Jadikan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Kimia, Ini Pandangan Islam Tentang Manfaat Bersosial Media!

0
265
Jadikan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Kimia 1

Jadikan Tiktok – Tiktok merupakan salah satu aplikasi media sosial yang sudah banyak dikenal orang. Bahkan saat ini sebagian besar kalangan masyarakat secara aktif menggunakan aplikasi ini. Alifah Nida Lutfiyah, seorang mahasiswa UNY memanfaatkan aplikasi TikTok sebagai media untuk melakukan pembelajaran Kimia untuk peserta didiknya. Menurutnya, ini adalah media yang cukup efektif.

Alifah mengatakan bahwa TikTok memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang menarik dan dekat peserta didiknya. Sehingga pembelajaran yang diberikan lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti. Terlebih media dalam bentuk video dapat membuat materi yang diberikan lebih mudah untuk diterima. Lalu bagaimana pandangan islam tentang media sosial?

Jadikan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Kimia 2

Jadikan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Kimia, Pandangan Islam Tentang Manfaat Bersosial Media?

Jadikan Tiktok sebagai media pembelajaran Kimia. Hal ini dilakukan oleh seorang mahasiswa UNY yang menganggap aplikasi tersebut bisa menjadi media yang tepat untuk memberikan pembelajaran yang mudah dimengerti dan dipahami. Dalam islam sendiri, memanfaatkan teknologi dengan baik dan untuk hal-hal yang positif tentu saja diperbolehkan. Namun, media sosial sendiri juga dapat menjadi media yang dapat memberikan efek negatif.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dalam ayat ini dijelaskan bagaimana Allah meninggikan derajat orang yang berilmu. Itu artinya, Allah menganjurkan kaum muslimin untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya dengan jalan yang baik. Sehingga, bersosial media yang tujuannya untuk menyebarkan ilmu atau menambah ilmu pengetahuan justru dianjurkan.

Lalu bagaimana pandangan islam mengenai manfaat bersosial media?

Dapat Memberikan Pengetahuan

Salah satu manfaat bersosial media menurut pandangan islam adalah dapat memberikan pengetahuan. Sehingga jika tujuan bersosial media dapat membuat dampak yang positif bagi kaum muslimin, maka ini diperbolehkan.

Hanya saja, bersosial media juga dapat menjadi jalan yang menyesatkan apabila informasi yang diberikan memberikan efek negatif dan lagi menyebarkan hal-hal yang tidak dapat dipercaya kebenarannya.

Sebagai Media Dakwah

Aplikasi seperti TikTok yang banyak digunakan ini dapat menjadi media dakwah bagi ajaran islam juga. Sehingga media sosial media juga ternyata bisa memberikan manfaat bagi kaum muslimin. Namun, perlu dipahami bahwa dalam menerima segala bentuk informasi juga harus selektif dan dipastikan kebenarannya.

Jadikan TikTok – Sosial media dapat menjadi media yang bermanfaat untuk memberikan pengetahuan bahkan ajaran islam. Namun apabila tidak dimanfaatkan dengan benar, dapat juga menjadi media yang menyesatkan dan sumber kemaksiatan. Oleh karena itu sobat Cahaya Islam, kita juga harus dapat lebih bijak dalam menggunakan sosial media apapun agar tidak membawa kita pada kemudharatan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Mujadilah Ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY