Baca Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Rasulullah SAW Saat Ramadhan

0
203
doa buka puasa

Doa Buka Puasa – Kurang dari 15 hari lagi, kita sudah akan memasuki bulan suci ramadhan. Semua umat muslim melaksanakan rukun Islam yang keempat tersebut. Bulan Ramadhan sangat dinantikan oleh semua umat muslim, sebab ramadhan adalah bulan yang suci. Setiap amalan ibadah memiliki nilai pahala yang lebih tinggi dari bulan-bulan lainnya. Puasa menjadi ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim.

doa buka puasa

Puasa bukan hanya menahan rasa lapar dan haus dari mulai terbitnya fajar hingga tenggelam. Kita juga harus menahan semua hawa nafsu lainnya. Puasa akan membersihkan jiwa kita yang terlalu banyak noda berupa dosa-dosa.

Menahan lapar dan haus tak hanya membersihkan jiwa kita, tetapi juga membuat raga kita menjadi sehat, Puasa bisa membuang racun yang mengendap di dalam tubuh kita, Sobat Cahaya Islam. Begitu luar biasa manfaat berpuasa di bulan Ramadhan

Waktu yang paling dinantikan saat puasa yaitu waktu berbuka puasa. Setelah menahan rasa lapar dan haus seharian penuh, orang-orang pasti ingin segera berbuka.

Dalam berbuka puasa ada tata cara atau aturan yang dulu pernah dicontohkan oleh panutan kita, Nabi Muhammad SAW. Kita sebagai umatnya harus mencontoh beliau, mulai dari lafal doa buka puasa sampai menu buka puasa.

Doa Buka Puasa dan Menunya Menurut Rasulullah SAW

  1. Membaca Bismillah

Sebelum melakukan kegiatan apapun kita sebagai umat muslim harus membaca “Bismillahirrahmannirrahim” yang artinya, “Segala puji hanya bagi allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Begitu juga ketika akan berbuka puasa, ucapkan bismillah terlebih dahulu. Menyebut dan mengingat Allah sebelum melakukan apapun sangat baik bagi diri kita. Allah pun akan semakin sayang dengan diri kita. Sobat Cahaya Islam pasti selalu ingin disayang Allah juga.

doa buka puasa

  1. Doa Buka Puasa yang dibaca Rasulullah

Doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW saat beliau berpuasa seperti yang riwayat hadist shahih (kuat) adalah sebagai berikut:

“Dzahabz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaAllah.”

Artinya: “Telah hiang dahaga (rasa haus), dan urat-urat telah basah serta pahala telah ditetapkan, InsyaAllah.” (HR. Abu Daud nomor 2357)

Doa di atas merupakan doa yang dibaca oleh Rasululluah SAW ketika berbuka puasa. Doa ini dibaca setelah kita minum beberapa tegukan pertama yang didahului bismillah. Setelah membaca doa buka puasa ini, Sobat Cahaya Islam boleh melanjutkan makan menu berbuka lainnya.

doa buka puasa

  1. Menu Buka Puasa Anjuran Rasulullah

Ada menu makanan buka puasa yang selalu Rasulullah makan setiap kali beliau berpuasa. Rasulullah menyunahkan untuk makan makanan yang manis dulu. Rasulullah selalu berbuka dengan kurma dan air putih untuk menu pembukanya.

Makanan manis seperti kurma bisa mengembalikan kekuatan tubuh. Sedangkan air putih bisa mengembalikan cairan tubuh dan membersihkan tubuh. Sebaiknya kita selalu mengikuti apa-apa yang disunnahkan beliau, disamping karena berpahala juga sangat baik bagi tubuh maupun jiwa kita.

  1. Doa Setelah Buka Puasa

Setelah selesai buka puasa, seringkali kita lupa berdoa. Entah mungkin lupa karena kekenyangan atau ngantk. Sebaiknya kita baca Alhamdulillah setelah selesai menyantap menu berbuka. Membaca bacaan hamdalah merupakan satu bentuk rasa syukur kita terhadap karunia yang allah berikan pada kita semua.

Sobat cahaya Islam, itulah doa buka puasa yang disunnahkan oleh Rasul kita, Muhammad  SAW. Semoga kita selalu mengamalkan sunnah-sunnah beliau dan menjadi pengikut beliau hingga hari kiamat nanti.

 

 

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!