Hal-Hal yang Dilarang Dilakukan Di Kamar Mandi

0
64
hal-hal yang dilarang

Tips Islami – Kamar mandi merupakan tempat yang dibutuhkan oleh manusia untuk membuang hajat baik hajat besar maupun hajat kecil serta dapat digunakan untuk tempat membersihkan diri. Sebaiknya di semua tempat, kita tetap memerhatikan adab atau etika dan menghindari melakukan kegiatan yang yang dilarang. Begitu juga Sobat Cahaya Islami tetap harus memerhatikan adab atau etika dan menghindari melakukan hal-hal yang dilarang dilakukan di kamar mandi.

Hal-Hal Yang Dilarang Dilakukan Di Kamar Mandi

Adab di kamar mandi­­

Untuk menghindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan di kamar mandi, sebaiknya kita memahami adab-adab kamar mandi. Berdasarkan Kitab Bidayah Al-Hidayah, Imam Al-Ghazali memaparkan 5 adab yang bersangkutan dengan kamar mandi, antara lain sebagai berikut :

Memasuki kamar mandi dengan kaki kiri

Wahai Sobat Cahaya Islami, ingatlah ketika akan memasuki kamar mandi sebaiknya menggunakan kaki kiri. Karena dalam Islam, terdapat aturan baku bahwa segala perkara baik dan mulia sebaiknya mendahulukan yang kanan. Namun apabila sebaiknya sebaiknya mendahulukan dengan yang kiri. Kamar mandi merupakan tempat untuk membuang hajat dan kotoran sehingga dapat dikategorikan tempat yang difungsikan untuk hal-hal yang kotor.

Membaca Doa memasuki kamar mandi

للَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

“ Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari godaan jin laki-laki dan perempuan.” [1]

Penting untuk membaca doa ketika akan memasuki kamar mandi. Karena dengan membaca doa, kita dapat dihindarkan dari hal-hal yang buruk.

Anjuran menanggalkan benda-benda yang bertuliskan asma Allah

Anjuran ini sebaiknya diikuti karena segala sesuatu yang bertuliskan asma Allah adalah sesuatu yang baik. Alangkah baiknya apabila sesuatu yang baik ini dijauhan dari segala sesuatu yang buruk.

Beberapa hadits mengatakan perilaku Nabi Muhammad yang selalu melepas cicin yang terdapat tulisan “Muhammad Rasulullah” ketika akan memasuki kamar mandi. Namun, hadits tersebut merupakan hadits yang da’if. Sehingga masih belum terlalu kuat untuk dijadikan sebagai pedoman atau acuan.

Keluar mendahulukan kaki kanan

Ketika segala sesuatu perkara yang baik selalu didahulukan dengan yang kanan dan diakhiri dengan yang kiri. Maka ketika melakukan atau memasuki tempat yang difungsikan untuk hal yang kotor seperti kamar mandi sebaiknya dimulai dengan yang kiri dan diakhiri dengan yang kanan.

Membaca doa keluar kamar mandi

Terdapat hadits yang sahih mengatakan perilaku Nabi Muhammad ketika hendak keluar dari toilet. Hadits tersebut antara lain :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، عَنْ إِسْرَائِيلَ بْنِ يُونُسَ، عَنْ يُوسُفَ بْنِ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، رضى الله عنها قَالَتْ كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِذَا خَرَجَ مِنَ الْخَلاَءِ قَالَ ‏ “‏ غُفْرَانَكَ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ لاَ نَعْرِفُهُ إِلاَّ مِنْ حَدِيثِ إِسْرَائِيلَ عَنْ يُوسُفَ بْنِ أَبِي بُرْدَةَ ‏.‏ وَأَبُو بُرْدَةَ بْنُ أَبِي مُوسَى اسْمُهُ عَامِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قَيْسٍ الأَشْعَرِيُّ ‏.‏ وَلاَ نَعْرِفُ فِي هَذَا الْبَابِ إِلاَّ حَدِيثَ عَائِشَةَ رضى الله عنها عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم ‏.‏

Aishah, [ra dengan dia] berkata : “Ketika Nabi akan keluar dari toilet, dia akan berkata : ‘Ghufranak’.” [2]

hal-hal yang tidak boleh dilakukan di kamar mandi dan anjuran agar tidak melakukan hal tersebut

Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di kamar mandi dan sebaiknya menghindari melakukan hal-hal tersebut :

Berlama-lama di kamar mandi

Sobat Cahaya Islami, kamar mandi merupakan tempat tinggal jin, sehingga jin akan berusaha semaksimal mungkin untuk menggoda manusia agar melakukan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di kamar mandi. Salah satu godaan jin adalah menggoda manusia untuk berlama-lama di kamar mandi. Sehingga sebaiknya Sobat Cahaya Islami melakukan hal-hal yang diperlukan saja ketika berada di kamar mandi.

Bernyanyi atau berbicara

Bernyanyi atau berbicara merupakan godaan dari jin untuk membujuk manusia agar menghabiskan waktu yang lama di kamar mandi. Karena ketika manusia bernyanyi atau berbicara, mereka tidak akan sadar sudah menghabiskan waktu lama untuk bernyanyi di kamar mandi. Semakin lama bernyanyi, manusia akan semakin tidak sadar sudah membuang-buang waktu untuk hal yang tidak diperlukan di kamar mandi.

Bermain-main air atau membawa barang seperti membawa hp untuk mendengarkan musik

Bermain-main air akan membuat manusia akan menghabiskan waktu untuk berlama-lama di kamar mandi. Membawa barang atau alat seperti handphone untuk mendengarkan musik.

Ketika mendengarkan musik, sebagian orang akan terlena dan terhanyut suara musik yang di putar, dan bahkan ikut bernyanyi. Hal tersebut masuk ke dalam beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di kamar mandi karena akan membuat manusia semakin menghabiskan waktu untuk berlama-lama di kamar mandi.

 

Membiarkan baju kotor tergantung di kamar mandi

Kamar mandi merupakan tempat yang rata-rata luasnya lebih kecil dan lebih lembab dibanding dengan ruangan lain yang ada di rumah. Jin akan menggoda manusia untuk menggantungkan baju-baju yang kotor di kamar mandi. Hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan karena dari sisi kesehatan juga baju kotor yang digantung akan mengundang nyamuk, sehingga akan membuat kamar mandi yang lembab serta juga tempat tinggal di kamar mandi.

Sebaiknya baju kotor tidak digantungkan di kamar mandi, sebaiknya langsung dimasukkan ke tempat cucian kotor yang diletakkan di luar kamar mandi. Apabila ingin menggantungkan pakaian atau handuk jangan digantung di dalam kamar mandi. Handuk atau pakaian yang ingin digantung sebaiknya digantung di luar kamar mandi yang memiliki sirkulasi udara yang lebih lancar, tidak pengap sehingga tidak mengundang nyamuk, serta handuk atau pakaian yang digantung juga tidak mengeluarkan bau tidak sedap.

Dari beberapa hal yang sudah tersebut di atas. Sebaiknya Sobat Cahaya Islami menghindari untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di kamar mandi. Sebagai manusia yang bijaksana, Sobat Cahaya Islami juga akan memerhatika etika atau adab di setiap tempat.


Catatan Kaki

[1] H.R. Shahih Bukhori no. 6322

[2] H.R. Jami At-Tirmidzi no. 7 (Referensi Bahasa Inggris, Vol. 1, Buku 1)

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!