Bintang Tsurayya, Cek 5 Faktanya

0
115

Bintang Tsurayya – Masyarakat Indonesia banyak yang membicarakan tentang kemunculan Bintang Tsurayya. Bintang ini dikabarkan menjadi pertanda bahwa virus corona akan segera berakhir. Banyak orang yang mempercayai hal tersebut karena bintang tersebut bisa menjadi salah satu tanda baik dalam ilmu falak.

Ilmu falak mrupakan ilmu perbintangan atau orbit benda langit dan banyak ahli yang menggunakan ilmu ini untuk membaca situasi salah satunya adalah kejadian wabah dan lain sebagainya. Ilmu falak mengutamakan perhitungan, pengamatan dan juga membaca keadaan dari benda-benda langit. Keadaan benda-benda langit memiliki hubungan yang erat dengan apa yang terjadi di bumi.

Bintang Tsurayya sendiri merupakan salah satu benda langit yang bisa diamati dan nantinya dapat diperhitungkan untuk kemudian diambil kesimpulan mengenai sesuatu misalnya saja tibanya musim semi dan lain sebagainya.

Bintang ini disebut-sebut menjadi pertanda akan berakhirnya wabah virus corona. Jika benar maka tentu hal ini adalah berita bagus. Namus meskipun demikian kira harus tetap waspada dan jangan terlalu mempercayainya karena semuanya masih rahasia Allah dan semuanya akan berakhir atas kehendak Allah.

Bintang Tsurayya memiliki cahaya yang sangat terang sehingga bisa dilihat secara langsung dengan mata telanjang. Berikut ini adalah 5 fakta yang perlu sobta cahaya Islam ketahui mengenai bintang Tsurayya:

1. Bintang Tsurayya merupakan gugus bintang

Sebenarnya Bintang Tsurayya ini bukanlah bintang tunggal melainkan berupa gugusan bintang yang terdiri dari sekitar 1000 bintang yang saling berikatan akibat gaya gravitasional.

2. Suhu Melebihi matahari

Fakta yang selanjutnya mengenai Bintang Tsurayya adalah ternyata bintang tersebut memiliki suhu yang lebih panas dari matahari sehingga apapun yang mendekat akan terbakar dengan cepat.

3. Bintang Tsurayya disebut dalam Al-Quran

Bintang ini memiliki keunikan dan kelebihan sehingga disebutkan juga dalam Al-quran. Surat yang menyebutkan tentang bintang ini adalah surat An-Najm.

4. Fakta tentang waktu kemunculan

Kemunculan bintang ini biasanya pada bulan Mei atau awal Juni dan biasanya akan terlihat pada waktu fajar. Bintang ini menjadi tanda berakhirnya musim semi dan pergantian dengan musim baru yakni musim panas.

Kemunculan bintang ini dianggap sebagai tanda berakhirnya virus corona.

5. Banyak Dikaitkan dengan Kisah di Daerah

Tsurayya memang merupakan bintang yang sangat terkenal. Bahkan banyak masyarakt daerah yang memiliki cerita atau kisah unik yang berkaitan dengan bintang tersebut.

Budaya Jawa juga banyak yang dikaitkan dengan bintang ini. Tsurayya dikaitkan dengan cerita 7 bintang yang menjadi tanda mangsa kapitu.

Diberbagai negara Tsurayya memiliki nama ysng berbeda-beda dan banyak dimanfaatkan untuk menandakan sesuatu misalnya saja datangnya musim panas dab lain sebagainya.

Allah menciptakan segala sesuatu dengan keistimewaanya masing-masing. Tidak ada ciptaan Allah yang sia-sia apalagi bintang yang ada dilangit.

Allah telah berfirman:

Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala. (QS. Al-Mulk ayat 5)

Betapa bintang bukan hanya menjadi penghias langit saja namun juga sangat bermanfaat bagi manusia misalnya saja sebagai penunjuk arah, penanda waktu atau musim dan lain sebagainya.

Saat manusia berada dilautan dan dahulu belum memiliki kompas naka bintanghbintang yang ada dilangit menjadi penunjuk arah sehingga pelaut dapat kembali ke darat dengan selamat. Mashaallah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!