penting dalam hal ini.

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

Dalam ayat Al Quran ini, tercermin bagaimana Allah menjadikan seorang ibu sebagai madrasah pertama bagi anak-anaknya. Ini menunjukkan bahwasanya bagaimana anak tergantung dari pendidikan yang diberikan dalam keluarga, termasuk bagaimana ibunya memberikan pelajaran dan pendidikan. Lalu bagaimana agar dapat membentuk karakter anak yang penyayang menurut islam?

Membentuk Karakter Anak Yang Penyayang 3

Memberikan Contoh Kepada Anak

Agar anak dapat tumbuh dengan kepribadian yang penuh kasih sayang, salah satu yang perlu dilakukan adalah memberikan contoh yang baik. Apabila hubungan orang tuanya baik, menunjukkan bagaimana bersikap penuh kasih sayang, tentu saja ini akan memberikan contoh bagi anak untuk kelak ia terapkan dalam kehidupannya sehari-hari. Begitu pula ketika sudah dewasa, bagaimana ia harus memperlakukan orang tuanya.

Mendidik Anak Dengan Penuh Kasih Sayang

Mendidik anak dengan penuh kasih sayang juga akan membentuk karakter anak yang serupa. Ia akan melihat bagaimana cara orang tuanya mendidik, memperlakukan sehingga kemudian akan menjadi contoh baginya. Dengan begitu, anak dapat tumbuh menjadi seorang yang penuh dengan kasih sayang tentu saja.

Mengajarkan Tentang Kasih Sayang

Sebagai orang tua, dapat mengajarkan anak tentang apa itu kasih sayang dan bagaimana menerapkannya. Dengan begitu, anak akan terbiasa bersikap penyayang kepada keluarganya maupun dengan sesama.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nahl Ayat 78

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY