Ucapan Maaf Untuk Orang Tua Ditengah Larangan Mudik, Begini Tujuannya Dalam Pandangan Islam

0
99
Ucapan Maaf Untuk Orang Tua di Hari Idul Fitri

Ucapan Maaf – Ditengah pandemi covid-19 saat ini, bukan hanya diberlakukan larangan untuk melakukan kegiatan di keramaian atau diluar rumah. Namun juga larangan untuk mudik. Beberapa daerah dilakukan penutupan sarana transportasi untuk membatasi kegiatan mudik menjelang lebaran. Sehingga tidak sedikit orang yang akhirnya terpaksa tidak mudik. Bukan hanya karena adanya larangan dari pemerintah, namun juga untuk menjaga keluarga agar tidak terpapar virus yang meresahkan ini.

Ucapan Maaf Untuk Orang Tua di Hari Raya Idul Fitri

Tidak mudik di hari raya Idul Fitri tentu merupakan hal yang cukup menyedihkan. Apalagi bagi sebagian orang yang hidup jauh dari keluarga dan sanak saudara. Momen lebaran yang seharusnya bisa dijadikan momen untuk berkumpul dengan keluarga, justru harus dilewati dengan sepi dan sendirian saja. Itu sebabnya, budaya untuk makan ketupat bersama, berkeliling desa untuk silaturahmi, hingga saling meminta maaf setelah sholat ied ini tidak bisa dilakukan. Namun, ucapan maaf untuk orang tua tetap bisa disampaikan lho.

Ucapan Maaf Untuk Orang Tua di Moment Idul Fitri, Ini Tujuannya Dalam Pandangan Islam

Ucapan Maaf Untuk Orang Tua dan Tujuannya Dalam Islam

Ucapan maaf di hari raya Idul Fitri seakan menjadi budaya yang rutin dilakukan. Hari Idul Fitri dimaknai sebagai hari dimana umat muslim kembali fitrah. Dengan kata lain, ini merupakan bulan dimana Allah memberikan pengampunan dosa dan membersihkan kita dari kesalahan-kesalahan sebelumnya. Itu sebabnya, budaya saling meminta maaf ini diterapkan. Ini juga menjadi kesempatan bagi anak-anak muda untuk meminta maaf kepada orang tua. Apa tujuannya menurut pandangan islam?

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.(1)

Meminta maaf adalah salah satu hal yang dianjurkan dalam agama islam. Begitu juga mengucapkan maaf kepada orang tua. Dalam ajaran islam, kita diperintahkan untuk berbuat baik kepada orang tua. Itu sebabnya, di hari raya Idul Fitri menjadi waktu yang tepat untuk meminta maaf kepada orang tua. Tujuannya, tentu adalah untuk mendapatkan maaf dan ridho orang tua.

Ridho orang tua merupakan ridho Allah. Dimana jika orang tua murka, maka ini juga menjadi murkanya Allah SWT. Itulah sebabnya, orang tua begitu dimuliakan kedudukannya. Jadi, dengan adanya budaya meminta maaf ini bisa menjadi sarana untuk menyadarkan kita bahwa banyak kesalahan dan dosa yang kita perbuat terhadap orang tua. Untuk tetap mendapatkan ridho dari orang tua, maka minta maaf.

Ucapan Maaf Untuk Orang Tua Tanpa Mudik, Lakukan Dengan Cara Ini

Ucapan Maaf Untuk Orang Tua di Hari Idul Fitri

Menyampaikan maaf untuk orang tua ditengah pandemi covid-19 dan larangan mudik ini, tentu tidak bisa dilakukan secara langsung. Namun meskipun begitu, kita masih bisa melakukannya dengan cara yang lain. Adanya kemajuan teknologi saat ini, tentu bisa dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan maaf untuk orang tua.

Pertama, bisa dilakukan dengan panggilan video yang memungkinkan kita untuk berbicara langsung dengan menatap wajah kedua orang tua.

Kedua, kirimkan pesan yang berisi kata-kata indah untuk menyampaikan permintaan maaf. Ini juga bisa memberikan kesan permintaan maaf yang indah lho.

Ucapan maaf – bisa dilakukan dengan cara yang lain ditengah larangan mudik ini. Sehingga permintaan maaf tetap bisa disampaikan dengan baik. Dan dengan mengetahui bahwa pentingnya maaf dari orang tua yang akan menjadi kemudahan bagi jalan hidup kita. Maka sobat cahaya islam, jangan lupa untuk mengucapkan maaf di moment Idul Fitri ini.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra Ayat 23

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!