Alasan Iis Dahlia Sering Hapus Komentar Negatif, Ini Lho Cara Sikapi Pembenci Menurut Islam

0
31
Alasan Iis Dahlia Sering Hapus Komentar Negatif dan Begini Sikapi Pembenci Menurut Islam

Alasan Iis Dahlia – Iis Dahlia mengaku bahwa dirinya sering menghapus komentar negatif yang ada di kolom komentarnya. Sejak Iis Dahlia menjadi juri di ajang pencarian bakat menyanyi, ia seringkali mendapatkan hujatan atau komentar-komentar yang tidak menyenangkan. Apalagi ia juga dinilai sering melontarkan komentar pedas kepada peserta yang tampil kurang maksimal. Namun meskipun begitu, Iis mengaku mengatasinya dengan menghapus komentar yang tidak menyenangkan dan juga mengandung hujatan.

Alasan Iis Dahlia Sering Hapus Komentar Negatif dan Begini Sikapi Pembenci Menurut Islam

Dalam kehidupan, tentu saja ada keseimbangan. Begitu juga dengan orang-orang di sekitar kita, akan ada yang menyukai kita dan ada yang tidak. Di dunia hiburan tentu hal biasa mendapatkan kritik, hujatan atau komentar dari netijen. Tinggal bagaimana untuk menyikapinya dengan baik sehingga tidak menimbulkan perselisihan. Dalam islam sendiri, kita tidak dianjurkan untuk bersikap tidak baik kepada orang lain. Lalu bagaimana jika orang lain bertindak demikian?

Alasan Iis Dahlia Sering Hapus Komentar Negatif, Begini Cara Sikapi Pembenci Menurut Islam

Alasan Iis Dahlia Sering Hapus Komentar Negatif dan Cara Sikapi Pembenci

Alasan Iis Dahlia sering menghapus komentar-komentar negatif tidak lain karena dirinya ingin merasa bahagia. Jika komentar atau hujatan yang ia terima ternyata mengganggu hidupnya. Maka menghapus adalah keputusan yang terbaik. Apalagi hidup ini tidak melulu untuk menanggapi komentar negatif dari orang-orang yang tidak suka. Dalam islam, bersikap baik kepada orang lain sangat dianjurkan. Bahkan kepada orang yang jahat kepada kita sekalipun, Allah tidak memperbolehkan kaum muslimin untuk membalas dengan kejahatan serupa lho.

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ۚ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ

Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.

Ayat ini dengan jelas menegaskan bahwasanya kejahatan akan lebih baik dibalas dengan kebaikan. Sehingga permusuhan bisa dihindari. Maka dari itu sobat CahayaIslam, untuk menyikapi pembenci harus dengan cara yang benar dan sesuai dengan ajaran islam. Bagaimana caranya?

Perbanyak Keikhlasan Untuk Memaafkan

Alasan Iis Dahlia Sering Hapus Komentar Negatif dan Memaafkan Pembenci Dalam Islam

Untuk menyikapi pembenci adalah dengan memperbanyak keikhlasan. Dengan keikhlasan inilah maka akan mudah bagi kita untuk memaafkan. Terlebih lagi islam mengajarkan untuk memaafkan, ini akan membawa kebaikan bukan hanya untuk orang lain. Namun yang utama adalah untuk diri sendiri.

وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا ۖ فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.

Mendoakan Yang Baik

Mendoakan yang baik adalah salah satu cara menyikapi pembenci. Jika ada orang yang tidak menyukai atau bahkan membenci kita. Maka tidak seharusnya seorang muslim ikut menghujat atau melontarkan perkataan yang tidak baik. Namun akan lebih baik untuk mendoakan hal-hal baik bagi mereka.

Alasan Iis Dahlia – sering menghapus komentar negatif adalah untuk ketenangan hidupnya. Karena menurutnya jika menanggapi komentar negatif atau hujatan hanya akan menambah pusing kehidupan yang sudah sulit. Jadi sobat CahayaIslam, mari kita menyikapi pembenci dengan cara yang tepat dan sesuai dengan ajaran islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Fussilat Ayat 34

(2) – Surat Asy-Syura Ayat 40

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY