Hubungan Antara Kekuatan Iman dan Sholat Subuh

0
25
Hubungan Antara Kekuatan Iman dan Sholat Subuh

Iman dan sholat subuh – Kayaknya memang sholat wajib yang paling sulit untuk ditunaikan adalah sholat subuh. 8 dari 10 orang muslim yang kami tanyain perihal dari sholat lima waktu, sholat mana yang paling sulit levelnya dan paling rawan di skip? – Jawabnnya adalah sholat subuh.

Namun sholat subuh, meskipun sulit dan berat untuk dilaksanakan oleh banyak orang. Allah maha adil lho, kesulitan itu membuahkan pahala yang luar biasa! Ada satu kepercayaan kami bahwa ada hubungan antara kuatnya iman dan sholat subuh:

Iman dan sholat subuh itu saling terhubung, karena ketika itulah Para Malaikat Menyaksikan khidmatnya Ibadah kita kepada Allah

دَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ، قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ، وَأَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ، قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏”‏ تَفْضُلُ صَلاَةُ الْجَمِيعِ صَلاَةَ أَحَدِكُمْ وَحْدَهُ بِخَمْسٍ وَعِشْرِينَ جُزْءًا، وَتَجْتَمِعُ مَلاَئِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلاَئِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلاَةِ الْفَجْرِ ‏”‏‏.‏ ثُمَّ يَقُولُ أَبُو هُرَيْرَةَ فَاقْرَءُوا إِنْ شِئْتُمْ

Dari hadits Al Bukhari No. 648 diatas dijelaskan dengan sangat gamblang bahwasanya Rasulullah pernah bersabda: Malaikat Malaikat pagi dan malam semuanya berkumpul dihadapan Allah diwaktu sholat subuh.

Dengan kata lain, sholat subuh adalah sholat yang memiliki kefadholan yang maksimal. Karena dalam sholat itu kita dinilai dan diperhatikan oleh jutaan malaikat Allah yang berkumpul. Kalo bisa dibayangin betapa merindingnya kita bukan?

Sholat Subuh memberikan kita garansi selamat dari Neraka!

وَحَدَّثَنَا هَدَّابُ بْنُ خَالِدٍ الأَزْدِيُّ، حَدَّثَنَا هَمَّامُ بْنُ يَحْيَى، حَدَّثَنِي أَبُو جَمْرَةَ الضُّبَعِيُّ، عَنْ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ ‏”

Dalam riwayat muslim 635 diatas dijelaskan bahwasanya barang siapa yang melaksanakan sholat 2 waktu ini, maka akan dimasukkan kepada surga Allah. Dua waktu sholat yang dimaksud oleh Rasulullah disini adalah termasuk sholat subuh. Jadi orang yang level taqwanya tinggi takkan pernah meninggalkan sholat subuh. Sungguh ada jembatang penghubung antara iman dan sholat subuh.

Lebih menekankan dan memantapkan lagi soal hal itu, dalam Sunan Nasa’i 471 dijelaskan pula bahwa siapa yang melaksanakan sholat 2 waktu tersebut haram untuk masuk neraka.

أَخْبَرَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلاَنَ، قَالَ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، قَالَ حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ، وَابْنُ أَبِي خَالِدٍ، وَالْبَخْتَرِيُّ بْنُ أَبِي الْبَخْتَرِيُّ، كُلُّهُمْ سَمِعُوهُ مِنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ عُمَارَةَ بْنِ، رُوَيْبَةَ الثَّقَفِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏ “‏ لَنْ يَلِجَ النَّارَ مَنْ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا ‏”

***

Cukup konkret kan penjelasan kita kenapa sholat subuh bisa sangat kuat erat kaitannya dengan seberapa tinggi level keimanan kita kepada Allah. Kuncinya sederhana sih bagi umat muslim. Jangan sampai meninggalkan sholat. Utamakan sholat dan segala hal yang ada di dalam hidup kita akan menjadi baik secara otomatis. Sholat mengajarkan kedisiplinan dan kontrol diri. Orang islam yang berhasil menata sholatnya sehari hari, terutama sholat di waktu yang cukup berat seperti sholat subuh. Layak mendapatkan sebuah penghargaan dari Allah berupa manisnya keimanan dan teguhnya islam. Semoga kita bisa termasuk dalam orang yang menegakkan sholat dengan upaya terbaik yaa. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!