Perbuatan Hasad akan Menghapuskan Amal Kebaikan Seperti Debu

0
87
perbuatan hasad akan menghapuskan amal kebaikan seperti

Perbuatan hasad akan menghapuskan amal kebaikan seperti – Sebagai seorang muslim, tentu perlu memahami bahwa perbuatan hasad akan menghapuskan amal kebaikan seperti layaknya debu yang tak ada maknanya. Selain itu, hasad juga akan menjauhkan seorang hamba dengan RabbNya. Naudzubillah.

Sobat Cahaya Islam, perbuatan hasad akan menghapuskan amal kebaikan seperti orang yang beramal tapi sia – sia tentu bukanlah yang menjadi tujuan akhir perbuatan seorang muslim. Jika demikian, sudah pasti akhir kehidupan dapat diketahui dengan mudah bukan? Lantas, apa itu yang menjadi pilihan uamt muslim yang bertaqwa?

Benarkah Perbuatan Hasad akan Menghapuskan Amal Kebaikan seperti Halnya Sesuatu yang tidak Berguna?

Perbuatan hasad akan menghapuskan amal kebaikan seperti sesuatu yang tidak bermakna, tentu benar adanya.

Bahkan Allah pun telah menyampaikan secara detail dalam Alqur’an bagaimana kondisi amalan seseorang bila ketika pelaksanaannya tidak dilakukan dengan niat yang ikhlas. Naudzubillah.

Kemurnian dalam niat tersebut sebagai bukti umat melakukan yang terbaik untuk agamanya sebagaimana dalam surat Al Baqarah ayat 208 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

Sebagai seorang manusia, menjadi hal yang wajar bila hasad tiba – tiba menjangkiti dalam diri. Sederhananya hasad ini adalah suatu perasaan dimana seseorang tidak menyukai keberadaan atau kepemilikan orang lain yang lebih baik dari orang tersebut.

Jika dibiarkan terus menerus, maka perilaku hasad dapat menjadikan manusia jadi serba tak ikhlas dalam menjalankan kehidupannya. Maka dari itu, apa yang Allah sampaikan dalam firmanNya benar sebagaimana fitrahnya manusia ketika berada dalam kondisi penuh hasad.

Selain itu, hasad tersebut juga dapat membuat seseorang tak lagi memandang benar tidaknya aktivitas berdasar kacamata Islam. Namun keseluruhan aktivitas yang dilakukan harus bisa melebihi orang lain karena ingin terlihat baik di depan. Astaghfirullah.

Tips Agar Amalan terhindar dari Sikap Hasad

Agar amalan terhindar dari sikap hasad, tentu ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Memiliki Niat yang Ikhlas

Hal pertama yang bisa dilakukan agar diri terhindar dari sikap hasad yakni dengan berusaha memiliki niat yang ikhlas. Keikhlasan terpancar manakala diri tak lagi membutuhkan penilaian manusia.

Agak susah memang, sebab fitrahnya umat muslim seringkali ingin menunjukkan apa saja yang sudah ia dapatkan apalagi jika hal tersebut dianggap sebagai barometer kesuksesan.

perbuatan hasad akan menghapuskan amal kebaikan seperti

Keikhlasan sebuah niat dalam beraktivitas adalah gerbang awal memperdalam peran sebagai hamba Allah yang sejati. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 148 yakni :

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya : Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

2.    Tidak Memandang Amalan Orang Lain

Hal selanjutnya yakni tidak terlalu memikirkan amalan orang lain. Sebab membandingkan amalan bukanlah ciri dan sikap baik seorang muslim sejati. Alih – alih memikirkan amalan orang, alangkah lebih baik bila memperbanyak aktivitas produktif agar amalan tetap terjaga.

Selain itu, dengan menjadi produktif, waktu untuk overthinking atas pencapaian orang lain akan menjadi lebih sedikit bahkan tidak ada lagi hasad dalam diri. Masya Allah.

Dengan demikian, mana manusia bisa kembali pada fitrahnya untuk menjadi sosok hamba Allah yang senantiasa bertakwa dan beribadah kepadaNya. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

3.    Berusaha Mengoptimalkan Amalan Terbaik

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan perbuatan hasad akan menghapuskan amal kebaikan seperti halnya debu yang tak bermakna. Jangan sampai meningkatnya hasad dalam diri membuat amalan jadi sia – sia. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY