3 Keutamaan Surat An Nas, Wajib Diketahui Umat Muslim

0
473
Keutamaan Surat An Nas

Keutamaan Surat An Nas – Surat An Nas merupakan salah satu surat yang termasuk golongan surat Makkiyah sebab turun di kota Makkah. Terdiri dari enam ayat dan menjadi surat ke 114 yang artinya surat terakhir di dalam Alquran. Namun, tahukah apa saja keutamaan surat An Nas saat kita membacanya?

Bersama dengan surat Al Falaq, surat An Nas dijuluki sebagai muawwadzatain, yang artinya surat berisi permohonan untuk dilindungi oleh Allah SWT. Bukan hanya dari godaan setan dan jin, melainkan juga dari kejahatan makhluk yang paling serakah, manusia.

Demikian surat An Nas yang berbunyi sebagai berikut:

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ

1. Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

مَلِكِ النَّاسِۙ

2. Raja manusia,

اِلٰهِ النَّاسِۙ

3. sembahan manusia,

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ

4. dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ

5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ࣖ

6. dari (golongan) jin dan manusia.”

Sebagai Muslim, tentu saja hal ini tidak asing lagi dengan bunyi surat An Nas. Kita sering kali mendengarnya di berbagai kegiatan keagamaan dalam majelis. Seperti pada tahlil, ratib al haddad, dan lain-lain.

3 Keutamaan Surat An Nas, Wajib Diketahui Umat Muslim

Adapun keutamaan yang ada pada surat An Nas adalah sebagai berikut:

1.      Menangkal Sihir

Keutamaan Surat An Nas

Setelah mengetahui seperti apa bunyi dari bacaan surat An Nas, maka kita pasti tahu di dalamnya berisi permohonan. Yakni agar Allah SWT melindungi kita dari berbagai kejahatan yang ada di bumi.

Mulai dari gangguan dari setan dan jin, hingga dari jahatnya manusia yang di dalam hati dan jiwanya telah dirasuki bisikan iblis.

Oleh sebab itu, dengan membacanya kita bisa menangkal sihir dan guna-guna. Dari yang ingin menyakiti kita maupun anggota keluarga kita.

Dahulu, surat ini turun kala Rasulullah SAW sedang diuji penyakit yang terbilang parah, kemudian diketahui bahwa sakitnya tersebut datang karena adanya guna-guna.

Setelah itu, turunlah surat An Nas dan Al Falaq, di mana saat Rasul membaca satu ayat di dalamnya maka segera terurai pula satu sihir dalam diri Beliau.

2.      Mendatangkan Rasa Aman Saat Tidur

Keutamaan Surat An Nas

Ketika kita sedang tidur, setan maupun jin bisa datang untuk melakukan hal-hal buruk mengotori syariat yang diajarkan Islam.

Oleh karena itu, saat hendak tidur kita dianjurkan untuk membaca surat An Nas sebanyak tiga kali. Dengan tujuan agar aman dari berbagai gangguan setan pada saat tengah terlelap.

Adapun caranya adalah dengan membaca sebanyak tiga kali. Lalu tiupkan ke kedua telapak tangan kemudian usap pada bagian kepala, wajah serta tubuh bagian depan.

3.      Melindungi Diri dari Kemunafikan

Keutamaan dari surat An Nas selanjutnya adalah untuk melindungi diri kita dari adanya kemunafikan.

Menjadi seorang umat yang jiwanya penuh kemunafikan adalah salah satu hal yang sangat dibenci olehNya. Sebab, orang yang munafik sangat berbahaya bagi ketenteraman agama Islam.

Selain bisa mengotori kedamaian antar umat seagama, juga menjadi ancaman bagi kita yang ingin hidup berdampingan dengan baik antar umat beda agama.

Maka dari itu, Sobat Cahaya Islam, mari kita senantiasa membaca surat An Nas. Supaya terlindungi dari berbagai macam bahaya dalam menjalani kehidupan ini.

Demikian ulasan mengenai 3 keutamaan surat An Nas saat kita membacanya setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY