Doa untuk kedua orang tua

Doa untuk kedua orang tua – Memiliki orang tua yang masih lengkap adalah anugerah yang harus selalu disyukuri. Banyak orang bahkan anak-anak di dunia yang sudah ditinggal oleh kedua orang tuanya. Ketika orang tua masih hidup, anak wajib untuk selalu berbakti dan juga mendoakan. Islam telah memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua.

Doa untuk kedua orang tua

Orang tua merupakan orang-orang yang paling berjasa di kehidupan setiap orang. Tanpa orang tua tentu kita tidak akan ada di dunia ini. Orang bukan hanya mengandung dan melahirkan saja namun juga merawat dan membiayai hidup kita hingga dewasa.

Sebagai seseorang yang beriman, kita tentu sudah sangat sering mendengar tausiyah dari para ustad atau ulama mengenai pentingnya berbakti kepada orang tua. Rasulullah bahkan juga sangat memerintahkan agar kita selalu berbakti dan jangan sampai menyakiti hati orang tua.

Allah Subhanallahu Wa ta’ala berfirman:

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua” (QS. An Nisa: 36).

Doa untuk kedua orang tua

Bagi orang yang sudah ditinggalkan pergi oleh kedua orang tuanya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk terus melanjutkan baktinya adalah dengan selalu mendoakan. Adapun Doa untuk kedua orang tua adalah sebagai berikut:

صَغِيْرَا يْ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ وَلِوَالِدَيَّ اغْفِرْلِاَللّٰهُمَّ

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil” Mendoakan orang tua tidak hanya dilakukan ketika kita selesai salat namun sebisa mungkin kita banyak mengirimkan doa kepada kedua orang tua. Ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan ketika mendoakan orang tua.

Doa untuk kedua orang tua

Manfaat mendoakan orang tua

Mendoakan orang tua sesering mungkin adalah salah satu tanda bahwa kita adalah anak yang soleh dan diharapkan sebagai amal jariyah orang tua yang sudah meninggal. Orang yang sering mendoakan orang tua akan diberikan banyak pahala oleh Allah dan bahkan dilancarkan rejekinya.

Pada jaman rasulullah pernah ada seorang anak yang selama orang tuanya masih hidup termasuk orang yang durhaka namun ketika orang tuanya meninggal anak tersebut selalu  mendoakan dan memohonkan ampun untuk kedua orang tuanya sehingga anak tersebut dicatat sebagai orang yang berbakti.

Menjadikan kita anak yang berbakti

Doa untuk kedua orang tua memberikan banyak efek yang positif bagi kehidupan. Kita tentu tidak akan pernah bisa membalas kebaikan orang tua dengan materi sebanyak apapun yang kita miliki. Namun dengan berbakti dan mendoakannya kita setidaknya memberikan hal yang sangat bermanfaat. Bukan hanya bermanfaat untuk kedua orang tua saja namun mendoakan orang tua juga berarti sekaligus mendoakan diri sendiri. Seperti doa yang telah di sebutkan diatas. Doa tersebut merupakan doa permohonan ampun untuk diri sendiri dan juga kedua orang tua.

Doa untuk kedua orang tua

Dengan membaca doa untuk kedua orang tua, inshaallah kita bisa dimasukkan dalam golongan orang-orang yang berbakti kepada orang tua. Jangan sampai sobat cahaya islam lupa untuk mendoakan kedua orang tuanya setiap hari. Apalagi hanya mengingat dan juga berbakti kepada orang tua ketika hari ibu tiba. Sekian artikel mengenai doa untuk kedua orang tua, semoga tulisan ini semakin menambah rasa sayang kita terhadap kedua orang tua kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!