Materi Penting Terkait Pendidikan Agama Islam Bagi Anak

0
1967

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan pendidikan yang tinggi dan benar, kita bisa membedakan mana yang baik dan buruk dan membuat hidup menjadi lebih indah. Oleh karena itu, penting untuk senantiasa memberikan pendidikan terutama bagi anak sedari kecil. Salah satu pendidikan yang paling penting bagi anak adalah pendidikan agama karena agama adalah benteng. Namun, untuk memaksimalkan pemberian Materi Penting Terkait Pendidikan Agama Islam Bagi Anak, tentu kita harus mengetahui materi apa saja yang harus diberikan. Berikut ini kajian islam mengenai pendidikan untuk anak!

Materi Penting Terkait Pendidikan Agama Islam Bagi Anak

Kita tentu tahu bahwa Islam adalah agama yang mengatur semua materi secara lengkap dan terperinci. Dalam hal ini, materi agama yang harus diajarkan kepada anak-anak pun diatur sedemikian rupa agar bisa dipahami dengan lebih baik dan diserap dengan sempurna. Lantas, apa saja kajain islam mengenai  materi yang tepat untuk diberikan kepada anak-anak?

Materi akidah

Kajian islam yang pertama mengenai materi pendidikan agama bagi anak yang sangat penting dan mendasar yang harus diberikan kepada anak anda sejak dini adalah materi akidah. Akidah adalah dasar. Dalam hal ini, ketika dasar agama sudah kuat sejak dini, maka pengembangan pengajaran agama tentu akan menjadi semakin lebih mudah. Namun, perlu kesabaran dan waktu yang ekstra untuk mengajarkan bab akidah kepada anak-anak seiring dengan usia mereka yang masih belum bisa menangkap sesuatu dengan kritis.

Dalam hal ini, sebagai orang tua, kita harus menerapkan metode yang tepat. Pada dasarnya, materi akidah berhubungan erat dengan keimanan, sedang keimanan dibagi menjadi beberapa subjek bahasan, seperti iman kepada Allah SWT, malaikat, Al Qur’an, Nabi dan Rasul, serta hari akhir. Materi-materi ini harus diajarkan secara bertahap dengan metode ala anak-anak yang tepat, bisa dengan bercerita, bermain, atau lainnya. Hal ini bertujuan untuk membiasakan anak-anak berada dalam bahasan keimanan sehingga lambat laun ia akan mengerti dengan lebih baik.

Materi ibadah

Kajian islam yang kedua yaitu perintah utama dalam kehidupan manusia di dunia adalah beribadah. Dalam hal ini, ketika materi terkait keimanan sudah diajarkan secara bertahap dan anak anda sudah menemukan passion-nya, maka pendidikan agama Islam bagi anak yang selanjutnya adalah pembahasan mengenai materi ibadah.

Ibadah memang terbagi menjadi banyak sekali cabang yang berbeda. Namun, pada dasarnya, ibadah dibagi menjadi dua, yakni ibadah langsung kepada Allah dan kepada makhluk. Dalam hal ini, ibadah kepada Allah-lah yang harus diutamakan dalam pengajaran. Ibadah yang dimaksud adalah shalat.

Perintah untuk mengajarkan salat pada anak-anak diatur sesuai dengan hadis Nabi SAW,

حَدَّثَنَا مُؤَمَّلُ بْنُ هِشَامٍ، – يَعْنِي الْيَشْكُرِيَّ – حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ، عَنْ سَوَّارٍ أَبِي حَمْزَةَ، – قَالَ أَبُو دَاوُدَ وَهُوَ سَوَّارُ بْنُ دَاوُدَ أَبُو حَمْزَةَ الْمُزَنِيُّ الصَّيْرَفِيُّ – عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ مُرُوا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرِ سِنِينَ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ ‏”

“Mintalah anak-anak Anda untuk sholat ketika mereka berusia tujuh tahun, dan kalahkan mereka untuk itu (doa) ketika mereka berusia sepuluh tahun; dan atur tempat tidur mereka (tidur) secara terpisah.“. [1]

Dari hadis tersebut, kita bisa melihat bahwa pengajaran salat pada anak-anak adalah hal yang sangat penting. Pentingnya mengajarkan salat pada anak-anak dapat dilihat dari adanya perintah untuk ‘memukul’ anak ketika mereka tidak mengerjakan salat setelah berumur 10 tahun. Hal ini dipandang bahwa ketika anak tidak terbiasa salat sejak kecil, maka ketika besar pun ia tidak akan terbiasa dan cenderung ringan untuk meninggalkan salat.

Selain bab shalat, dari hadist tersebut kita bisa melihat materi pendidikan agama Islam bagi anak lainnya, yakni pendidikan mengenai tata cara tidur mereka. Dalam hal ini, Rasulullah SAW mengajarkan bahwa anak yang sudah berumur 10 tahun hendaknya dipisah tempat tidurnya dengan orang tua. Selain untuk melatih keberanian mereka, hal tersebut juga berguna untuk menahan hawa nafsu yang mulai tumbuh.

Ibadah yang tidak kalah penting untuk diajarkan kepada anak sejak dini adalah berpuasa. Dalam hal ini, ada cerita menarik dari para sahabat terkait cara mereka memberikan pendidikan agama Islam bagi anak, terutama untuk berpuasa. Para sahabat dulu dengan sengaja memberikan mainan kepada anak-anak mereka agar anak mereka sibuk memainkan mainan tersebut untuk menahan lapar yang mendera. Tanpa disadari, anak-anak tersebut sibuk bermain hingga menjelang petang dan waktu Maghrib tiba.

Pendidikan tentang berperilaku

Materi pendidikan agama Islam bagi anak yang tidak kalah penting darikajai islam diatas adalah pendidikan tentang berperilaku. Perilaku anak harus dibentuk sejak dini agar mereka terbiasa. Ada beberapa materi pendidikan agama bagi anak terkait adab berperilaku yang harus diajarkan, seperti pengetahuan mengenai haramnya mencuri, haramnya dusta, haramnya ghibah, dan maksiat lain semacamnya.

Dapat disimpulkan bahwa pendidikan agama Islam bagi anak adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sobat Cahaya islam tentu harus terus berusaha memberikan pengajaran yang tepat bagi anak demi terciptanya generasi yang lebih baik.

[1] HR. Abu Daud 495 (shahih)

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!