Berbagai Keutamaan Orang Yang Menuntut Ilmu

0
100
Keutamaan Orang Yang Menuntut Ilmu

Ceramah Agama – Ilmu adalah suatu bagian yang teramat penting dalam kehidupan manusia. Seorang manusia yang memiliki banyak ilmu akan dihormati oleh orang lain. Manusia yang berilmu luas memang memiliki kedudukan yang tinggi di mata masyarakat. Maka dalam ceramah agama islam selalu menganjurkan kaum muslimin untuk menuntut ilmu sebab memiliki berbagai Keutamaan Orang Yang Menuntut Ilmu

Ceramah Agama Tentang Berbagai Keutamaan Orang Yang Menuntut Ilmu

Anjuran untuk menuntut ilmu bagi seorang muslim ini memiliki tujuan yang mulia. Seorang muslim yang berilmu dapat memajukan agama islam. Oleh sebab itulah, maka agama yang mulia ini sangat menganjurkan pemeluknya untuk selalu menuntut ilmu tanpa memandang usia. Maksudnya orang yang berusia lanjutnya pun tetap dituntut untuk mencari ilmu. Baik itu ilmu yang berkaitan dengan dunia maupun ilmu akhirat.

Sobat cahaya islami, menuntut atau mencari ilmu memang menjadi hal yang penting bagi umat manusia. Apabila penduduk suatu daerah berilmu, maka dapat dipastikan jika daerah tersebut akan lebih maju. Berbagai peraturan yang dibuat pun akan mencerminkan bahwa penduduknya orang berilmu. Dalam ceramah agama islam, mencari ilmu memang menjadi hal yang sangat dianjurkan. Anjuran ini memiliki tujuan yang mulia agar umat islam bisa menguasai teknologi.

Menuntut Ilmu Dalam Pandangan Agama Islam

Islam menjadi salah satu agama yang sangat menganjurkan para pemeluknya untuk menuntut ilmu. Seorang muslim berilmu akan memiliki keistimewaan dibanding dengan yang tidak berilmu. Dalam ceramah agama telah disampaikan bahwa orang berilmu akan memiliki derajat yang tinggi. Baik itu dihadapan manusia maupun dihadapan Allah SWT.

Seorang muslim yang berilmu memang sangat istimewa. Dikatakan sangat istimewa lantaran dengan ilmu yang dimiliki kehidupannya akan lebih baik. Seorang yang memiliki ilmu biasanya akan melakukan pekerjaan yang tidak terlalu berat. Walaupun pekerjaannya tidak terlalu berat akan tetapi hasilnya sangatlah besar.

Dalam berbagai ceramah agama islam, anjuran untuk belajar guna mendapatkan ilmu mendapat perhatian yang serius. hal ini dibuktikan dengan adanya ayat Al Qur’an yang menganjurkan umat islam untuk menhadir majlis ilmu. Allah SWT berfirman dalam surat Al Mujadalah ayat 11 yang artinya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” [1]

Menurut ayat di atas Allah SWT memerintah orang – orang yang beriman agar memberi kelapangan dalam majelis. Dalam ceramah agama, maksud kelapangan di sini yakni memberikan kemudahan pada setiap orang untuk menuntut ilmu. Kemudahan yang diberikan tersebut tentyu saja akan membuat kaum muslimin terhindar dari kebodohan.

Berbagai Keutamaan Orang Yang Menutut Ilmu Menurut Agama Islam

Keutamaan Orang Yang Menuntut Ilmu

Sobat cahaya islami, menurut ajaran agama mencari ilmu memang merupakan sebuah hal yang penting. Dalam surat al mujadalah di atas allah swt akan meninggikan derajat orang yang berilmu. Maksudnya orang yang berilmu akan memiliki derajat yang lebih tinggi dihadapan manusia dan Allah SWT.

Selain derajat menjadi lebih tinggi, masih terdapat lagi berbagai keutamaan orang berilmu. Di bawah ini terdapat beberapan keutamaan orang berilmu yang perlu kaum muslimin ketahui. Pengetahuan tentang hal ini akan memaju sobat cahaya isalami untuk lebih giat dalam menuntut ilmu.

Dimudahkan jalan menuju surga

Keutamaan yang pertama dari para penuntut ilmu adalah dimudahkannya jalan menuju surga. Semua itu bisa terjadi karena orang berilmu memiliki pengetahuan yang baik tentang tata cara beribadah. Pengetahuan yang baik tentang tata cara beribadah akan menuntut orang tersebut menuju surga.

Membuat diri lebih takut kepada Allah SWT

Dalam ceramah agama islam, seorang muslim yang berilmu akan memiliki rasa takut kepada Allah SWT. Semakin tinggi ilmu orang itu, maka rasa takutnya semakin besar. Hal ini dapat terjadi disebabkan orang berilmu merasa diri kecil dihadapan Allah SWT. Alhasil rasa takut akan tumbuh dalam diri hamba tersebut.


Catatan Kaki:

[1] Q.S. Al-Mujadilah (58) ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!