Boikot Prancis adalah Upaya Membela Rasulullah, Ketahui Kewajiban Muslim kepada Rasulullah Lainnya

0
26

Boikot Prancis – Pemboikotan terhadap produk-produk Prancis disemarakkan oleh netizen-netizen Arab. Hal inilah dilakukan karena menduga bahwa Presiden Prancis Emmanuel Macron mendukung kasus kartun Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh guru sejarah bernama Samuel Paty.

Menggambar wajah Nabi Muhammad SAW dalam Islam dilarang, akhirnya Samuel Paty dibunuh. Tidak hanya sampai di situ, beberapa negara yang mana menjunjung agama Islam melakukan aksi boikot Prancis dengan cara menurunkan produk-produk Prancis dari rak-rak tempat pembelanjaan.

Manusia memang diberi kebebasan dalam berpendapat, seperti halnya yang dikemukakan Raja Prancis yang mendukung kartun Nabi Muhammad SAW. Namun, perlu diingat pendapat tidak boleh menyulut api amarah kepada pihak tertentu, apalagi sangat kontroversi.

Sobat Cahaya Islam, menggambar Nabi Muhammad SAW dalam Islam tidak diperkenankan, sehingga pada film-film maupun kisah nabi biasanya wajahnya digambarkan dengan cahaya alias tidak tampak.

Menurut Muhammad Quraish Shihab, ahli tafsir dari Indonesia mengatakan bahwa sebenarnya wajah Nabi Muhammad SAW bisa mungkin digambarkan, mengingat ada banyak riwayat yang membicarakan tentang nabi. Meskipun begitu dilarang melukis wajah nabi.

Pelarangan melukis wajah nabi dikarenakan dikhawatirkan malah disalahgunakan dan menimbulkan beberapa hal-hal yang tidak diinginkan seperti penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu, sebagai umat Islam kita perlu tahu apa saja kewajiban muslim kepada rasulullah agar bisa melakukannya sebagai wujud mengaku termasuk dalam umatnya.

Membela Rasulullah dengan Aksi Boikot Prancis Dipandang Sebagai Kewajiban Muslim terhadap Rasulullah

Nabi Muhammad SAW adalah satu-satunya rasul teristimewa, terlihat dari panggilan “Rasulullah” hanya ditujukan kepada beliau. Nabi yang terakhir ini adalah nabi yang membawa risalah agama Islam. Maka dari itu, orang Islam patut melakukan kewajiban kepada rasulullah.

Lantas apa saja kewajiban atau hal yang perlu dilakukan oleh setiap muslim kepada rasulullah? Mari kita ketahui bersama kewajiban- kewajiban tersebut.

Kewajiban-Kewajiban Muslim kepada Rasulullah

Ada banyak kewajiban-kewajiban muslim kepada rasulullah, berikut hanya beberapa poin saja tetapi bersifat menyeluruh dalam artian telah mewakili kewajiban lain bila dilakukan.

  1. Mencintai Rasulullah

Mencintai rasulullah sebagai kekasih Allah SWT perlu disematkan dalam setiap hati orang muslim. Bahkan dianjurkan cinta kepada rasulullah melebihi cinta kepada makhluk selain beliau termasuk orang tua dan juga sahabat.

  1. Mentaati Rasulullah

Jika sudah cinta kepada yang dicintai tentu apa-apa yang diperintahkan akan dilakoni. Pada hakikatnya cinta adalah condong atau mengikuti. Menaati rasulullah perintah telah tertera dalam Al-Qur’an surah An-Nisa ayat 69.

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

“Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin (yang membenarkan para Nabi), orang-orang yang mati syahid dan orang-orang shalih. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.” (QS. An-Nisa[4]: 69)

Orang yang menaati Allah SWT dan rasulullah dalam ayat di atas Allah SWT menjamin orang tersebut akan bersama dengan nabi-nabi, para shiddiqin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang shalih.

  1. Membela Rasulullah

Selain mencintai dan menaati, muslim juga berkewajiban membela rasulullah. Jika pada zaman dahulu, membela rasulullah salah satu berarti ikut jihad dengan beliau bisa mengangkat senjata membela agama Islam.

Tetapi sekarang, membela rasulullah bisa berarti menghindari hal-hal yang dianggap sebagai bentuk penghinaan kepada rasulullah.

Sobat Cahaya Islam, itu tiga kewajiban muslim kepada rasulullah. Boikot Prancis salah satu upaya bela rasulullah agar tidak ada penyalahgunaan. Semoga kita dapat menjalankannya, dan tetap istiqamah di jalan yang telah dipandu oleh rasulullah. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY