BJ. Habibie dan Sifat Religiusnya Yang Bisa Dicontoh Kaum Muslimin

0
23

BJ. Habibie – Siapa yang tidak mengenal presiden RI nomor tiga ini? Beliaulah yang memimpin Indonesia pada masa transisi atau masa peralihan dari orde baru ke masa transformasi. BJ Habibie dikenal sebagai ilmuwan yang berpengaruh di dalam dan luar negeri. Akan tetapi, ada sisi dimana BJ Habibie menjadi sosok yang religius.

Sobat Cahaya Islam, islam mengajarkan kita untuk selalu menjadi pribadi yang taat kepada Allah apapun jabatan kita dan gender kita. Hal itu disebabkan Allah menciptakan kita untuk beribadah kepada-Nya. selain itu, kita sebagai manusia juga akan merasakan kematian. Tidak ada yang bisa kita bawa ketika kita sudah di alam kubur kecuali ibadah dan amal perbuatan kita.

Sifat Religius Yang Bisa Dicontoh Dari BJ. Habibie

Di akhirat nanti, jabatan seorang manusia di dunia tidak dapat dijadikan patokan apakah seseorang dimasukkan ke dalam surga atau neraka. Penentunya hanyalah amal dan ibadah yang dilakukan seorang muslim selama hidup di dunia ini. Hal ini sebagaimana yang tercantum pada ayat dibawah ini:

وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan. (QS. Az-Zukhruf : 72)

Adapun sifat-sifat religius BJ. Habibie yang dapat kita teladani, diantaranya adalah:

1. Rajin Melakukan Puasa Senin dan Kamis

Habibie rajin sekali melakukan puasa setiap hari senin dan kamis. Beliau tidak hanya melakukan puasa sunnah tersebut di negerinya saja, akan tetapi juga ketika beliau berada di luar negeri.

2. Mempunyai Pemahaman Al-Quran Sejak Kecil

Habibie waktu kecil sudah bisa membaca dan memahami al-Quran. Sehingga ketika beliau membaca kitab dan buku tentang agama lain, keluarganya tidak melarangnya. Hal tersebut dikarenakan mereka memahami bahwa BJ. Habibie sudah cukup memahami tentang agama islam.

3. Ilmuwan Muslim Yang Taat Beribadah

Habibie merupakan seseorang yang cerdas dan taat beribadah kepada Allah. Salah satu karyanya adalah pesawar R80 dan pesawat N-250.

4. Memiliki Sifat Jujur

Habibie memiliki sifat yang jujur. Suatu hari, beliau disogok dengan jam tangan mewah, uang, dan wanita. Akan tetapi, beliau menolaknya dan tetap teguh pada pendiriannya untuk tidak menerima suap dalam bentuk apapun.

5. Selalu bertawakkal kepada Allah

Disaat ada suatu kondisi atau keadaan yang sangat menekan. Beliau terus berzikir kepada Allah dan memohon pertolongannya. Beliau memasrahkan masalah tersebut kepada Allah semata.

6. Menghargai Perbedaan Agama

Habibie sangat menghargai perbedaan agama. Hal ini dibuktikannya ketika beliau bersekolah di luar negeri yang mana mayoritas mahasiswa disana adalah non muslim. Beliau tidak menghina ataupun menyakiti perasaan teman-temannya yang non muslim.

Adapun jasa-jasa BJ. Habibie terhadap Indonesia, diantaranya:

  1. Adanya Habibie Cup dalam dunia sepak bola yang diselenggarakan pada tahun 2015
  2. Piala Habibie yang digelar pada tahun 1991 dan 1993 dalam kejuaraan catur.
  3. Memajukan sepak bola di Sulawesi
  4. Membuat pesawat R80 dan N-250
  5. Penemu rumus krack propagation on random

Itulah sifat religius yang bisa dicontoh dari BJ. Habibie. Semoga kita dapat meneladaninya dan menjadi bagian dari sifat-sifat di keseharian kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!