Jangan Biarkan Hati Menghitam Karena Dosa

0
89
Hati Menghitam

Ceramah Islam – Manusia yang hidup di dunia ini sudah dibekali banyak hal oleh Allah SWT. Salah satu bekal yang sangat penting adalah hati. Hati menjadi tempat yang sangat penting bagi setiap manusia untuk melakukan setiap kegiatan sesuai dengan nilai-nilai yang baik namun jika hati penuh dengan dosa maka hati akan menjadi hitam dan tidak bisa lagi digunakan untuk merasa. Naudzubillahimindzalik, Jangan Biarkan Hati Menghitam Karena Dosa.

Umat islam yang beriman tentu tidak ingin memiliki hati hitam karena tertutupi oleh dosa. Dosa memang menjadi sesuatu yang sangat berbahaya bagi hati sehingga setiap manusia perlu untuk selalu membersihkannya. Hati hitam karena dosa bisa dibersihkan dengan cara-cara yang telah disebutkan dalam islam, sobat cahaya islam hanya perlu untuk mengetahui, mempelajari dan mempraktekkannya.

Jangan Biarkan Hati Menghitam Karena Dosa

Hati manusia bisa menghitam jika sudah banyak melakukan dosa tanpa pernah melakukan pembersihan. Sobat cahaya islam, sebaiknya jangan sampai membiarkan hati menjadi hitam dan sulit untuk membedakan mana yang baik dan salah. Hati adalah cermin.

Jadi, jika hati tertutup dengan dosa tentu saja akan sangat sulit untuk bisa melihat atau mengintrospeksi diri. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar hati bisa kembali bersih dan juga kembali sensitif untuk merasakan sinyal yang diberikan oleh Allah. Hati hitam karena dosa bisa dibersihkan dengan :

Istighfar

Ceramah Islam Jangan Biarkan Hati Menghitam Karena Dosa2

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan oleh sahabat cahaya islam yang ingin membersihkan Hati hitam karena dosa bisa dengan membaca istighfar. Istighfar adalah bacaan do’a yang sederhana sebagai bentuk permohonan ampun kepada Allah SWT. Dalam sebuah ayat Allah telah berfirman:

كَلَّا ۖ بَلْ ۜ رَانَ عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka.” [1]

dalam tafsir jalalayn dijelaskan Jika seseorang melakukan sebuah dosa, dititiklah satu titik hitam pada hatinya. Jika dia bertaubat, berhenti (melakukan dosa), lalu beristighfar, hatinya akan kembali bersih. Jika dia mengulangi dosanya, ditambahkanlah titik hitam sampai menutupi hatinya, dan jika hatinya sudah tertutup, itulah ar-rain ‘penutup hati’ yang Allah ‘Azza wa Jalla sebutkan dalam Al-Qur‘an, ‘Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya sesuatu yang selalu mereka usahakan itu menjadi ar-rain terhadap hati-hati mereka.’

Ketika seorang hamba melakukan perbuatan dosa maka akan ada titik hitam yang mengotori hati, semakin banyak dosa yang dilakukan maka akan semakin banyak juga titik tersebut hingga bisa menutupi hati. Berdasarkan ayat di atas, sobat cahaya islam bisa memberihkan hati dengan selalu membaca istigfar. Dengan meminta ampun kepada Allah maka hati akan menjadi lebih tenang, damai dan kembali berfungsi dengan baik.

Sering berwudhu

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membersihkan hati yang menghitam karena dosa adalah dengan melakukan wudhu. Ketika sobat cahaya islam sedang berwudu maka hati akan menjadi lebih tenang dan bahkan dosa akan keluar bersama dengan air wudu yang mengalir.

Betapa wudhu memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Bukan hanya digunakan untuk mensucikan diri namun juga menjadi salah satu cara mensucikan hati. Ketika hati mulai gelap dan dipenuhi emosi yang tidak baik, orang mukmin dianjurkan untuk mengambil wudhu agar hati menjadi lebih terang dan sejuk.

Sholat dengan khusyu’

Langkah selanjutnya yang juga menjadi salah satu cara penggugur dosa bahkan yang ada di dalam hati adalah dengan melakukan sholat. Saat sedang sholat, dosa manusia akan diletakkan diatas punggung sehingga ketika melakukan sujud dan rukuk dosa akan berguguran. Semakin khusuk dalam melakukan sholat maka akan semakin banyak dosa yang dibersihkan. Hati hitam karena dosa juga akan menjadi lebih bersih dan terang jika sholat dilakukan secara sungguh-sungguh dan disertai dengan istighfar.

Dzikir

Hati hitam karena dosa juga bisa dibersihkan dengan berdzikir. Ada banyak bacaan dzikir yang bisa dijadikan sebagai penggugur dosa mulai dari subhanallah, wal hamdulillah walailahailallah huallahu akbar walahaulawala quwwata ilabillahilaliyilazim sebanyak 33 kali atau bahkan lebih. Bacaan dzikir lainnya adalah subhanallahwaihamdih subhanallahilazim. Sebenarnya bacaan dzikir apapun bisa saja membantu untuk mengikis dosa karena dosa bisa dihapus dengan perbuatan atau amalan yang baik.


Catatan Kaki

[1] Q.S. At-Tatfif (83) ayat 14

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY